Perbedaan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik

Baiklah, pada materi biologi kali ini saya akan memposting tentang perbedaan antara Sel Prokariotik dan sel Uekariotik. Perbedaan utama antara sel prokariotik dan sel eukariotik adalah pada ada atau tidakknya membran inti. Membran inti itu sendiri adalah membran yang menyelimuti inti sel. Berikut penjelasan lebih lanjutnya:

Inilah Perbedaan sel Prokariotik dan sel eukariotik


Sel prokariotik adalah sel yang tidak memiliki membran inti. Definisi yang lebih jelasnya, sel prokariotik adalah sel yang tidak memiliki sistem endomembran sehingga sel tipe ini memiliki materi inti yang tidak dibatasi oleh sistem membran, tidak memiliki organel yang dibatasi oleh sistem membran.


Contoh organisme yang memiliki Sel prokariotik adalah pada bakteri dan ganggang biru.


Sedangkan sel eukariotik adalah sel yang memiliki membran inti. Definisi yang lebih lengkapnya, sel eukriotik merupakan tipe sel yang memiliki sistem endomembran. Pada sel eukariotik, inti tampak jelas karena dibatasi oleh sistem membran. Pada sel ini, sitoplasma memiliki berbagai jenis organel seperti antara lain: badan Golgi, retikulum endoplasma (RE), kloroplas (kuhusus pada tumbuhan), mitokondria, badan mikro, dan lisosom.

Contoh organisme yang memiliki Sel eukariotik adalah sel tumbuhan dan sel hewan

gambar sel prokariotik:
struktur sel prokariotik
struktur sel Prokariotik


gambar sel prokariotik:

struktur sel eukariotik
Struktur sel hewan

struktur sel eukariotik
Struktur sel tumbuhan


Untuk lebih lengkapnya mengenai perbedaan sel prokariotik dan sel eukariotk dapat dilihat di postingan struktur dan fungsi sel eukroitik dan prokariotik


5 comments: