Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Persamaan Respirasi Aerobik


Dalam respirasi aerobik, ada pemecahan molekul glukosa menjadi energi. Proses ini berlangsung dengan adanya oksigen dan dapat melihat dalam persamaan respirasi aerobik. Mari kita periksa persamaan yang berhubungan dengan proses ini dan berbagai langkah yang terlibat di dalamnya. Hanya membaca ...

Pernahkah Anda berpikir mengapa oksigen penting bagi tubuh kita? Atau mengapa pernapasan atau respirasi adalah sebuah fungsi penting? Ini mungkin atau mungkin tidak menjadi masalah kepedulian terhadap orang lain, tetapi kehadiran Anda menunjukkan minat Anda atau mungkin silabus Anda harus telah mendarat Anda di halaman ini. Yah apa pun alasannya, hal yang paling penting adalah informasi yang kami miliki dalam artikel kami. Semua organisme bernafas karena mereka membutuhkan energi. Rincian dari molekul glukosa dalam bentuk energi membantu organisme untuk bertahan hidup. Jadi, sangat penting untuk mengetahui apa yang respirasi aerobik? Mari kita mencari tahu tentang respirasi aerobik dan berbagai langkah yang terlibat di dalamnya.


Aerobik Respirasi


Proses mogok dari molekul glukosa untuk melepaskan energi dengan adanya oksigen dikenal sebagai respirasi aerobik. Di sisi lain, respirasi yang terjadi dalam ketiadaan oksigen dikenal sebagai respirasi anaerobik. Energi yang dilepaskan dalam proses ini digunakan oleh organisme untuk pertumbuhan, perbaikan, gerakan, dll Prokariota memiliki organ generasi energi mereka pada membran sel dan pada eukariota, hadir dalam membran dalam mitokondria dari sel.

Persamaan respirasi aerobik seluler menunjukkan reaksi antara molekul glukosa dan oksigen yang menghasilkan pembentukan karbon-dioksida air, dan energi. Energi ini adalah dalam bentuk ATP. Berikut ini adalah persamaan respirasi aerobik dalam kata-kata.

Glukosa + Oksigen → Karbon dioksida + Air + Energi


Jadi, persamaan respirasi aerobik kimia akan menjadi:

C6H12O6 + 6O2 → 6CO2 + 6H2O + Energi (ATP molekul)


Tetapi proses respirasi aerobik tidak semudah seperti yang terlihat. Ini mengambil tiga langkah respirasi aerobik untuk melepaskan energi. Berikut adalah tiga langkah yang menyelesaikan proses respirasi aerobik. Dalam proses glikolisis langkah-langkah berikut terjadi dalam sitoplasma sel sedangkan siklus Krebs dan elektron proses transportasi rantai selesai dalam mitokondria sel.

Glikolisis

Langkah pertama dari respirasi aerobik glikolisis. Hal ini juga dapat terjadi tanpa adanya oksigen dan hadir di hampir semua organisme hidup. Reaksi kimia dalam glikolisis dapat dijelaskan sebagai berikut di mana C3H4O3 adalah asam piruvat.

C6H12O6 + + 2NAD → 2C3H4O3 + + 2NADH 2ATP


Siklus Krebs

Asam piruvat yang terbentuk dalam glikolisis memasuki siklus Krebs dan rusak untuk membentuk molekul ATP. Hal ini juga dikenal sebagai siklus asam sitrat. Produk yang terbentuk dalam siklus Krebs adalah asetal CoA yang membentuk asam sitrat dan selanjutnya membawanya ke pembentukan dua molekul karbon-dioksida. Proses ini berlangsung hanya dalam kehadiran oksigen. Proses dapat dijelaskan oleh persamaan berikut.

Asetil KoA + 3NAD + FAD + ADP + HPO4-2 → 2CO2 + KoA + 3NADH + + + FADH


Elektron Transport Rantai

Ini langkah respirasi aerobik bertanggung jawab atas konversi molekul ADP lebih ke molekul ATP. Protein hadir dalam mitokondria terlibat dalam proses fosforilasi oksidatif yang memecah nutrisi menjadi energi. Reaksi yang berlangsung dalam rantai transpor elektron dapat diringkas sebagai berikut.

2NADH + 2H + + O2 → 2NAD + + 2H2O


Ini adalah langkah-langkah yang terlibat dalam persamaan respirasi aerobik. ATP atau energi yang dilepaskan dalam proses ini dapat bervariasi 36-38 ATP. Jadi, dengan ini Anda dapat memahami bagaimana kita dapat mempertahankan sebagai makhluk hidup. Saya harap informasi ini membantu Anda untuk memahami respirasi aerobik, persamaan dan langkah yang terlibat di dalamnya.
0 Komentar untuk "Persamaan Respirasi Aerobik"
Back To Top -->