Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Sistem Pernapasan (respirasi)

Respirasi adalah proses menghirup oksigen dalam tubuh dan mengeluarkan karbon dioksida keluar dari tubuh. Respirasi atau pernapasan dilakukan dengan bantuan organ-organ pada sistem pernapasan, yaitu hidung, faring, laring, trakea, bronkus, paru-paru dan otot-otot pernapasan. 

Sistem Pernapasan Manusia

Sistem pernafasan dibagi menjadi dua bagian, yaitu, saluran pernapasan bagian atas dan saluran pernapasan bagian bawah. Berikut ini adalah organ pada saluran atas dan saluran bawah pernapasan.


Saluran Pernapasan Atas

Hidung (lubang hidung) 

Hidung adalah pintu masuk dari saluran pernapasan dan membantu dalam memungkinkan udara mengalir masuk dan keluar. Hidung menghangatkan dan filter udara yang masuk

Faring (tenggorokan) 

Faring terletak di bagian belakang mulut, dan menghubungkan mulut ke kerongkongan (pipa makanan). Ini adalah bagian untuk udara dan makanan.

Laring 

Laring berada di bagian atas trakea dan mengandung pita suara. Hal ini juga dikenal sebagai kotak suara. Ia membantu dalam mengontrol pernapasan dan menelan.

Trakea (tenggorokan) 

Trakea adalah struktur tubelike yang membantu dalam melewati pesawat dari laring ke bronkus. Hal ini juga menghangatkan udara dan mencegah benda asing memasuki paru-paru.

Saluran Pernapasan Bawah


Bronnchi 

Bronnchi adalah saluran udara paru-paru menyimpang dari trakea. Mereka membawa udara masuk dan keluar dari paru-paru.

Bronkiolus 

Bronkiolus adalah cabang bronkus yang melakukan udara ke paru-paru. Mereka melakukan fungsi yang sama seperti bronkus.

Alveoli (kantung udara) 

Ini adalah kantung di paru-paru dan mengandung serat elastis. Pertukaran karbon dioksida dan oksigen terjadi di sini.

Paru-paru

Paru-paru adalah organ dua terbalik-kerucut berbentuk hadir dalam dada manusia. Fungsi paru-paru untuk mengambil oksigen ke dalam tubuh dan mengusir karbon dioksida.


Fungsi Sistem Pernapasan Manusia

Sebagaimana disebutkan di atas, respirasi atau pernapasan, adalah fungsi dari sistem pernapasan. Paru-paru adalah organ vital dari sistem pernapasan. Ada otot yang terletak di bawah paru-paru yang dikenal sebagai diafragma. Hal ini juga memainkan peran penting dalam proses respirasi. Selama inhalasi, kontrak diafragma, menciptakan vakum yang membantu dalam menarik udara ke paru-paru. Di sisi lain, selama pernafasan, diafragma rileks dan membantu dalam memaksa udara keluar dari paru-paru.

Inhalasi


Ketika seseorang bernafas udara (oksigen terdiri), melewati bagian hidung yang mengandung lendir. Lendir membantu dalam menyaring kontaminan seperti debu, serbuk sari dan asap. Epitel hidung menambah kelembaban dan panas ke udara. Udara kemudian melewati laring dan memasuki trakea atau tenggorokan.

Di sini, hal itu akan dibagi menjadi dua bronkus yang menghubungkan trakea ke paru-paru. Bronkus dibagi lebih lanjut ke banyak tabung yang lebih kecil dikenal sebagai bronkiolus. Mereka berakhir pada kantung udara, juga dikenal sebagai alveoli, yang mengandung darah kapiler. Ini kapiler darah membawa darah yang melalui pembuluh darah dari semua bagian lain dari tubuh. Di sini, karbon dioksida dari darah dipertukarkan untuk oksigen dalam alveoli. Darah yang mengandung oksigen kemudian pergi ke jantung di mana ia kemudian dipompa ke bagian lain dari tubuh.

Ekshalasi


Pernafasan adalah proses mengeluarkan dari udara yang mengandung karbon dioksida. Pergerakan udara, sementara pernafasan, adalah melalui saluran pernapasan, kemudian melalui saluran udara, dan terakhir, lolos keluar melalui hidung. Menarik dan menghembuskan napas, bersama-sama, menyelesaikan proses respirasi.

Vokalisasi


Terlepas dari pernafasan, sistem pernapasan juga membantu dalam melakukan fungsi lain seperti vokalisasi dan batuk produksi. Vokalisasi adalah proses yang memungkinkan manusia untuk berbicara dan untuk membuat suara. Ketika udara melewati faring dan laring, itu membuat pita suara dalam laring bergetar. Getaran membantu dalam produksi suara dan pidato pada manusia.


0 Komentar untuk "Sistem Pernapasan (respirasi)"
Back To Top -->