Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Organ pada Sistem Pencernaan


Artikel sebelumnya membahas tentang apa itu sistem pencernaan dan cara kerjanya. Nah, sekarang kita akan membahas tentang Organ pada sistem pencernaan, seperti halnya pada sistem sirkulasi (pernapasan) yang memiliki organ-organ (hati dll), sistem pencernaan juga memiliki organ penting untuk berlangsungnya proses pencernaan makanan.

Pernahkah anda bertanya-tanya tentang apa yang sebenarnya terjadi  didalam perut ketika makanan kita konsumsi? Nah, makanan berpindah melalui proses rumit yang disebut pencernaan. Berbagai organ pada sistem pencernaan, dengan fungsi spesifik mereka membantu dalam proses pencernaan


Proses Pencernaan makanan

Proses pencernaan dimulai bahkan sebelum Anda benar-benar mulai makan makanan. Ketika organ utama manusia seperti mata, hidung dan telinga merasakan kehadiran makanan, mereka memperingatkan organ lain untuk memulai produksi air liur dan cairan pencernaan yang berbeda yang penting untuk pencernaan.

Pencernaan adalah proses memecah makanan menjadi molekul yang lebih kecil, yang dapat dengan mudah diserap oleh tubuh untuk digunakan sebagai energi untuk membangun dan memelihara sel-sel. Sistem pencernaan manusia memberikan tubuh dengan semua karbohidrat yang diperlukan, vitamin, lemak dan asam amino, yang menjaga sel estimasi 50-75000000000000, berfungsi. Hal ini juga menghilangkan semua produk limbah dari tubuh.

Selama proses ini, ada banyak organ yang berkontribusi terhadap mogok makanan. Berikut adalah semua organ yang terlibat dalam proses tersebut, bersama dengan fungsi mereka. Anda juga dapat mengacu pada diagram di bawah ini untuk mengetahui posisi yang tepat dari organ.

Perbedaan organ-organ pada Sistem Pencernaan dan Fungsinya


Sistem pencernaan manusia dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian dasar, saluran pencernaan bagian atas dan saluran pencernaan yang lebih rendah.

Saluran Pencernaan atas

Proses pencernaan dimulai di saluran pencernaan bagian atas yang terdiri dari mulut, gigi, lidah, faring, kerongkongan dan perut.

Mulut: ini adalah organ pertama yang memulai proses pencernaan dan di sini bahwa pengunyahan atau mogok makanan berlangsung. Mulut selanjutnya mengandung tiga organ dasar - kelenjar ludah, lidah dan gigi.

kelenjar saliva

Ketika mulut menerima makanan, tiga pasang kelenjar ludah eksokrin mensekresikan air liur, yang bertindak sebagai agen pelumas untuk melembabkan makanan. Saliva juga menghasilkan enzim yang disebut amilase yang memecah pati hadir dalam sangat tepung makanan menjadi gula atau maltosa. Air liur juga mengandung beberapa sifat desinfektan atau antibakteri yang membunuh beberapa bakteri dan jamur selama proses mengunyah.

Lidah

Lidah adalah organ utama rasa memiliki lebih dari sekadar selera. Ini membantu dalam proses mengunyah dan menelan yang juga dikenal sebagai deglutition. Lidah memandu makanan dan menyimpannya di antara gigi atas dan bawah. Makanan dikunyah, disebut bolus kemudian ditelan.

Gigi

Sama seperti lidah, gigi manusia memainkan peran penting dalam mempersiapkan makanan untuk pencernaan. Seperti lidah mendorong makanan terhadap gigi, mulai mengunyah dan memecahnya menjadi potongan-potongan kecil. Padahal, gigi tidak berperan aktif dalam penyederhanaan kimia makanan, mengunyah memudahkan organ lain untuk memecah makanan dan menyerap nutrisi.

Faring

Faring atau tenggorokan terletak di belakang mulut atau rongga bukal. Peran utama dari faring adalah untuk mencegah makanan memasuki kotak suara atau laring dan mengalihkannya ke kerongkongan.

Esofagus

kerongkongan adalah tabung berotot yang menghubungkan mulut ke perut. Ini adalah sekitar 10 inci dan panjang sekitar 1 inci lebar. Setelah makanan dikunyah, melewati kerongkongan yang memiliki dua sfingter yang tetap tertutup kecuali saat menelan.

Padahal, faring dan esofagus tidak langsung berkaitan dengan penyederhanaan sebenarnya makanan, fungsi mereka angkut makanan sangat penting bagi saluran pencernaan.

Perut

Perut adalah organ yang melakukan tugas raksasa mogok makanan. Ini menerima makanan tertelan dari kerongkongan dan bercampur dengan cairan lambung untuk lebih memecahnya. Perut dibagi menjadi empat bagian.

Kardia menerima bolus dari kerongkongan. Ini kemudian pergi melalui fundus, yang merupakan bagian paling atas dari perut. Perut bisa melebar untuk menampung sekitar seperempat dari makanan dan cairan tanpa menempatkan tekanan pada perut.

Kemudian bolus diangkut ke bagian terbesar dari perut, korpus atau hanya tubuh dan di sini bahwa bolus diubah menjadi chyme. Chyme adalah semi-cairan makanan dicerna sebagian yang dicampur dengan cairan lambung. Chyme saat melewati antrum, yang merupakan bagian terendah dari perut. Ini adalah berbentuk corong dan bergabung lambung dengan duodenum.

Sistem Pencernaan bawah

Saluran pencernaan yang lebih rendah terdiri dari usus kecil, usus besar dan anus. Selama pencernaan saluran pencernaan bawah membantu tubuh untuk menyerap semua nutrisi yang telah disederhanakan oleh saluran pencernaan bagian atas.

Usus kecil: Juga dikenal sebagai usus kecil, usus kecil adalah bagian terpanjang dari saluran pencernaan. Namun, hal itu disebut usus kecil karena memiliki diameter lebih kecil dari usus besar. Tujuan utama dari usus kecil adalah untuk menyerap nutrisi dari makanan selama proses pencernaan. Hal ini terdiri dari tiga bagian - duodenum, jejunum dan ileum.

Duodenum

Duodenum adalah bagian terpendek dari usus kecil dan terhubung ke bagian bawah perut. Fungsi utama dari duodenum adalah untuk memecah makanan menggunakan enzim disekresikan oleh pankreas dan empedu disekresi oleh hati.

Jejunum 

Jejunum adalah bagian pertengahan dari usus kecil. Fungsi yang paling penting dari organ ini adalah penyerapan karbohidrat dan protein. Ini memiliki lapisan khusus dengan kecil, jari-seperti proyeksi yang disebut vili. Vili ini meningkatkan luas permukaan penyerapan intern yang pada gilirannya membantu dalam penyerapan nutrisi lebih. Vili juga terhubung ke pembuluh darah sehingga sirkulasi darah dapat membawa nutrisi ke berbagai bagian tubuh.

Ileum

Ileum adalah bagian akhir dari usus kecil. Fungsi utamanya adalah untuk menyerap vitamin dan nutrisi lain yang terlewatkan oleh jejunum. Makanan tercerna kemudian didorong ke usus besar.

Panjang rata-rata dari usus kecil dalam laki-laki dewasa adalah sekitar 6,9 meter. Namun, panjang bervariasi antara orang yang berbeda. Mungkin sepanjang 9,8 meter juga!

Usus besar: Juga dikenal sebagai usus besar, usus besar adalah organ yang sangat khusus dari sistem pencernaan. Fungsi utamanya adalah untuk menyerap air yang tersisa dari masalah makanan dicerna dan lulus masalah sampah yang tidak diinginkan dari tubuh. Usus besar dibagi menjadi tiga bagian - sekum, usus besar dan rektum.

sekum

sekum adalah awal dari usus besar dan merupakan kantong menghubungkan antara kecil dan usus besar. Ini menerima kotoran dari ileum dan mengirimkannya ke usus besar. Sekum ini juga melekat pada usus buntu.

Colon

Fungsi utama usus besar adalah untuk mengekstrak semua air dan garam dari masalah sampah sebelum menghilangkan dari tubuh.

Rektum

Rektum adalah sebuah ruang 8-inci yang menghubungkan usus ke anus. Fungsi utama dari rektum adalah untuk menerima kotoran atau bahan limbah dari usus besar dan bertindak sebagai situs sementara untuk menyimpan kotoran sampai dievakuasi. Ia mengirimkan sinyal ke otak, yang pada gilirannya memutuskan apakah kotoran dapat dievakuasi.

Anal kanal

Anal kanal adalah bagian terakhir dari saluran pencernaan. Hal ini terletak antara rektum dan anus. Fungsi utama dari anus untuk mengeluarkan materi limbah dari tubuh.

Organ Auxiliary

Tubuh manusia memiliki beberapa organ yang sangat penting dalam sistem pencernaan yang dapat diklasifikasikan sebagai organ tambahan. Meskipun organ-organ ini bukan merupakan bagian dari sistem pencernaan, tanpa mereka proses pencernaan akan menjadi hampir mustahil.

Kandung empedu

Kandung empedu toko empedu yang telah diproduksi oleh hati. Meskipun menjadi bagian penting dari proses pencernaan, kandung empedu adalah organ non vital, yang berarti bahwa hal itu dapat dihapus jika terinfeksi.

Hati

Hati adalah salah satu organ paling penting dari tubuh manusia. Hati pada dasarnya melakukan tugas memproduksi cairan pencernaan, biokimia dan juga membantu dalam sintesis protein.

Seluruh proses pencernaan membutuhkan sekitar 24 sampai 72 jam dan saluran pencernaan orang rata-rata, bersama dengan semua organ, ukuran sekitar panjang 9 meter.

Pankreas

Pankreas mengeluarkan enzim ke dalam duodenum yang memecah lemak, karbohidrat dan protein. Fungsi penting lain dari pankreas adalah untuk membuat insulin yang merupakan hormon utama untuk metabolisme gula.

Bersama-sama, organ di atas, dengan fungsi masing-masing, membantu menjaga tubuh kita bekerja. Perlu dicatat bahwa setelah menelan makanan, proses pencernaan tidak disengaja dan dikendalikan oleh saraf dan otak. Seluruh proses ini kompleks dan tidak akan salah untuk memanggil sistem pencernaan manusia benar-benar sebuah keajaiban.

Demikian artikel yang membahas tentang organ pada sistem pencernaan.
0 Komentar untuk "Organ pada Sistem Pencernaan"
Back To Top