Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Persamaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan


Sebelumnya saya sudah menulis posting yang berjudul Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan, silahkan klik link tadi jika anda juga mencari perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan
sel hewan dan sel tumbuhan

Salah satu persamaan antara sel Hewan dan sel tumbuhan adalah keduanya merupakan sel eukariotik, selain hal tersebut sel hewan dan sel tumbuhan juga memiliki beberapa kesamaan lainnya. Kesamaan tersebut meliputi organel umum seperti membran sel, inti sel, mitokondria, retikulum endoplasma, ribosom dan aparat Golgi.

Semua makhluk hidup terdiri dari satuan yang disebut sel. Sebuah sel, unit dasar kehidupan, adalah struktur mikroskopis yang membentuk struktural maupun fungsional unit dasar organisme hidup. Sel dapat dibagi menjadi dua kategori yang disebut sel prokariotik dan eukariotik. Sel prokariotik adalah sel sederhana yang tidak memiliki nukleus dan organel yang terikat membran sedangkan sel eukariotik adalah sel-sel yang lebih kompleks yang terdiri dari bahan nuklir dan sitoplasma berselubung oleh membran sel. Kedua tanaman dan hewan datang di bawah sel-sel eukariotik. Sel eukariotik memiliki seperangkat fitur standar, namun, sel-sel tumbuhan dan hewan memiliki perbedaan mereka.

Persamaan Antara Tumbuhan dan Sel Hewan


Dari tabel, kita menemukan bahwa selain dinding sel, kloroplas, lisosom dan sentriol, sel-sel tumbuhan dan hewan memiliki organel yang sama. Mari kita mempelajari lebih lanjut tentang kesamaan ini.

Tabel Persamaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

tabel persamaan sel hewan dan sel tumbuhan

Membran sel

Juga dikenal sebagai membran plasma, membran ini adalah membran membatasi terluar dari sel yang mencakup semua isi sel. Membran ini terbentuk dari protein dan lipid dan bertindak sebagai antarmuka antara organel sel membenamkan dalam sitoplasma di dalam sel dan cairan ekstraselular pada eksterior sel, yang menggenangi semua sel. Ini adalah membran semipermeabel dan memungkinkan lewatnya zat selektif dari eksterior hingga interior sel dan sebaliknya. Selain membran utama ini, sel juga dilengkapi jaringan yang rumit dari membran internal yang menyelimuti organel sel yang berbeda, membentuk beberapa kompartemen membran tertutup dalam sel.

Inti sel

Ciri dari sel eukariotik adalah adanya inti yang terikat membran. Istilah yang sangat 'eukariotik' berarti yang memiliki 'inti sejati'. Tanaman dan sel hewan memiliki inti, yang merupakan badan bulat berisi beberapa organel, nucleolus dan kromosom yang terdiri dari DNA. Inti diselimuti oleh membran nuklir, yang membuat isi inti dari menghilang ke dalam sitoplasma sel. Inti mengontrol berbagai fungsi sel dengan mengendalikan sintesis protein.

Mitokondria

Ini adalah organel sel tertutup oleh membran dan tersebar di dalam sitoplasma sel. Mitokondria memiliki membran luar yang membungkus seluruh struktur dan membran dalam yang membungkus matriks cairan. Membran dalam fitur rak-seperti krista memproyeksikan ke dalam matriks. Hal ini juga memiliki beberapa molekul melingkar 5-10 DNA. Mitokondria adalah sel yang bertanggung jawab untuk produksi energi dalam bentuk ATP. Dengan demikian, mereka juga dikenal sebagai pembangkit tenaga listrik sel. Jumlah mereka bervariasi dari beberapa ratus beberapa ribu dalam sel, tergantung pada seberapa aktif sel adalah. Sel-sel mitokondria dapat meningkatkan jumlah mereka oleh proses fisi dan dapat mengurangi jumlah mereka dengan menggabungkan bersama-sama.

Retikulum endoplasma (RE)

Ini adalah labirin membran yang luas, yang menyumbang setengah dari total membran dalam sel eukariotik. Istilah 'endoplasma' berarti dalam sitoplasma dan 'retikulum' mengacu ke jaringan. Retikulum Endoplasma terdiri dari jaringan kantung bermembran dan tubulus disebut cisternae. Ada dua jenis Retikulum Endoplasma, yaitu - RE kasar dan RE halus. RE kasar adalah retikulum endoplasma yang memiliki tampilan bergelombang karena adanya ribosom yang melekat pada mereka. Kelancaran RE tidak memiliki ribosom mengikuti mereka. RE kasar bertanggung jawab untuk sintesis protein, sedangkan RE halus mensintesis lipid dan bertanggung jawab untuk metabolisme karbohidrat dan detoksifikasi obat dan racun lainnya.

Ribosom

Ribosom berukuran kecil kecil, bulat, non-membran organel terdiri dari asam ribonukleat (RNA). Ribosom terdiri dari 65% RNA ribosom dan protein ribosom 35%. Mereka bertanggung jawab untuk sintesis protein dan situs di mana sel merakit protein sesuai dengan instruksi genetik yang diperoleh. Sel yang memiliki tingkat sintesis protein tinggi menampilkan kehadiran sejumlah besar ribosom. Ribosom ditemukan tersebar di sitoplasma serta berpegang pada bagian terluar dari retikulum endoplasma.

Golgi Apparatus

Golgi aparatus atau badan golgi adalah tumpukan cisternae (kantung rata dari unit membran) yang terutama ditujukan untuk pengolahan protein terbentuk di UGD. Tugas mereka adalah untuk mengubah protein menjadi molekul yang lebih kompleks. Kompleks Golgi juga mengandung sejumlah besar vesikel, yang digunakan untuk mengirim molekul membran sel, di mana ekskresi dilakukan. Aparatus Golgi adalah sebagian besar bertanggung jawab untuk arah lalu lintas molekul dalam sel.

Vakuola

Vakuola itemukan di semua sel tumbuhan dan sel hewan paling, vakuola adalah kantung berisi cairan hadir dalam sitoplasma sel, yang tidak memiliki bentuk yang pasti atau ukuran. Fungsi utama mereka adalah penyimpanan, gas menyimpan, cairan, nutrisi, racun, bahan limbah, dll Vakuola fungsi berbeda dalam sel tumbuhan dan hewan. Mereka melakukan sejumlah besar fungsi yang berbeda langsung dari ekskresi limbah, pencernaan antar-sel, menjaga tekanan turgor, pH sel, dll Pada sel tumbuhan, vakuola besar dan pada tanaman yang sudah dewasa, hanya vakuola tunggal yang besar adalah dilihat. Namun, dalam sel-sel hewan, beberapa vakuola kecil yang hadir. Oleh karena itu, meskipun kedua hewan dan sel tumbuhan memiliki vakuola, mereka memiliki banyak perbedaan.

Selain kesamaan ini, sel-sel tumbuhan dan hewan memiliki beberapa perbedaan. Sebagai contoh, sel-sel tumbuhan termasuk dinding sel yang mengelilingi membran sel, sehingga membuat sel-sel dalam tanaman yang lebih kokoh. Mereka juga mengandung kloroplas yang menangkap cahaya matahari untuk fotosintesis dan vakuola pusat yang besar untuk penyimpanan air. Sel hewan mengandung organel yang disebut sentriol, bertanggung jawab untuk pembelahan sel hewan, yang tidak ditemukan dalam sel tanaman. Selain itu, sel-sel hewan juga memiliki lisosom yang melakukan peran yang sama sebagai vakuola dalam sel tanaman.

Sekian posting Biologi hari ini tentang Persamaan Sel hewan dan Sel Tumbuhan
0 Komentar untuk "Persamaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan"
Back To Top