Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Tentang Kodon Stop


Kodon stop juga dikenal sebagai kodon nonsense atau kodon terminasi. Yap, kali ini mari kita membahas tentang kodon stop, anda belum tau apa itu kodon stop? atau anda sudah tau tapi masih kurang yakin dengan pemahaman anda? Semoga artikel tentang kodon stop dibawah ini dapat membantu anda.
kodon stop

Kodon adalah jenis yang sangat spesifik dari kode genetik. Kodon membawa seperangkat aturan tertentu dengan bantuan yang informasi diproses dan dikodekan untuk membentuk materi genetik. Bahan ini berada di urutan DNA atau mRNA, dari mana ia diterjemahkan ke dalam molekul protein. Molekul protein yang terdiri dari asam amino, yang ditetapkan dalam urutan tertentu. Setiap kali ada perubahan dalam struktur kodon, maka informasi yang disampaikan rusak, menyebabkan pembentukan molekul protein yang rusak. Oleh karena itu, struktur setiap kodon sangat spesifik sehingga dapat membantu melakukan fungsi tertentu. Diberikan di bawah ini adalah rincian mengenai kodon stop, juga dikenal sebagai kodon omong kosong.

Apa yang dimaksud dengan Kodon Stop?

Sebelum kita melanjutkan untuk mengetahui tentang apa yang berhenti atau omong kosong kodon, kita perlu memahami apa kodon. Kodon hanyalah molekul kode genetik yang terdiri dari tiga basis. Dalam molekul DNA, bisa ada kombinasi yang berbeda dari tiga dari empat basa. Keempat basa adalah adenin, sitosin, guanin dan timin. Kodon terdiri dari tiga basis dan kode untuk asam amino tunggal tertentu, yang dikodekan dalam tRNA organisme.

Sebuah kodon stop atau omong kosong kodon adalah sebuah triplet nukleotida dalam RNA yang bertanggung jawab atas penghentian proses penerjemahan. Kebanyakan kodon di messenger RNA sesuai dengan penambahan asam amino tertentu ke rantai protein tumbuh dalam urutan tertentu. Omong kosong kodon sebenarnya mengakhiri proses pembentukan protein, dengan menghentikan masuknya setiap asam amino dalam rantai protein. Dengan demikian, fungsi kodon start adalah kebalikan seperti yang dari kodon stop. Pembentukan rantai asam amino berhenti pada titik ini, dengan demikian, kemungkinan membuat kesalahan selama pembentukan protein turun jauh.

Struktur Kodon Stop

Dalam kode genetik standar, ada tiga jenis kodon stop, yang, TAA (timin - adenin - adenin), TAG (timin - adenin - guanin) dan TGA (timin - guanin - adenine). Ada banyak kepentingan yang melekat pada setiap kodon stop. Ketika kodon ini mengalami transkripsi DNA, mereka berubah menjadi UAA (urasil - adenin - adenin), UAG (urasil - adenin - guanin) dan UGA (urasil - guanin - adenine). Jadi, ini adalah kodon berhenti yang ditemukan dalam molekul RNA.

Posisi stop kodon tidak tetap, sebagai panjang dari molekul protein dan dengan demikian, panjang rantai dan jumlah asam amino yang ditetapkan bervariasi. Dengan demikian, kodon berhenti di DNA dan RNA keduanya dapat ditemukan di berbagai interval dalam panjang rantai. Kodon stop dengan mudah dapat diidentifikasi ketika molekul DNA sequencing dan dengan demikian, dapat digunakan untuk mengidentifikasi lokasi tertentu dalam kode genetik yang secara khusus sesuai dengan jenis tertentu protein.

Hentikan kodon mutasi bukanlah fenomena baru. Mutasi titik bisa terjadi pada setiap lokasi sepanjang DNA, dan karenanya, mereka dapat mempengaruhi kodon omong kosong juga. Kodon dapat ditranskripsi benar atau asam nukleat dalam kodon yang mungkin berubah. Hal ini dapat menyebabkan masalah ketika ribosom mRNA untuk membangun rantai asam amino. Dalam sel, ini dapat menyebabkan mutasi acak yang dapat menyebabkan rusak atau bahkan kematian sel.

Ini adalah semua tentang kodon berhenti atau kodon nonsense. Ini adalah faktor penting dalam memotong pendek proses dan panjang rantai protein. Dengan demikian, mereka membantu mencegah sintesis protein dari terjadi tanpa henti dan dari beres, yang lain dapat menyebabkan konsekuensi yang mengerikan.
Tag : DNA, gen
0 Komentar untuk "Tentang Kodon Stop"
Back To Top -->