Retikulum Endoplasma (RE)


Retikulum Endoplasma (RE) halus dan kasar

Retikulum Endoplasma (RE) adalah labirin membran yang banyak, sehingga retikulum ini meliputi separuh lebih dari total membran dalam sel-sel eukariotik. RE berupa vesikel atau kantung yang dapat berbentuk pipih, bundar, atau tubuler dan satu sama lain dapat berhubungan.

RE hanya memiliki selapis membran dan membran tersebut ada yang berhubungan dengan membran inti dan membran plasma sehingga dapat berperan sebagai penghubung antara bagian luar sel dengan bagian dalam sel.

Perbedaan RE Kasar dan RE Halus

Meskipun berhubungan namun ada dua perbedaan, bagian RE dibedakan menurut struktur dan fungsinya menjadi RE halus dan RE kasar. RE halus dinamakan demikian karena permukaan luarnya tidak memiliki ribosom. Sedangkan RE kasar memiliki ribosom pada permukaan luar membrannya sehingga terlihat seperti kasar melalui mikroroskop elektron.

RE Halus

RE halus adalah Retikulum Endoplasma yang tidak dilekati ribosom, organel ini berfungsi dalam bermacam-macam proses metabolisme, termasuk sintesis lipid, metabolisme karbohidrat, serta menawarkan obar dan racun. Enzim RE halus penting untuk sintesis lipid, termasuk fosfolipid dan steroid. 

Diantara steroid yang dihasilkan oleh RE halus adalah hormon seks vertebrata dan berbagai hormon steroid yang di sekresi oleh kelenjar adrenalin.

RE Kasar

RE kasar adalah  Retikulum Endoplasma yang dilekati ribosom. RE kasar memiliki peran anabolik dan protektif. Peran anabolik yaitu mensintesis kolesterol, hormon steroid, dan asam-asam empedu. Peran katabolik yakni dapat mengubah atau menetralisir bahan yang bersifat toksik. Mekanisme kerja antar Retikulum Endoplasma (RE) dan organel lain seperti mitokondria dapat saling berhubungan.

Demikian pembahasan tentang RE dan perbedaan antara RE halus dan kasar.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar
Click to comment