Fungsi Lambung

Lambung manusia terletak pada daerah kiri atas rongga perut dan merupakan bagian penting dari sistem pencernaan. Lambung terletak tepat di bawah diafragma dan otot. Jika memperhatikan gambar saluran pencernaan, lambung didahului dengan kerongkongan dan diikuti oleh duodenum. Dengan kata lain, lambung merupakan bagian dari sistem pencernaan yang ditempatkan antara kerongkongan dan duodenum. Esophageal sphincter mengontrol pergerakan makanan dari kerongkongan ke lambung dan sfingter pilorus bertanggung jawab untuk mengatur gerakan makanan dicerna sebagian dari lambung ke duodenum, yang merupakan bagian pertama dari usus kecil.


Struktur Lambung


Jika Anda melihat pada berbagai organ yang membentuk saluran pencernaan, lambung adalah yang paling melebar. Terlepas dari yang melebar, juga diperluas. Ini adalah struktur kantung-seperti dengan volume kosong sekitar 45 sampai 50 ml (pada manusia). Namun, pada manusia dewasa normal, itu bisa diperbesar, sehingga terus 1 sampai 3 liter makanan. Hal ini tidak berlaku untuk bayi, yang bisa memegang hanya 30 ml dalam lambung mereka. Singkatnya, ukuran lambung akan mendapatkan diubah sesuai jumlah makanan di dalamnya. Pada orang dewasa rata-rata, lambung memiliki panjang sekitar dua belas inci dan lebar sekitar lima belas inci.

Bagian-bagian Lambung  

Lambung memiliki empat bagian, yang dinamakan sebagai kardia, fundus, korpus (tubuh), antrum dan pilorus. Sementara kardia adalah bagian pertama dari lambung, yang menerima makanan dari kerongkongan, fundus adalah bahwa bagian lambung  yang dibentuk oleh besar kelengkungan. Tubuh corpus membentuk wilayah pusat utama organ dan pilorus bersama dengan antrum membentuk bagian terakhir yang mengosongkan isi lambung ke duodenum.

Lapisan Dinding Lambung

Lapisan terdalam dari dinding lambung disebut mukosa dan asam lambung diproduksi dan disekresikan dalam lapisan ini. Lapisan berikutnya adalah submukosa, yang terbuat dari jaringan ikat. Lapisan ini ditutupi oleh externa muskularis dan kemudian serosa. Externa muskularis terdiri dari tiga lapisan otot, yang bertanggung jawab untuk mencampur makanan dengan enzim dan gerakan makanan. Jadi, lapisan ini memiliki peran penting dalam fungsi lambung  Lapisan terluar adalah serosa, yang terbuat dari jaringan ikat.

Sekresi Lambung

Permukaan dalam lambung memiliki berbagai jenis sel epitel yang memproduksi berbagai sekresi yang membantu proses pencernaan. Ini termasuk sel lendir yang memproduksi lendir, yang bersifat basa di alam. Lendir ini mencegah kerusakan pada lapisan dalam lambung dari asam. Ada sel-sel utama yang menghasilkan enzim yang disebut pepsin (membantu dalam fungsi lambung mogok protein) dan sel parietal yang menghasilkan asam klorida (perkelahian mikroorganisme dan mencerna makanan). Tipe lain dari sel epitel di lambung adalah sel G yang menghasilkan hormon yang disebut gastrin. Permukaan dalam lambung memiliki beberapa foldings yang disebut sebagai ruge, yang meratakan sebagai lambung mengembang.

Apa Fungsi Lambung?


Sekarang, Anda memiliki gagasan dasar tentang struktur lambung dan fungsi bagian ini. Ini adalah upaya yang terkoordinasi dari bagian-bagian yang merupakan fungsi lambung. Kita semua tahu bahwa fungsi utama adalah pengumpulan dan mogok makanan. Mari kita lihat bagaimana ini terjadi. Makanan yang kita makan dikunyah di mulut, dan dikatakan bahwa proses pencernaan dimulai di mulut. Apa yang terjadi di lambung dapat dianggap sebagai tahap kedua pencernaan. Mengunyah makanan sampai ke lambung dan mendapatkan dicampur dengan asam dan enzim yang diproduksi dalam organ. Campuran ini disebut chyme, yang disimpan di lambung dan dilepaskan ke usus kecil dalam jumlah yang lebih kecil. Setelah itu, itu adalah fungsi usus halus untuk lebih memecah chyme dan menyerap nutrisi. Jadi, fungsi utama dari lambung adalah mogok makanan dan mencampurnya dengan asam pencernaan dan enzim. Selain itu, sekresi lambung membunuh mikroorganisme berbahaya seperti beberapa bakteri.

Singkatnya, fungsi lambung adalah untuk membantu pencernaan dengan memecah makanan dan mencampurnya dengan asam dan enzim, sehingga melepaskan chyme dihasilkan ke usus kecil.

0 comments: