Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Persamaan Rumus Kimia untuk Respirasi Sel


Kimia persamaan untuk respirasi seluler merangkum apa yang terjadi dalam proses pernapasan pada tingkat sel. Pada artikel ini, Anda akan menemukan formula yang seimbang respirasi seluler yang merangkum proses respirasi.

Setiap organisme di Bumi membutuhkan energi untuk bertahan hidup. Kehidupan setiap organisme ditopang melalui proses respirasi pada tingkat sel yang menyediakan energi yang dibutuhkan. Proses respirasi membuat setiap sel unit independen yang menciptakan energi sendiri. Proses menurunkan energi cukup kompleks tetapi dapat secara memadai disimpulkan dengan bantuan persamaan kimia untuk respirasi seluler.

Apa itu Respirasi Tingkat Seluler?


Respirasi pada tingkat sel merupakan serangkaian proses metabolisme terhubung yang diarahkan mengkonversi energi biokimia yang tersimpan dalam makanan menjadi ATP (Adenosine Triphosphate) molekul, yang merupakan mata uang energi tubuh. Melalui manipulasi halus, dengan bantuan enzim, energi dalam bentuk molekul ATP berasal dari glukosa. Produksi glukosa pada gilirannya dilakukan oleh tumbuhan melalui proses fotosintesis yang menciptakan glukosa memanfaatkan energi surya. Ini karbohidrat glukosa dan kompleks yang dibuat oleh tanaman yang dikonsumsi oleh hewan lain dan diproses untuk memperoleh energi.

Makanan dalam bentuk karbohidrat dan lemak pertama-tama dipecah menjadi bentuk yang lebih sederhana dari molekul glukosa yang kemudian diproses dalam sel untuk membuat molekul ATP melalui proses panjang yang saya akan meringkas melalui persamaan kimia respirasi, di bagian akhir dari Artikel.

Setiap tindakan dalam tubuh manusia dimungkinkan melalui penggunaan molekul ATP. Itulah sebabnya mereka disebut mata uang energi tubuh. Energi diperoleh melalui konversi ATP menjadi ADP (Adenosin difosfat). Saya pikir ini fakta yang sangat menekankan pentingnya proses respirasi dalam membuat kehidupan menjadi mungkin.

Persamaaan Respirasi selular


Setiap proses metabolisme termasuk respirasi selular adalah kompleks dan merupakan serangkaian reaksi yang terhubung satu sama lain. Hal ini dimungkinkan karena banyak enzim dan reaktan pada tingkat sel yang mengkatalisis dan mengendalikan aliran reaksi. Informasi untuk pelaksanaan reaksi ada dalam cetak biru dari molekul DNA hadir dalam setiap sel. Respirasi merupakan siklus kompleks reaksi terdiri dari siklus yang lebih kecil.

Persamaan kimia respirasi selular dari jenis aerobik. Dengan aerobik, kita berarti bahwa proses terjadi dalam kehadiran oksigen. Berikut persamaan kimia untuk respirasi tanaman, serta respirasi hewan:

C6H12O6 + 6O2 -> 6CO2 + 6H2O + 36 atau 38 ATP molekul

Jadi dua bahan baku utama yang proses respirasi tergantung adalah glukosa (C6H12O6) dan oksigen! Itu sebabnya, kadar glukosa dalam darah perlu dipertahankan atau kita mengalami kelelahan dan kram. Dengan produk karbon dioksida, air dan mata uang energi dalam bentuk molekul ATP. Biarkan saya memberikan gambaran singkat tentang apa semua yang terjadi dalam proses pernapasan pada tingkat yang lebih dalam. Ada tiga langkah penting respirasi aerobik:

Glikolisis

Glikolisis adalah proses menengah dalam respirasi yang menciptakan bahan baku yang mencakup 3 molekul piruvat, 2 NADH (nicotinamide adenine dinucleotide) molekul dan sepasang molekul ATP juga. Produk-produk dari glikolisis selanjutnya diproses dalam tahap akhir respirasi.

Siklus Krebs

Siklus Krebs adalah proses utama respirasi, yang juga dikenal sebagai siklus asam sitrat. Dalam proses ini, molekul piruvat diproses, memproduksi lebih molekul ATP.

Elektron Transport Rantai: Ini adalah proses yang menghasilkan jumlah maksimum molekul ATP.
Keseluruhan proses ini menciptakan 36 atau 38 molekul ATP dari molekul tunggal glukosa! Energi ini adalah sekitar 39% dari energi yang tersimpan dalam molekul glukosa yang berbicara banyak tentang efisiensi dari mekanisme ini. Beberapa molekul ATP yang dihasilkan digunakan untuk menyalakan proses respirasi itu sendiri.
0 Komentar untuk "Persamaan Rumus Kimia untuk Respirasi Sel"
Back To Top -->