Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Fakta tentang Sistem Pencernaan


Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang sistem pencernaan manusia, maka di sini adalah beberapa fakta yang pasti untuk anda.

Seluruh proses pencernaan bisa berlangsung dari 24 sampai 72 jam untuk menyelesaikan!

Pencernaan adalah proses dimana molekul yang lebih besar dari makanan dipecah oleh aksi enzimatik menjadi komponen-komponen sederhana yang dapat diserap dan diasimilasi oleh tubuh. Pada manusia, pencernaan berlangsung di saluran pencernaan yang diawali dengan mulut dan berakhir dengan anus. Sistem pencernaan terdiri dari organ yang berfungsi dalam pemecahan molekul kompleks hadir dalam makanan, menjadi senyawa kimia kecil yang dapat dengan mudah diserap ke dalam aliran darah.

Fakta Umum Tentang Sistem Pencernaan

Selain organ-organ sistem pencernaan, ada banyak organ lain yang membantu dalam proses pencernaan. Proses pencernaan tidak sederhana dan melibatkan banyak langkah. Mari kita mempelajari lebih lanjut tentang sistem pencernaan melalui serangkaian fakta yang menggambarkan fungsi yang menakjubkan dari tubuh manusia.


Sistem pencernaan terdiri dari organ-organ berikut.

  1. Mulut atau rongga mulut
  2. Pharing
  3. Esofagus
  4. Lambung
  5. Kandung empedu
  6. Hati
  7. Pankreas
  8. Usus kecil
  9. Usus besar
  10. Rektum
  11. Anus

Organ dari sistem pencernaan yang berlubang, dan dinding bagian dilapisi dengan selaput lendir (mukosa). Selaput lendir yang melapisi mulut, lambung dan usus halus, terdiri dari kelenjar yang mengeluarkan enzim pencernaan untuk membantu pencernaan.

Organ juga mengandung lapisan otot polos yang membantu dalam mogok partikel makanan. Lapisan ini kontrak dan mendorong makanan partikel ke bawah sepanjang saluran pencernaan dengan proses yang disebut peristaltik.

Selain organ berongga pada saluran pencernaan, sistem pencernaan terdiri dari dua organ padat, yaitu, hati dan pankreas. Organ-organ ini bertanggung jawab untuk mensekresi cairan pencernaan (misalnya, empedu) yang mencapai usus melalui tabung kecil, disebut sebagai saluran.

Kerongkongan adalah bagian antara faring dan perut. Dalam manusia dewasa, itu adalah 10 sampai 14 inci dan panjang sekitar 1 inci dengan diameter.

Ini adalah kantong empedu yang menyimpan cairan pencernaan disekresi oleh hati, sampai mereka dibutuhkan oleh usus kecil dan besar. Jika kandung empedu akan dihapus dalam kasus penyakit medis, seseorang dapat terus hidup normal, asalkan ia / dia mengambil tindakan pencegahan tertentu mengenai / diet nya.

Dalam proses pencernaan, makanan yang masuk mulut dikunyah oleh gigi dan sebagian dipecah oleh air liur. Kemudian, makanan yang dicerna sebagian melewati kerongkongan dan perjalanan ke lambung, yang kemudian ditindaklanjuti oleh sekresi asam.

Perut adalah kantung seperti organ berotot yang berfungsi sebagai organ utama dari sistem pencernaan. Dinding perut dilapisi dengan tiga lapisan otot.

Jus pencernaan yang dihasilkan oleh perut secara alami bersifat asam. Ketika makanan dikunyah dalam mulut mencapai perut, paparan lingkungan asam lambung, mengurangi mengunyah makanan untuk bubur.

Perut melakukan tiga fungsi utama - menyimpan makanan tertelan, pencampuran makanan dengan cairan pencernaan, dan mengosongkan makanan yang dicerna ke dalam usus kecil.

Fungsi pankreas adalah untuk mengeluarkan hormon insulin, bersama dengan enzim yang membantu dalam proses pencernaan.

Jus pencernaan disekresi oleh pankreas mengandung enzim untuk mengkatalis protein, lemak dan karbohidrat, sedangkan hati memproduksi empedu untuk mencerna jus lemak.

Dinding dari usus kecil menyerap nutrisi yang berguna, yang diangkut ke bagian lain dari tubuh melalui aliran darah.

dinding batin dari usus kecil ditutupi dengan jari-seperti struktur mikroskopis yang dikenal sebagai vili, yang menonjol ke dalam rongga usus dan meningkatkan luas permukaan efektif dari usus kecil oleh lebih dari 500 kali.

Berbeda dengan lingkungan yang sangat asam lambung, lingkungan usus kecil bersifat basa.

Usus buntu adalah struktur seperti tabung yang memanjang ke luar dari dinding usus kecil, dan terletak di persimpangan dari usus kecil dan usus besar. Ini adalah organ sisa, yang berarti bahwa ia tidak melakukan fungsi apapun. Organ sisa diyakini telah kehilangan fungsi aslinya (s) melalui proses evolusi.

Dari usus kecil, sisa makanan pindah ke usus besar dan pingsan sebagai feses.

Rektum ekstrak kelembaban dari residu makanan, dan kotoran dikeluarkan melalui anus.

Usus besar terdiri dari tiga bagian: sekum, usus besar, dan rektum.

Beberapa Fakta Menakjubkan


Perut seorang manusia dewasa dapat menyimpan hingga 1,5 liter air!

Anda dapat memiliki lebih dari 400 jenis bakteri dalam usus besar Anda!

Hati adalah organ terbesar kedua di tubuh kita, kulit sebagai organ terbesar.

hati kami melakukan lebih dari 500 fungsi yang berbeda!

Volume asam klorida diproduksi oleh lambung per hari bisa mencapai hingga 2 liter!

Kelenjar ludah mengeluarkan sekitar 1-3 liter air liur sehari.

Selama proses pencernaan, makanan tetap dalam perut selama 2-3 jam.

Salah satu fungsi yang kurang dikenal yang dilakukan oleh mulut adalah untuk meningkatkan atau menurunkan suhu makanan yang kita konsumsi, dalam rangka untuk membuatnya sama dengan suhu tubuh.

Kita dilahirkan dengan lebih dari 10.000 selera! Ini terletak di lidah, tenggorokan, dan di langit-langit mulut.

Sel-sel yang membentuk lapisan perut bisa diganti terus menerus, dan lapisan yang sama sekali baru terbentuk setiap 5-10 hari!

Yang sangat melingkar usus kecil ukuran 20 meter panjangnya.

Setiap tahun, rata-rata manusia mengkonsumsi lebih dari 500kg makanan!

Pada saat kita berusia 70 tahun, jumlah enzim yang diproduksi dalam tubuh kita menjadi setengah jumlah yang dihasilkan ketika kita berada di dua puluhan kami!

Hati adalah satu-satunya organ dalam tubuh manusia yang memiliki kemampuan untuk meregenerasi sendiri sepenuhnya!

Dibutuhkan sekitar 6 jam untuk manusia rata-rata untuk mencerna makanan yang tinggi kandungan lemak. Makanan yang kaya karbohidrat, di sisi lain, memakan waktu sekitar 2 jam untuk dicerna.

Tentang 11 liter cairan, cairan pencernaan dan makanan dicerna, beredar dalam sistem pencernaan, yang hanya 100 mililiter diekskresikan sebagai limbah.

Nah, ini adalah hanya beberapa fakta penting tentang sistem pencernaan manusia. Perlu dicatat bahwa sistem peredaran darah dan sistem saraf, juga memainkan peran penting dalam fungsi sistem pencernaan. Pencernaan adalah proses katabolik memecah bahan makanan kompleks menjadi bentuk yang lebih sederhana atau nutrisi yang dapat dengan mudah diserap ke dalam aliran darah. Sistem peredaran darah membawa nutrisi ke berbagai sel tubuh, untuk memelihara dan menyediakan mereka dengan sumber energi. Bagi seseorang untuk tetap sehat dan bugar, berfungsinya sistem pencernaan diperlukan.

Demikian artikel mengenai fakta pada sistem pencernaan
0 Komentar untuk "Fakta tentang Sistem Pencernaan"
Back To Top -->