Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Fermentasi Asam Laktat


Fermentasi asam laktat adalah proses selular yang umum terjadi di banyak bakteri, ragi dan sel-sel otot manusia. Mari kita lihat bagaimana produksi asam laktat membantu memberikan energi dengan pergi melalui artikel ini.

Untuk mulai dengan, fermentasi merupakan energi alternatif menghasilkan proses respirasi disukai oleh organisme yang fakultatif anaerob obligat atau. Kita tahu bahwa respirasi adalah energi umum menghasilkan proses di semua organisme, prasyarat menjadi kehadiran oksigen dan karenanya disebut sebagai respirasi sel aerobik. Namun, fermentasi terjadi sekali dalam ketiadaan oksigen dan energi hasil dari oksidasi senyawa organik terutama gula. Aspek lain kita menyadari bahwa fermentasi umumnya dilakukan oleh sel-sel ragi atau beberapa bakteri untuk memproduksi beberapa jenis produk susu seperti keju, yoghurt, dan minuman beralkohol seperti anggur, brendi, alkohol, rum dll Jadi mari kita masuk ke rincian proses ini untuk pemahaman yang lebih.


Fermentasi dalam organisme terutama dari tiga jenis. Sangat umum itu diklasifikasikan dalam 2 kategori, fermentasi asam laktat dan alkohol. Fermentasi alkohol terjadi ketika piruvat oleh-produk dikonversi menjadi etanol dan karbon dioksida. Di sisi lain, dalam fermentasi asam laktat, piruvat dikonversi menjadi asam laktat.

Respirasi Aerobik

Pertama, kita harus memahami langkah-langkah respirasi aerobik karena fermentasi adalah jenis respirasi anaerobik. Pada hewan aerobik, respirasi melibatkan 2 jalur, satu gylcolysis dan lainnya, siklus asam sitrat. Siklus ini melibatkan produksi energi dalam bentuk ATP (Adenosine Triphosphate) dengan memecah gula terutama glukosa (glukosa adalah bentuk sederhana dari gula).

Glikolisis adalah proses yang melibatkan serangkaian reaksi redoks untuk mengubah glukosa menjadi asam piruvat atau piruvat, salah satu produk dari glikolisis (produk akhir). Asam piruvat memasuki siklus Krebs dan menghasilkan energi dengan bantuan molekul NADH (faktor co yang membantu menghasilkan energi). Produksi energi benar-benar terjadi pada partikel F1 terletak di krista NADH dimana mitokondria adalah alternatif teroksidasi dan berkurang dengan pelepasan ion H + / proton yang membentuk gradien / fluks untuk menghasilkan ATP. Elektron yang dihasilkan diterima oleh oksigen dan air yang dihasilkan sebagai produk sampingan.

Fermentasi adalah 2 langkah proses, glikolisis anaerobik pertama adalah, sampai pembentukan piruvat. The jalur kemudian berubah karena substrat dan akseptor yang tersedia dan kondisi lingkungan yang berlaku. Fermentasi asam laktat pada umumnya dilakukan oleh bakteri anaerob dan ragi.

Fermentasi Homolaktat

Pada tipe ini, glukosa diubah menjadi piruvat yang selanjutnya menghasilkan 2 molekul asam laktat dengan bantuan enzim dehidrogenase laktat.

C6H12O6 → 2 CH3CHOHCOOH

Fermentasi Heterofermentatif 

Fermentasi ini melibatkan penggunaan piruvat untuk menghasilkan asam laktat, etanol dan karbon dioksida sebagai oleh-produk di bawah bantuan enzim dehidrogenase laktat dan piruvat dekarboksilase.

C6H12O6 → C2H5OH + + CH3CHOHCOOH CO2

Fermentasi Asam laktat pada Manusia

Manusia biasanya bertahan pada respirasi selular. Meskipun banyak kali fermentasi asam laktat merupakan jalur alternatif untuk menghasilkan energi dalam kondisi oksigen rendah terutama karena berat tegang atau berolahraga ekstrim. Otot-otot mendapatkan kekurangan oksigen menyebabkan sel-sel untuk melakukan jalur asam laktat untuk kebutuhan energi lebih cepat. Hasilnya adalah produksi asam laktat di daerah ini menyebabkan kekakuan atau kram. Ketidaknyamanan tetap hanya untuk beberapa hari atau jam akhirnya menghilang setelah beberapa saat.

Fermentasi asam laktat memiliki aplikasi yang luas dalam industri makanan dan minuman.
Produksi asam laktat umumnya dilakukan oleh bakteri asam laktat (Lactobacillus SPPS.) Untuk produksi keju, yoghurt, roti sauerkraut, dan kefir yang menanamkan rasa asam khas makanan ini terutama disebabkan oleh produksi asam laktat.

Semua industri minuman di sekitar menggunakan mekanisme asam laktat fermentasi untuk menghasilkan anggur, alkohol, bir, brendi dan minuman lainnya.

Menurut penelitian, produk asam laktat yang tinggi vitamin dan nutrisi penting bertentangan dengan bagian normal mereka counter dan dengan demikian sehat untuk dikonsumsi.
Saya harap artikel ini pada fermentasi asam laktat membantu Anda mendapatkan inti dari proses energi menghasilkan.
0 Komentar untuk "Fermentasi Asam Laktat"
Back To Top