Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Fakta-fakta tentang Diatom

Sebuah kelompok utama dari ganggang diakui sebagai diatom. Kebanyakan diatom adalah organisme uniseluler. Filament, kipas angin, zigzag atau koloni berbentuk pita diatom juga ada dan mereka dapat melihat dengan mudah di air tawar dan lingkungan laut. Misalnya, fragillaria, meridion, tabellaria, dll

Fakta Tentang Diatom


Diatom adalah mikroskopis, bersel tunggal atau kolonial tanaman-seperti organisme yang sel dinding terdiri dari silikon dioksida (silika). Ada banyak lubang atau areola pada kerang diatom (atau tes) yang terlihat di bawah mikroskop cahaya.


Mereka ditemukan pada permukaan basah, di lautan, di air tawar, di danau, sungai, muara, genangan air, batuan basah dan dalam tanah, hampir di mana saja di mana ada air dan cahaya. Kebanyakan Diatom adalah mikroskopis tetapi beberapa spesies selama 2 milimeter. Mereka biasanya tidak bergerak, tetapi beberapa do bergerak melalui dera.

Dari klasifikasi diatom, kita tahu bahwa mereka berasal dari kelas Bacillariophyceae dan ada lebih dari 200 genera diatom hidup. Mereka diklasifikasikan sebagai protista atau chromists. Menurut perkiraan ada sekitar 100.000 spesies diatom yang ada. Dua jenis diatom, para centrales bulat dan pennales panjang atau berbentuk pena yang terkenal.

Karakteristik milik diatom yang membuat mereka unik bentuk ganggang adalah bahwa mereka tumbuh cangkang silika yang diawetkan dalam sedimen bawah air setelah mereka mati. Diatom shell dikenal sebagai frustule yang berbeda untuk setiap spesies, sehingga Anda dapat mengidentifikasi mereka dengan mengamati melalui mikroskop. Ini frustules menunjukkan dua sisi asimetris dengan perpecahan di antara mereka. Karena kelompok ini dikenal sebagai diatom. Mereka sebagian besar kekuningan atau kecoklatan dan mereka memiliki klorofil a dan c dan fucoxanthin karotenoid yang terkandung dalam plastida. Mereka memproduksi makanan oleh fotosintesis. Mereka adalah pemasok besar oksigen.

Reproduksi diatom adalah fenomena yang indah. Mereka mengalami reproduksi aseksual karena mereka berkembang biak dengan pembelahan sel. Diatom menjadi lebih kecil dengan setiap putaran replikasi. Baca lebih lanjut pada organisme yang bereproduksi secara aseksual. Diatom fakta mengungkapkan bahwa diatom sangat kecil dapat mengikuti mode seksual reproduksi yang memungkinkan untuk pertumbuhan zigot yang relatif besar. Dengan demikian, mereka memiliki solusi untuk modus aseksual terus menyusut.

Ketika mereka mati mereka jatuh ke bawah. Kerang diatom, tidak tunduk membusuk menumpuk di cairan dan akhirnya membentuk bahan yang dikenal sebagai tanah diatom yang juga dikenal sebagai kieselguhr. Tanah diatom ditemukan dalam bentuk sebagai lembut, kapur, batu ringan disebut diatomite yang digunakan sebagai bahan isolasi menyerap baik panas dan suara. Hal ini digunakan untuk memproduksi dinamit dan bahan peledak lain dan juga untuk filter, abrasive, dll Hal ini kadang-kadang digunakan dalam berkebun sebagai pengendali hama.

Salah satu fakta yang paling menakjubkan diatom adalah bahwa mereka memainkan peran penting dalam struktur bumi sebagai lapisan kapur yang disimpan oleh mereka dan banyak minyak bumi juga asal diatom. Komunitas diatom menyediakan alat untuk memantau kondisi lingkungan masa lalu dan sekarang. Mereka berguna dalam penelitian kualitas air. Studi menunjukkan bahwa spesies diatom yang berbeda lebih memilih temperatur yang berbeda. Oleh karena itu, para ilmuwan dapat memperkirakan suhu air mereka tinggal masuk Diatom hadir dalam jumlah yang lebih besar dan bantuan ukuran mereka menunjukkan pergerakan air lateral dan seberapa baik air dicampur.

Dunia diatom hanya menakjubkan dan studi mikroorganisme dapat benar-benar menarik bagi mereka yang tertarik di dalamnya, seperti melempar cahaya pada usia geologi yang berbeda.
Tag : alga
0 Komentar untuk "Fakta-fakta tentang Diatom"
Back To Top -->