Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Mitokondria: Pengubah Energi Kimia


mitokondria
Dari Judul diatas tentunya kita dapat mengetahui bahwa fungsi utama Mitokondira adalah sebagai pengubah atau Konversi Energi Kimia. Untuk lebih jelasnya pembahasan tentang Mitokondria ini mari kita baca artikel dibawah ini. Jika ada yang kurang anda pahami tentang Mitokondria ini, anda dapat bertanya di kolom komentar yang ada dibawah artikel ini.

Apa itu Mitokondria?

Mitokondria ditemukan di hampir semua sel eukariotik, termasuk tanaman, hewan, jamur, dan protista. Bahkan tanpa terkecuali Giardia yaitu parasit yang hidup didalam usus manusia dan beberapa protista lain, studi terbaru telah mengidentifikasi organel sejenis yang  terkait (Kloroplas dan Peroksisom) mungkin berevolusi dari mitokondria.

Mitokondria merupakan tempat respirasi seluler. Membran dalam dan luar mitokondria yang dapat terlihat jelas Dalam gambar dan mikrograf (TEM) krista ini adalah infoldings dari membran dalam, yang meningkatkan luas permukaannya. Gambar cutaway menunjukkan dua kompartemen dibatasi oleh membran: ruang intermembrane dan matriks mitochondnal. Enzim pernapasan Banyak ditemukan di membran dalam dan matriks. Ribosom juga banyak terdapat dalam matriks. Molekul DNA, terlalu kecil untuk dilihat di sini, biasanya melingkar dan melekat pada membran bagian dalam dari mitokondria.

Jumlah dan Ukurang Mitokondria

Beberapa sel memiliki mitokondria tunggal yang besar, tetapi kebanyakan sel memiliki ratusan atau bahkan ribuan mitokondria, jumlah dari mitokondria tersebut berkaitan dengan tingkat aktifitas metabolik sel. Sebagai contoh, sel-sel motil atau kontraktil memiliki jumlah mitokondria lebih proporsional  per volume dari pada sel-sel yang kurang aktif. Mitokondria memiliki ukuran sekitar 1-10 11m. Selang waktu dari sel hidup mengungkapkan mitokondria bergerak, mengubah bentuk mereka, dan sekering atau membagi dua, tidak seperti silinder statis terlihat di mikrograf elektron dari sel-sel mati.

Mitokondria ini tertutup oleh dua membran, setiap bilayer fosfolipid dengan koleksi unik dari protein tertanam. Membran luar halus, tetapi membran batin berbelit-belit, dengan infoldings disebut krista. Membran dalam membagi mitokondria ke kompartemen m'o internal. Yang pertama adalah yang intermembrane ruang, daerah sempit di antara membran dalam dan luar. Kompartemen kedua, matriks mitokondria, tertutup oleh membran dalam. Matriks mengandung enzim yang berbeda serta DNA mitokondria dan ribosom. Enzim dalam matriks mengkatalisasi beberapa langkah dari respirasi selular. 

Protein lain yang berfungsi dalam respirasi, termasuk enzim yang membuat ATP, yang dibangun ke dalam membran dalam. Sebagai permukaan yang sangat dilipat, krista memberi membran mitokondria bagian dalam area permukaan yang besar, sehingga meningkatkan respirasi seluler dan produktivitas. Ini adalah contoh lain dari fungsi bentu struktur mitokondria.
Tag : organel, sel
0 Komentar untuk "Mitokondria: Pengubah Energi Kimia "
Back To Top