Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Pentingnya Keanekaragaman Hayati


Pertanyaan 'mengapa keanekaragaman hayati penting?' tidak diragukan lagi pertanyaan itu adalah salah satu yang paling rumit, namun pertanyaan penting yang harus diajukan sejauh keberadaan kehidupan di planet kita yang bersangkutan. Dengan ini menjadi pertimbangan, kami telah mengumpulkan beberapa pertanyaan yang paling penting tentang pentingnya keanekaragaman hayati ...
Keanekaragaman Hayati


Keanekaragaman Hayati

Keanekaragaman hayati adalah konsep yang luas yang meliputi jutaan spesies tanaman dan hewan yang ditemukan di planet ini. Bahkan angka ini, yang melintasi satu juta, adalah angka perkiraan, seperti lingkungan percaya bahwa jumlah sebenarnya jauh lebih dari itu. Bahkan, hutan hujan Amazon di Amerika Selatan saja diyakini rumah satu juta spesies tanaman dan hewan. Semua makhluk hidup di planet ini tergantung pada satu sama lain untuk beberapa atau tingkat lainnya, dan di sanalah pentingnya keanekaragaman hayati datang ke dalam gambar. Mereka yang bertanya mengapa keanekaragaman hayati penting adalah tidak mengetahui tentang fakta ini, atau memilih untuk menutup mata untuk itu. Dalam kedua kasus tersebut, kerugian yang timbul pada planet kita merupakan kerugian bagi kita, dan oleh karena itu, kita perlu mengakui fakta ini dan dimasukkan ke dalam beberapa upaya untuk menyelamatkan keanekaragaman hayati bumi.


Mengapa Keanekaragaman Hayati Penting dalam Ekosistem?


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, semua makhluk hidup di planet ini bergantung satu sama lain untuk bertahan hidup, dan pentingnya keanekaragaman hayati berkisar fakta ini sangat. Ungkapan 'semua makhluk hidup', termasuk setiap organisme yang mendiami planet ini, langsung dari spesies bakteri mikroskopis untuk paus biru besar. Diberikan di bawah ini adalah jawaban atas tiga FAQ tentang perlunya melestarikan biodiversitas di planet kita.

Mengapa Keanekaragaman Hayati Penting untuk Lanjutan Evolution?
Keanekaragaman hayati memiliki peran penting untuk bermain ketika datang ke evolusi spesies. Planet kita telah mengalami lima kepunahan massal karena muncul. Peristiwa ini kepunahan lima cukup untuk menghapus 99 persen dari spesies tanaman dan hewan yang pernah diketahui menghuni Bumi. Yang terakhir ini kepunahan massal terjadi sekitar 65 juta tahun yang lalu, dan mengakibatkan kepunahan dinosaurus. Fakta bahwa 99 persen dari spesies ini telah punah sejak planet muncul menyiratkan bahwa kepunahan spesies dan evolusi adalah kejadian normal yang berulang setiap sekarang dan kemudian. Sebagai sejumlah spesies punah, spesies baru berevolusi. Meskipun tampak sederhana, proses ini memakan waktu jutaan tahun untuk terjadi. J melihat daftar hewan punah dalam 100 tahun terakhir menunjukkan bahwa tingkat di mana kepunahan yang terjadi telah meningkat selama bertahun-tahun. Tingkat evolusi, bagaimanapun, belum beranjak jauh. Jika tingkat di mana spesies semakin meningkat punah sementara tingkat evolusi tetap sama, itu pasti akan mempengaruhi siklus kehidupan di planet ini, dan dengan demikian, lingkungan mempertimbangkan keanekaragaman hayati sebagai faktor penting untuk kelanjutan evolusi.

Mengapa Keanekaragaman Hayati Penting untuk Stabilitas Webs Food?
Jaring makanan tidak stabil bisa mengeja bencana bagi ekosistem. Kepunahan spesies hewan tunggal cenderung untuk menempatkan tekanan besar pada beberapa spesies lain yang bergantung pada itu. Ada beberapa contoh gangguan dalam rantai makanan dipicu akibat kepunahan hewan. Ketika predator puncak rantai makanan (hewan karnivora) menjadi punah, populasi konsumen sekunder (yang adalah herbivora di sebagian besar kasus) cenderung meningkat. Peningkatan jumlah herbivora, pada gilirannya, menempatkan tekanan pada vegetasi, dan kurangnya vegetasi mempengaruhi pola curah hujan, sehingga mengakibatkan penggurunan di wilayah ini. Untuk menghindari implikasi seperti di planet ini, kita perlu memastikan bahwa keseimbangan yang tepat dipertahankan.

Mengapa Keanekaragaman Hayati Penting untuk Manusia?

Selain menjadi spesies yang paling cerdas di planet ini, kami juga spesies yang paling tergantung. Sejak zaman prasejarah, kita telah tergantung pada alam untuk menopang kebutuhan dasar kita. Selama bertahun-tahun, kami memilih untuk mengubah alam untuk menopang kebutuhan kita. Saat melakukan ini, kita sadar dan tidak sadar menyebabkan kerugian besar bagi lingkungan kita. Kami tampaknya sudah lupa bahwa kita bergantung pada alam lebih dari alam tergantung pada kita. Ada beberapa 'seandainya' ketika datang ke pentingnya keanekaragaman hayati bagi kita. Jika bukan karena bakteri pengikat nitrogen, kita akan pernah mampu untuk bercocok tanam! Jika semua predator puncak tewas akibat perburuan yang berlebihan dan perburuan, herbivora akan menghapus sampul hijau di planet ini, dengan demikian, meninggalkan kami tanpa air! Jika semua hutan dihapus, binatang liar akan memiliki pilihan kecuali untuk melanggar batas wilayah kita! Semua 'seandainya' mendidih ke satu hal sederhana - kita menggali kuburan kita sendiri. Kita perlu memahami bahwa namun banyak kita mencoba, alam akan selalu selangkah lebih maju dari kita, dan setiap kali kita mencoba untuk mengubah itu, reaksi akan terasa dalam beberapa atau bentuk lain.

Itu menjawab semua pertanyaan tentang pentingnya keanekaragaman hayati, termasuk pertanyaan yang paling penting - mengapa keanekaragaman hayati penting bagi orang. Kita hanya bisa berharap bahwa setelah melalui semua alasan yang tulus untuk melestarikan keanekaragaman hayati, orang akan memahami keseriusan masalah lingkungan. Kita mungkin tidak menyaksikan implikasi parah dari ancaman terhadap keanekaragaman hayati selama bertahun-tahun, atau bahkan sampai akhir abad ini tapi kami harus menghadapinya suatu hari, dan jika bukan kita, generasi yang akan datang pasti akan. Kerusakan telah dilakukan, dan sekarang kita hanya bisa memperbaikinya. Semakin cepat kita mulai, semakin baik akan, untuk berbagai jenis makhluk hidup di planet ini, termasuk manusia.
Tag : zoologi
0 Komentar untuk "Pentingnya Keanekaragaman Hayati"
Back To Top -->