Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Sel Tumbuhan VS Sel Hewan


Membahas tentang sel memang tidak ada habisanya.  Sebelum ini saya sudah pernah membahas tentang struktur sel hewan dan sel tumbuhan, perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan dan postingan-postingan lainnya mengenai sel hewan dan sel tumbuhan. Kali ini saya akan membahas tentang persamaan dan perbedaan sel tumbuhan sel hewan.
sel hewan vs sel tumbuhan

Persamaan dan perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan dapat kita lihat dari organel-organel penyusunya. Walaupun memang hampir semua organel penyusun sel hewan ada pada sel tumbuhan ternyata ada beberapa organel sel tumbuhan yang tidak terdapat pada sel hewan dan sebaliknya. Untuk itu mari kita simak artikel dibawah ini.

Persamaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan



Jenis sel

Kedua sel tanaman dan hewan eukariotik di alam, memiliki membran inti yang jelas.


Inti Sel

Hal ini hadir dalam kedua. Inti membawa sebagian besar materi genetik dalam kromosom, yang membawa informasi genetik dalam bentuk DNA (asam deoksiribonukleat).


Membran sel

Ini adalah membran semipermeabel atau selektif-permeabel yang membungkus isi sel, sehingga hanya molekul dipilih untuk masuk ke dalam sel dan menghalangi yang lain.


Mitokondria

Mereka bertindak sebagai pembangkit tenaga listrik sel, mengubah makanan menjadi energi. Sel hewan memiliki jumlah lebih banyak mitokondria, karena mereka adalah satu-satunya sumber energi. Mereka juga mengandung sejumlah kecil DNA.


Retikulum endoplasma (ER)

Organel-organel membran-terikat terdiri dari serangkaian kantung-seperti struktur yang membantu dalam produksi protein dan lipid, dan transportasi ke aparatus Golgi. ER kasar membantu dalam mengangkut protein dan membantu ER halus dalam produksi lipid.


Ribosom

Mereka bertindak sebagai situs, di mana protein sintesis dari asam amino terjadi. Beberapa ribosom yang melekat pada retikulum endoplasma, sementara yang lain mengambang bebas dalam sitoplasma.


Golgi Badan

Ini adalah struktur kantung-seperti yang diratakan menerima dan memproses protein dari retikulum endoplasma, dan mengangkut mereka ke berbagai lokasi di dalam sel atau mengirim mereka keluar dari sel.


Persamaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan



Bentuk & Ukuran

Sebuah sel tanaman biasanya lebih besar dan berbentuk persegi panjang, sedangkan sel hewan yang berbentuk bulat.


Dinding sel

Sebuah sel tumbuhan memiliki dinding sel serta membran plasma. Para penjaga dinding sel tumbuhan berfungsi mempertahankan bentuk sel dan memberikan kekakuan ke sel. Hal ini terdiri dari selulosa dan hemiselulosa. Sel hewan tidak memiliki dinding sel. Membran plasma berfungsi sebagai batas luar ke sel hewan.


Kloroplas

Sel tumbuhan mengandung kloroplas, maka, bisa menyiapkan makanan mereka sendiri. Mereka bertindak sebagai situs fotosintesis, menggunakan sinar matahari, karbondioksida, dan air untuk mempersiapkan molekul karbohidrat. Sel hewan tidak memiliki kloroplas.


Vakuola

Sebuah sel tanaman biasanya memiliki besar dan menonjol vakuola tunggal, yang merupakan struktur kandung kemih seperti mengandung air dan zat terlarut lainnya, sehingga berfungsi sebagai gudang sel. Sel hewan mungkin atau mungkin tidak mengandung satu atau banyak vakuola kecil.


Sentriol

Ini organel yang absen dalam sel tanaman. Pada sel-sel hewan, sentriol membantu pergerakan kromosom selama proses pembelahan sel.


Lisosom

Sebuah sel hewan mengandung lisosom dalam sitoplasma. Lisosom mengandung sejumlah enzim yang membantu dalam pencernaan atau pemecahan zat dalam sel hewan. Sel tumbuhan tidak memiliki lisosom.


Asam Amino

Dalam sel tumbuhan, semua jenis asam amino yang disintesis. Sebuah sel hewan dapat mensintesis hanya beberapa jenis asam amino sendiri.


Bagian-bagian Sel

Pembentukan plat sel terjadi selama pembelahan sel sel tanaman. Pada sel-sel hewan, divisi berlangsung dengan cara penyempitan di tengah sel.
0 Komentar untuk "Sel Tumbuhan VS Sel Hewan"
Back To Top