Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Jenis Virus Manusia


Ada berbagai jenis virus manusia yang menyebabkan infeksi dan bahkan kanker. Mari kita lihat beberapa jenis umum dari virus manusia yang dapat mengakibatkan komplikasi yang parah pada beberapa orang.

Virus adalah organisme terkecil yang dikenal sebagai parasit obligat intraseluler. Mereka begitu kecil bahwa mereka dapat menyerang dan menginfeksi bahkan sel-sel bakteri mikroskopis. Virus ini menyerang bakteri disebut bakteriofag. Diperkirakan tidak ada sel-sel hidup di dunia yang tidak dapat terinfeksi dengan satu atau lebih jenis virus. Ada berbagai jenis virus yang menyerang sel-sel tumbuhan, sel hewan serta sel-sel manusia. Di sini, kita akan belajar lebih banyak tentang berbagai jenis virus manusia yang menyerang tubuh manusia dan menyebabkan penyakit.

Karakteristik Virus


Ketika virus hadir di luar sel hidup, itu ada dalam bentuk virion. Ini virion sekecil 30 nm diameter atau sama besar dengan 230 nm. Virion ini terdiri dari kulit terluar, yang disebut kapsid protein. Kapsid ini sangat penting dalam melindungi inti dan memutuskan mana sel virion harus dapat melampirkan. Inti terdiri dari genom virus. Genom ini dapat menjadi DNA atau molekul RNA. Setelah virion menempel pada sel inang, DNA atau RNA memulai sintesis protein yang membantu dalam mereplikasi genom serta sintesis protein baru yang akan membentuk inti serta kapsid.

Jenis umum dari Virus Manusia


Seperti yang telah kita lihat di atas, virus baik memiliki DNA atau RNA sebagai materi genetik mereka. Dengan demikian, virus dibagi berdasarkan materi genetik mereka, yaitu virus DNA dan virus RNA. Virus DNA dibagi lagi menjadi DNA beruntai ganda virus molekul (dsDNA). Untuk contoh, virus cacar adalah virus dsDNA. Orang lain yang memiliki molekul DNA beruntai tunggal disebut virus DNA beruntai tunggal molekul (ssDNA). The Adeno-Associated Virus (AAV) adalah jenis virus DNA.

Virus RNA juga dibagi menjadi kelompok-kelompok lebih lanjut seperti terdampar virus antisense RNA tunggal, juga disebut negatif virus RNA beruntai. Ini termasuk virus Ebola. Kelompok kedua virus RNA termasuk mereka dengan satu rasa RNA beruntai juga disebut RNA beruntai positif. Sebagai contoh, virus polio. Mereka virus dengan banyak potongan ganda virus RNA beruntai seperti reovirus membentuk kelompok ketiga virus RNA. Dan terakhir, adalah mereka retrovirus RNA virus yang memiliki molekul RNA beruntai tunggal yang disalin oleh reverse transcriptase menjadi genom DNA sekali di dalam sel inang. Misalnya, ditakuti HIV. Berdasarkan kelompok virus, mari kita lihat pada daftar virus manusia.

Virus DNA

DNA virus yang menyerang sel-sel manusia adalah sebagai berikut:

Virus menggandakan DNA Stranded
Adenovirus: Virus ini umumnya menyebabkan penyakit pernapasan, tetapi juga dapat menyebabkan konjungtivitis, cystitis, gastroenteritis dan ruam.
Cacar: The cacar virus menyebabkan penyakit yang disebut variola vera yang mengakibatkan letusan ruam makulopapular dan lecet diisi cairan.
Vaccinia: Virus ini digunakan untuk imunisasi terhadap cacar sampai penyakit itu dihilangkan sama sekali
Varicella-zoster: Virus ini menyebabkan cacar air ketika menyerang tubuh untuk pertama kalinya. Ketika diaktifkan, itu mengarah ke infeksi herpes zoster
Hepatitis B: Penyebab hepatitis
Virus herpes: Ini termasuk kelompok virus berikut:
* HSV-1: Menyebabkan luka dingin di bibir dan mulut.
* HSV-2: Penyebab herpes genital
* KSHV: Juga disebut virus herpes manusia 8 (HHV-8), menyebabkan sarkoma Kaposi pada pasien AIDS dan orang dengan sistem kekebalan tubuh.
* Cytomegalovirus manusia (HCMV): menginfeksi sebagian besar populasi, tetapi dapat menyebabkan kebutaan dan bahkan kematian pada orang dengan sistem kekebalan tubuh.
* Virus Epstein-Barr (EBV): menyebabkan mononucleosis dan dapat menyebabkan limfoma Burkitt dan penyakit Hodgkin.

Virus RNA

RNA virus yang dapat menyebabkan infeksi pada manusia adalah sebagai berikut:

Negatif Virus RNA Stranded
Ebolavirus (EBOV): Virus ini menyebabkan virus demam berdarah.
Virus Influenza: Virus ini menyebabkan penyakit menular disebut flu yang mengarah ke menggigil parah, demam, sakit tenggorokan, sakit kepala dan ketidaknyamanan umum.
Morbillivirus: Virus ini menyebabkan infeksi pada sistem pernapasan yang disebut campak.
Mumps virus
Virus Rabies: Virus ini menyebabkan penyakit yang fatal pada hewan maupun manusia.
Virus RSV (RSV): Infeksi oleh virus ini menyebabkan infeksi saluran pernapasan bawah.
Parainfluenza virus (PIV): Menghasilkan infeksi saluran pernapasan bawah.
Metapneumovirus Manusia: Penyebab infeksi mirip dengan RSV, tetapi ditemukan infeksi lebih parah.
Positif virus RNA Stranded
Coronaviruses: Ini termasuk virus yang menyebabkan Sindrom Pernapasan Akut Parah (SARS)
Virus demam berdarah: Penularannya melalui gigitan nyamuk dan dapat menyebabkan mengancam jiwa demam berdarah dengue.
Hepatitis A dan virus hepatitis C: Virus ini menyebabkan penyakit infeksi akut pada hati.
Noroviruses: Virus yang menyebabkan infeksi saluran pencernaan terutama pada orang yang tinggal dalam jarak dekat seperti kapal.
Rhinoviruses: Kelompok ini mencakup 99 strain virus yang dapat menyebabkan infeksi flu biasa
Virus Rubella: Virus ini menyebabkan campak Jerman.

Virus West Nile

Virus demam kuning: Ini juga merupakan virus yang ditularkan nyamuk yang menyebabkan penyakit hemoragik virus akut.
Retrovirus
HIV-1 dan HIV-2 virus: Ini adalah virus human immunodeficiency yang mengarah HIV / AIDS pada manusia.
HTLV-1 dan HTLV-2: manusia T-lymphotropic sel virus tipe 1 (HTLV-1) infeksi menyebabkan leukemia pada sekitar 3% pasien.

Ini adalah jenis virus manusia yang menyerang sel-sel manusia dan menyebabkan infeksi. Beberapa jenis virus termasuk virus yang menyebabkan infeksi litik seperti virus Epstein-Barr (EBV) yang mengarah ke mononucleosis. Infeksi laten virus Epstein-Barr menempatkan pasien pada risiko limfoma. Harap Anda telah belajar sedikit tentang virus yang dapat menyebabkan serius serta infeksi fatal pada manusia.
Tag : virus
0 Komentar untuk "Jenis Virus Manusia"
Back To Top