Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Bagian-bagian dari Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan meliputi mulut, kerongkongan, lambung, hati, pankreas, usus halus dan usus besar. Setiap bagian dari sistem pencernaan memiliki peran yang sangat penting. Jika salah satu bagian dari sistem pencernaan tidak berfungsi dengan baik, seluruh sistem dapat gagal. Hal ini dapat menyebabkan penyakit. Pernahkah Anda berpikir bagaimana setiap gigitan makanan Anda dicerna? Atau di mana tepatnya makanan yang anda dikonsumsi? Nah, banyak dari Anda mungkin tidak berpikir tentang hal tersebut.


Bagian Utama Sistem pencernaan


Mulut

Ini adalah bagian pertama dari sistem pencernaan dan juga organ yang sangat penting dalam komunikasi dan respirasi. Mulut disebut rongga mulut. Ketika makanan masuk ke dalam mulut, itu dipecah menjadi potongan-potongan kecil dengan mengunyah. Air liur membantu makanan lebih lembut dan bertindak sebagai pelumas untuk membantu walet. Air liur mengandung enzim pencernaan yang memecah lemak dan beberapa pati dalam makanan yang kita makan. Makanan yang rusak, melunak dan menelan dikenal sebagai bolus. Sebagai bolus memasuki kerongkongan dan kemudian, lambung, di sinilah proses pencernaan dimulai.

Kerongkongan

A 25 sampai 30 cm tabung berotot panjang yang menghubungkan mulut dan lambung dikenal sebagai esofagus atau kerongkongan. Kerongkongan adalah salah satu bagian utama dari sistem pencernaan, karena segala sesuatu yang kita makan melewati pipa ini otot. Hal ini umumnya dikenal sebagai pipa makanan. Hal ini terletak di tenggorokan antara lambung dan mulut. Makanan dari faring lolos ke kerongkongan. Faring terletak tepat setelah mulut di leher. Fungsi normal esofagus adalah untuk membawa bolus, cairan lain dan air liur dari mulut ke lambung  di mana sebenarnya proses pencernaan dimulai. Proses transportasi yang mengambil makanan padat dan cairan dari mulut ke Lambung secara otomatis.

Lambung

Lambung adalah 30,5 cm dan lebar 15,2 cm dan berongga. Lokasi Lambung terletak di antara kerongkongan dan usus kecil. Lambung merupakan bagian utama dari sistem pencernaan dan dibagi menjadi 4 bagian, yaitu kardia, di mana bolus memasuki pertama, fundus, yang merupakan kurva atas Lambung  corpus, yaitu bagian tengah Lambung dan pilorus, bagian paling bawah dari Lambung dari mana makanan memasuki usus kecil. Ketika makanan memasuki lambung, enzim dan asam mulai melanggar makanan dan mengubahnya menjadi bentuk semi-cair, yang kemudian masuk ke dalam usus kecil.

Hati

Hati beratnya sekitar 1,5 kg atau lebih. Ini adalah organ terbesar kedua di dalam tubuh kami dan terletak di sisi kanan rongga Lambung di belakang tulang rusuk yang lebih rendah. Ini adalah coklat kemerahan dalam warna dan kelenjar terbesar dalam tubuh manusia. Hati memainkan peran penting dalam detoksifikasi. Empedu yang diproduksi oleh hati membantu dalam pencernaan dan penyerapan lemak. Hal ini memainkan peran penting dalam proses metabolisme. Hal ini sangat sulit untuk bertahan hidup tanpa hati, karena ini adalah salah satu bagian penting dari tubuh, tanpa yang tubuh tidak dapat berfungsi.

Pankreas

Pankreas adalah sekitar 6 di panjang dan terletak di belakang lambung  Ini menghasilkan jus pankreas dan hormon, seperti insulin, dan enzim, dan membantu untuk menyampaikan makanan ke usus kecil. Pankreas membantu memecah lemak, karbohidrat dan protein, sehingga mereka dapat digunakan oleh tubuh. Pankreas juga menetralkan asam dalam lambung  Ini menghasilkan insulin, hormon, dan menyerap gula dari blood.pancreas membantu memecah lemak, karbohidrat dan protein. Jika cukup insulin tidak diproduksi oleh pankreas, seseorang dapat menderita diabetes.

Usus Kecil

Langkah-langkah usus kecil antara 6 sampai 7 m panjang dan 2,5 sampai 3 cm, dan terletak di antara lambung dan usus besar. Usus kecil dibagi menjadi tiga bagian, yaitu usus dua belas jari, bagian pertama, jejunum atau bagian pertengahan, dan ileum, yang merupakan bagian paling bawah nya. Dalam usus kecil, pencernaan kimia berlangsung. Ini melindungi tubuh terhadap infeksi, dan mengeluarkan jus usus juga. Makanan yang dicairkan dalam usus kecil memasuki usus besar, di mana penyerapan air berlangsung.

Usus Besar

Panjang usus besar membentang hingga 1,5 m panjang. Menyerap air dan garam, dan membantu dalam ekskresi bahan limbah padat. Limbah atau kotoran dalam bentuk padat, seperti usus besar menyerap air dari makanan. Usus besar mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh kita. Beberapa gangguan usus besar adalah sembelit, divertikulitis, diare dll

Setiap bagian dari sistem pencernaan memiliki peran untuk bermain dengan caranya sendiri. Satu harus makan sehat untuk berpikir lebih baik dan bekerja lebih baik. Asupan gizi yang tepat adalah suatu keharusan. Sistem pencernaan juga dipengaruhi dengan penyakit dan untuk menjauhkan diri dari penyakit, kita harus selalu merawat tubuh kita.
0 Komentar untuk "Bagian-bagian dari Sistem Pencernaan"
Back To Top -->