Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Struktur Virus


Struktur Virus. Virus mungkin merupakan organisme mikro yang paling ditakuti yang pernah! Mari kita lihat struktur virus untuk mengetahui musuh kita lebih baik!

Kita semua tahu bagaimana beberapa infeksi mengerikan dan penyakit yang disebabkan oleh virus. Tapi, apa sebenarnya adalah virus? Apakah itu suatu bentuk kehidupan sama sekali atau hanya struktur organik yang berinteraksi dengan sel-sel hidup? Apakah virus adalah suatu bentuk kehidupan yang layak atau organisme adalah topik dari banyak perdebatan. Ada beberapa alasan di balik pendapat bertentangan tersebut. Meskipun virus memiliki gen dan mengalami evolusi melalui seleksi alam, mereka tidak berkembang biak dengan pembelahan sel karena mereka tidak memiliki struktur seluler. 

Sebaliknya, mereka berkembang biak dengan mereplikasi melalui media perakitan diri. Juga, virus tidak memiliki kemampuan untuk memetabolisme dan mereka harus bergantung pada beberapa organisme inang untuk memenuhi kebutuhan metabolisme dan menghasilkan energi dan enzim untuk memelihara mereka. Karena alasan-alasan yang sangat, mikrobiologi memilih untuk mengkategorikan virus sebagai "organisme di tepi kehidupan" daripada mengkategorikan mereka di bawah kompartemen kedap udara organisme dan non organisme. Karena kekhasan dasar, struktur dan dimensi virus membuat sebuah studi yang menarik. Selain itu, seperti pepatah kuno pergi, tahu teman-teman Anda dengan baik tapi tahu musuh Anda lebih baik! Waktu untuk mengetahui struktur virus khas!

Struktur Dasar Virus

Virus datang dalam berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda dan cara yang lebih kecil dari bakteri. Memang, kebanyakan virus tidak dapat dilihat di bawah mikroskop yang sama yang digunakan untuk melihat bakteri - mereka hanya bisa dilihat di bawah mikroskop elektron scanning atau! Ukuran Mayoritas virus berkisar antara 10-300 nanometer. Struktur sel virus, yang dikenal sebagai virion (seperti dibahas di atas, virus tidak memiliki struktur selular) yang cukup menarik untuk dikaji. Sebuah virion tunggal terdiri dari lapisan luar protein, yang disebut kapsid, melampirkan asam nukleat di dalamnya. 

Capsids terdiri dari capsomers, yang merupakan subunit identik protein. The virus kapsid terbentuk ketika subunit protein virally dikodekan diri merakit. Ketika protein kapsid dan asam nukleat menggabungkan, nukleokapsid terbentuk. Protein kapsid dikodekan oleh genom virus yang khas untuk virus tertentu dan itu adalah bentuk genom ini yang menentukan karakteristik morfologi masing-masing virus. Virus juga mengandung lipid yang mereka berasal dari membran sel inang. Berdasarkan struktur genom mereka, terdapat empat jenis luas morfologi virus. Mereka adalah:

Virus heliks

Virus ini terlihat seperti heliks karena struktur khas mereka dari hanya satu jenis capsomer yang ditumpuk di sekitar poros tengah seperti struktur. Pengaturan virus heliks ini biasanya berbentuk batang atau filamen, menjadi baik pendek dan sangat kaku atau panjang dan lentur. Bahan genetik biasanya tunggal RNA terdampar di kebanyakan kasus, meskipun terjadinya DNA beruntai tunggal juga telah disaksikan dalam beberapa kasus seperti parvovirus pada manusia. Materi genetik ini terjerat dengan protein karena interaksi asam nukleat yang bermuatan negatif dan protein bermuatan positif. Panjang dari asam nukleat menentukan panjang heliks kapsid dan diameter tergantung pada pengaturan dan dimensi capsomers. Sebuah contoh yang menonjol dari virus heliks adalah virus mosaik tembakau.

Virus Amplop

Beberapa spesies virus melampirkan diri baik di luar atau bagian dalam membran sel sel inang terinfeksi. Hal ini memungkinkan untuk menurunkan suatu lapisan luar lipid yang dikenal sebagai amplop virus. Amplop ini berisi banyak protein yang disandikan oleh keduanya, genom virus serta genom inang. Selain protein kode tersebut, menyelimuti juga mengandung lipid sel inang dan setiap karbohidrat yang berasal dari tuan rumah. Sebagian besar spesies virus amplop harus mengandalkan amplop untuk dapat menginfeksi host. Contoh menonjol adalah influenza dan virus human immunodeficiency (HIV).

Virus ikosahedral

Virus ini hampir berbentuk bulat dan menunjukkan simetri ikosahedral dalam pengaturan mereka. Sejumlah minimal dua belas capsomers diperlukan untuk membentuk bentuk shell tertutup, dengan masing-masing berisi lima capsomer subunit identik. Para capsomers di lokasi puncak yang dikelilingi oleh lima capsomers lebih, secara kolektif dikenal sebagai pentons. Capsomers yang terjadi pada permukaan segitiga mendapatkan dikelilingi oleh sekelompok enam capsomers dikenal sebagai hexons. Sebuah contoh yang menonjol dari struktur virus ini jika HPV.

Virus kompleks

Struktur virus kompleks, baik, kompleks! Capsomers mereka tidak benar-benar heliks atau ikosahedral dan virus kompleks seperti mungkin berisi pelengkap tambahan dan struktur, seperti ekor protein, permukaan eksterior yang kompleks, dll contoh Tokoh virus kompleks adalah virus cacar.

Struktur genom dan berbagai virus beberapa dan tidak biasa. Memang, ada keanekaragaman genom lebih struktural dalam kelompok virus organisme (atau apa pun) dari tanaman! Cara khas di mana virus bereplikasi adalah dengan terlebih dahulu melampirkan ke sel inang, menembus sel inang, melepaskan virus asam nukleat genom dalam sel inang dan mereplikasi dengan sintesis RNA virus, dan perakitan dan sintesis protein virus.

Itu sekilas struktur virus. Meskipun makhluk nanoscopic / partikel, virus yang dikenal untuk memainkan malapetaka terbesar dengan bentuk kehidupan lain, termasuk bakteri! Ya, bahkan bakteri jatuh korban partikel pembunuh. Alasan terbesar untuk ini, virus selalu dan pada dasarnya membutuhkan sel inang hidup untuk bertahan hidup dan bereplikasi. Tanpa sel inang, virus tidak dapat melakukan fungsi-fungsi vital seperti metabolisme. Oleh karena itu, parasit ini selalu di lookout untuk hidup sel inang untuk masuk dan menginfeksi. Juga, beberapa virus juga mampu menggabungkan genom virus mereka dengan kromosom inang. Itu berarti, setiap kali sel inang membagi, genom virus akan direplikasi!

Demikian postingan hari ini mengenai struktur virus
Tag : virus
0 Komentar untuk "Struktur Virus"
Back To Top -->