Fungsi Sel Tumbuhan


Apakah anda sedang mencari bagian-bagian dari sel tumbuhan? atau anda ingin mengetahui fungsi sel tumbuhan? Gulir ke bawah untuk memahami jenis sel tumbuhan yang berbeda, bagian sel tumbuhan dan fungsi sel tumbuhan.
sel tumbuhan



Untuk setiap mahasiswa biologi, mempelajari hewan dan sel tumbuhan adalah topik wajib. Dan saya berharap itu adalah subjek yang menjadi kepentingan bersama bagi mereka yang memiliki gairah untuk belajar proses kehidupan. Bagian yang berbeda dari sebuah karya sel tumbuhan dalam koordinasi untuk melaksanakan proses fisiologis dan biokimia normal tumbuhan  Dengan demikian, kita lebih bisa mengatakan bahwa fungsi sel tumbuhan yang dikaitkan dengan setiap bagian dari tumbuhan.


Jenis dan Fungsi Sel Tumbuhan


Sel tumbuhan adalah tiga jenis dasar, yaitu, parenkim, collenchyma dan sclerenchyma. Masing-masing sel memiliki struktur yang berbeda dan melakukan peran yang bervariasi dalam fungsi keseluruhan tumbuhan  Struktur dan fungsi dari ketiga sel tumbuhan adalah:

Sel parenkim

Sel-sel parenkim yang hidup dan melakukan beberapa fungsi termasuk penyimpanan, pemanenan cahaya dan pertukaran gas. Beberapa dari mereka memiliki kemampuan untuk berdiferensiasi menjadi berbagai jenis sel (totipoten) sesuai persyaratan tumbuhan  Sel-sel parenkim yang hadir dalam daun, umbi dan biji.

Sel collenchyma

Sel collenchyma hidup hanya selama jatuh tempo dan memiliki dua dinding (primer dan sekunder). Awalnya, mereka mirip dengan sel-sel parenkim, yang kemudian berdiferensiasi menjadi sel collenchyma tertentu. Mereka hadir dalam ikatan pembuluh dan batang, dan bantuan dalam mendukung tumbuhan selama fase pertumbuhan aktif.

Sel sclerenchyma

Sel sclerenchyma mati pada saat jatuh tempo dan memiliki dinding sekunder tebal dengan deposisi lignin. Sel-sel ini berfungsi secara eksklusif sebagai dukungan mekanis dari tumbuhan  Sebuah contoh khas dari sel sclerenchyma pada tumbuhan adalah serat.

Bagian dan Fungsi Sel Tumbuhan


Saat berbicara pada fungsi sel tumbuhan, organel sel tumbuhan memainkan peran penting dalam melaksanakan kegiatan rutin dari sel, sehingga tumbuhan  tetap hidup. Misalnya, fotosintesis yang merupakan karakteristik dari tumbuhan dilakukan dalam kloroplas, sedangkan sintesis ATP (adenosin trifosfat), bentuk energi terjadi di mitokondria. Berikut ini adalah daftar dari bagian-bagian sel tumbuhan dan fungsinya masing-masing.

Dinding Sel

Dinding Sel yang berada terluar selubung dari sel tumbuhan adalah lapisan pelindung, dinding sel. Fungsi utamanya meliputi pemberian dukungan, mempertahankan bentuk sel dan mengendalikan pertumbuhan sel.

Membran sel

Membran sel: Sebelah dinding sel, terletak membran sel yang terdiri dari protein dan lipid bilayer. Fungsi utamanya adalah transportasi selektif nutrisi, dimana sebagian diperbolehkan masuk ke dalam sel, sementara yang lain dibatasi.

Vakuola

Vakuola adalah organel, yang bentuk dan struktur, mengubah sehubungan dengan kebutuhan sel. Mereka diisi dengan air seperti larutan yang mengandung enzim, molekul organik dan anorganik.

Inti sel

Inti sel hanya disebut pusat kendali dari sel tumbuhan, karena mengandung materi herediter bersama dengan komponen sel penting lainnya. Secara keseluruhan, inti bertanggung jawab untuk sintesis protein, pertumbuhan sel, pembelahan dan pengembangan.

Sitoplasma

Sitoplasma Bagian dari sel tumbuhan tidak termasuk nukleus disebut sitoplasma. Dipenuhi dengan jelly-seperti cairan sitoplasma, organel maksimum yang hadir dalam sitoplasma.

Plastida

Plastida adalah organel, yang melakukan fungsi fotosintesis dan penyimpanan molekul pati. Plastida dari berbagai jenis dan mengandung pigmen fotosintetik.

Mitokondria

Mitokondria, juga dikenal sebagai pembangkit tenaga listrik sel, memainkan peran penting untuk menghasilkan energi kimia untuk berfungsinya sel tumbuhan  Mereka hadir di banyak nomor dan mengandung materi herediter.

Ribosom

Ribosom terdiri dari dua jenis, terpasang dan bebas. Yang pertama ditemukan melekat pada retikulum endoplasma, sedangkan yang kedua digantung bebas dalam sitoplasma. Kedua ribosom bertanggung jawab untuk sintesis protein.

Badan Golgi

Badan Golgi terdiri dari 4-8 tumpukan (disebut cisternae) dan berguna untuk makromolekul kemasan yang disintesis oleh sel. Mereka juga bertanggung jawab untuk transportasi nutrisi.

Retikulum Endoplasma

Retikulum endoplasma ini adalah organel yang menghubungkan inti sel dan sitoplasma. Ini melakukan fungsi mensintesis dan menyimpan steroid dan glikogen. Retikulum endoplasma dengan ribosom terpasang disebut retikulum endoplasma kasar (RER).

Peroksisom

Peroksisom Ini adalah microbodies dari sel-sel tumbuhan yang mengandung berbagai enzim degradasi. Peroksisom memainkan peran utama mencerna asam lemak kompleks termasuk membantu dalam fotosintesis.

Dengan demikian, sel tumbuhan berfungsi lancar dengan bantuan berbagai komponen struktural. Meskipun eukariotik seperti itu hewan, hal itu berbeda secara signifikan dari sel hewan. Anda mungkin ingin tahu lebih banyak tentang kesamaan antara sel tumbuhan dan hewan. Fitur kunci yang membedakan adalah adanya dinding sel dan kloroplas dalam sel tumbuhan  sementara mereka tidak hadir pada sel hewan. Jika dilihat di bawah mikroskop, Anda dapat melihat besar, vakuola menonjol di tengah sel tumbuhan, sedangkan sel hewan memiliki kecil, vakuola mencolok. Semoga Anda punya jawaban untuk pertanyaan Anda mengenai bagian-bagian sel tumbuhan dan fungsinya.

0 comments: