Badan Golgi


badan golgi

Apa itu Badan Golgi?

Badan Golgi adalah organel sel ang berfungsi menghasilkan sekret berupa butiran getah, lisosom primer, menyimpan protein dan enzim. Oeganel ini dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop cahaya biasa. 

Badan golgi banyak ditemukan pada organ tubuh yang melaksanakan fungsi ekskresi, misalnya ginjal. 

Pada sel tumbuhan, badan golgi disebut diktiosom. Organel ini menerima bahan, diolah keudian disekresikan dari Retikulum Endoplasma (RE).

Struktur Badan Golgi

Struktur Badan Gogi berbentuk tumpukan kantong-kantong pipih, (didalamnya terdapat bola dan tabung). Dindingnya memiliki dua permukaan yakni permukaan luar berbentuk cembung (forming face) dan permukaan dalam berbentuk cekung (maturing face). 

Membrannya membentuk kantong yang berlapis-lapis. Kantong ini digunakan untuk menyimpan protein serta enzim yang akan disekresikan. Membran ini memiliki ketebalan sekitar 6–8nm.

Badan Golgi terdapat di berbagai jenis sel. Unit dasar Badan golgi adalah diktiosom atau Golgi field. Apparatus Golgi terdiri atas tumpukan 3-8 membran yang berbentuk arkuata (menyerupai busur) dalam jarak dekat satu sama lainnya. 

Membran yang mengelilingi bagian sempit, berbentuk panjang panjang, sedikit melebar pada ujung-ujungnya disebut isterna. Sisterna Golgi selalu didampingi vesikel Golgi yang berfungsi mengantar dan mengekspor material (vesikel transpor). 

Materi yang diterima dari RE dimodifikasi dan disimpan dalam badan golgi dan akhirnya dikirim di permukaan sel atau tujuan yang lain.

Fungsi Badan Golgi

Badan golgi berfungsi sebagai pusat penerimaan dan pengiriman. Kita juga dapat menganalogikan Badan Golgi ini sebagai manufaktur, pergudangan, pemilihan dan pengiriman. 

Badan golgi memiliki tugas untuk menerima produk yang dihasilkan oleh Retikulum Endoplasma (RE) berupa protein, kemudian protein tersebut dimodifikasi oleh Badan Golgi, disimpan dan kemudian di kirim ke tempat tujuan lain.
Posting Komentar

AdBlock Detected!

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.


Suka Blog ini? Please disable your Adblocker to access this site! Thanks. Harap nonaktifkan Adblocker Anda untuk mengakses situs ini! Terimakasih.

This is Biologi Sel this blog in your ad blocker.

Thank you!

×