Apa itu ATP?

Pengertian ATP

ATP adalah sumber utama energi dalam tubuh kita, tetapi apakah Anda tahu apa fungsi ATP? Temukan jawaban untuk pertanyaan ini dengan rincian tentang fungsi ATP dan produksi dalam artikel ini.

Tubuh kita sepenuhnya tergantung pada energi yang diperoleh dari makanan yang kita makan. Makanan mengalami banyak proses dan kemudian akhirnya melepaskan ATP. 

ATP atau Adenosin Tri-Fosfat adalah unit energi sel

ATP merupakan salah satu sumber energi yang paling penting dan utama tubuh. Hal ini digunakan di hampir semua fungsi dan diproduksi oleh dua proses utama: glikolisis dan siklus asam sitrat (Siklus Krebs). 

Tapi sebelum belajar tentang produksi molekul-molekul Anda harus terlebih dahulu memahami struktur dan komposisi molekul ATP.


Struktur Molekul ATP

Molekul ATP terdiri dari basa purin, gula pentosa dan gugus fosfat. Basis purin, adenin melekat pada atom karbon 1 'dari ribosa, yang merupakan gula pentosa. Ketiga gugus fosfat yang melekat pada gula pentosa pada posisi atom karbon 5 '. Berikut ini adalah struktur molekul ATP dengan konstituennya.

Energi disimpan dalam PPP atau ikatan fosfat yang dilepaskan ketika ikatan rusak dan ATP mengkonversi menjadi ADP melalui proses hidrolisis yang juga dikenal sebagai defosforilasi.

ATP + H2O → ADP + Pi + energi (30,6 KJ / mol)

Dalam reaksi di atas, ADP adalah Adenosin Di-Fosfat dan Pi adalah fosfat anorganik. Reaksi menunjukkan pemecahan ATP dan pelepasan energi. Reaksi ini juga dapat dibalik dan ADP dapat dikonversi menjadi ATP tetapi akan membutuhkan jumlah energi yang sama yang dilepaskan selama proses yaitu 30,6 KJ. 

Proses ini dikenal sebagai kondensasi atau fosforilasi. Hal ini terjadi karena molekul ATP adalah sangat tidak stabil dan akan dihidrolisis segera. Ikatan antara gugus fosfat dalam molekul ATP lebih lemah daripada molekul ADP. Oleh karena itu, kita dapat mengatakan bahwa kehadiran satu kelompok fosfat dapat membuat perbedaan dalam produksi energi dan konsumsi molekul.

Produksi ATP


ATP diproduksi di tingkat respirasi seluler. Hal ini diproduksi dan dikonsumsi dalam respirasi anaerobik serta aerobik. Produksi ATP terdiri dari tiga jalur utama yaitu glikolisis, siklus Krebs atau siklus asam sitrat dan fosforilasi transpor elektron atau oksidasi beta. Siklus asam sitrat glikolisis dan berada di bawah respirasi selular. Mari kita memahami diagram respirasi sel dan tiga jalur secara rinci.


Glikolisis

Glikolisis adalah jalur pertama dari respirasi manusia. Dalam proses ini, satu molekul glukosa diubah menjadi dua molekul piruvat yang digunakan sebagai komponen utama dalam jalur berikutnya. Dalam prosesnya, 2 molekul ATP yang dirilis yang dianggap sebagai molekul yang berat karena mereka memiliki banyak energi. Energi ini disimpan dan digunakan oleh tubuh kemudian.

Siklus Krebs atau Siklus Asam Sitrat

Setelah glikolisis, jalur selanjutnya adalah siklus Krebs atau siklus asam sitrat. Dua molekul piruvat yang dihasilkan dalam glikolisis tersebut teroksidasi dalam proses yang melepaskan CO2. Molekul-molekul ATP yang dirilis dalam bentuk produk samping dan diserap oleh mitokondria yang kemudian pasokan energi untuk melakukan tugas yang berbeda. Proses ini juga menghasilkan 2ATP molekul.

Elektron Transport Fosforilasi

Elektron dilakukan melalui NADH yang dihasilkan oleh glikolisis dan siklus asam sitrat, dan FADH2 dihasilkan oleh siklus asam sitrat yang diambil untuk fosforilasi transpor elektron. Dalam proses ini 32 molekul ATP.

Oleh karena itu jumlah ATP yang dihasilkan dalam respirasi aerobik dalam 2 + 2 + 32 = 36.


Molekul ATP digunakan untuk berbagai tujuan. Jadi untuk semua orang yang bertanya-tanya mengapa ATP merupakan molekul penting dalam metabolisme, jawabannya adalah bahwa ATP memegang banyak energi yang digunakan dalam proses metabolisme banyak. ATP adalah bagian penting dari fotosintesis dan proses sintesis protein. Hal ini juga digunakan dalam kontraksi otot dan sangat membantu dalam transportasi molekul melalui membran. Proses ini juga dikenal sebagai transpor aktif. Mereka juga digunakan dalam mengirimkan sinyal dan dalam proses sintesis DNA.

Demikian pembahasan tentang ATP yang bisa kami sampaikain. 

Kami berharap informasi tentang ATP ini akan membantu Anda untuk memahami materi biologi tentang metabolisme (anabolisme dan katabolisme).
Posting Komentar

AdBlock Detected!

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.


Suka Blog ini? Please disable your Adblocker to access this site! Thanks. Harap nonaktifkan Adblocker Anda untuk mengakses situs ini! Terimakasih.

This is Biologi Sel this blog in your ad blocker.

Thank you!

×