Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Laporan Praktikum Biologi


Laporan Praktikum Biologi adalah bagian dari kegiatan praktikum yang paling saya tidak sukai, kenapa? Kareana kita harus menulis berlembar-lembar kertas yang berisi hasil praktikum kita, masih mending jika kita diperbolehkan menulis laporan dengan menggunakan komputer terkadang kita diwajibkan menulis laporan dengan tulis tangan diatas kertas folio.

laboratorium biologi


Walaupun saya tidak suka terhapat laporan praktikum Biologi, saya tetap harus mengerjakannya karena membuat laporan praktikum adalah wajib dan berpengaruh terhadap nilai kita. Berikut adalah tips-tips yang akan saya bagikan kepada anda tentang laporan praktikum:

Kerjangan Secepat Mungkin

Yap, agar laporan praktikum biologi anda memuaskan hasilnya maka sebaiknya anda mengerjakan laporan tersebut secepat mungkin setelah praktikum selesai. Misalkan ketika praktikum selesai anda pulang dan setelah sampai di rumah anda langsung mengerjakan laporan praktikum tersebut. Mengapa begitu? Karena jika diundur-undur maka kita akan lupa, sedangkan jika belum lama maka ingatan kita tentang praktiku yang telah kita lakukan masih hangat.

Selain hal itu menunda suatu pekerjaan bukanlah hal yang baik, ketika kita menunda suatu pekerjaan maka hal itu hanya akan membuat kita ingin menundanya terus-terus. Lama-kelamaan karena terlalu sering menunda pekerjaan maka menunda akan melekat pada diri kita menjadi suatu kebiasaan atau bahkan menjadi budaya. Ayo kerjakan sekarang J

Berdiskusi Dengan Teman Kelompok

Biasanya laporan praktikum memang ditulis secara individu, namun karena fasilitas laboratorium yang terbatas maka kita dikelomopokan kedalam beberapa kelompok. Setiap kelompok biasanya mengerjakan suatu kegiatan, hal ini menyebabkan hasil dari kegiatan setiap kelompok tidak selalu berbeda. Namun pada kelompok yang sama tentu hasilnya akan sama juga.

Oleh karena itu alangkah lebih baik jika kita berdiskusi terlebih dahulu sebelumi mengerjakan praktikum, atau lebih baik lagi jika kita mengerjakan laporan praktikum bersama-sama kelompok kita. Tapi ingat yang boleh sama hanya hasil praktikum saja, bagian-bagian lainnya kerjakan sendiri-sendiri yah hehe

Jangan sungkan berteanya kepada asisten laboratorium

Biasanya ketika kita praktikum di laboratorium maka kita didampingi oleh asisten laboratorium, mereka lah yang member tahu kita cara-cara mengerjakan praktikum yang benar dan aman.

Terkadang kita kebingungan tentang laporan yang akan kita tulis, baik itu formatnya atau isi dari laporan tersebut. Sebelum bertanya kepada para asisten laboratorium mengenai laporan praktikum biologi maka sebaiknya anda bertanya terlebih dahulu kepada teman-teman anda. Namun, jika jawaban dari teman-teman anda masih meragukan maka tidak ada salahnya bertanya kepada asisten laboratorium atau kepada guru yang mendampingi anda ketika praktikum biologi.

Siapkan referensi sebanyak mungkin

Agar anda tidak bingung ketika mengerjakan laporan praktikum maka sebelum mengerjakan laporan sebaiknya anda mempersiapkan referensi sebanyak mungkin mengenai materi praktikum yang telah anda lakukan. Anda dapat pergi ke perpustakaan untuk meminjam buku yang berkaitan atau menggunakan internet untuk mencari referensi tersebut.

Referensi ini sangat penting untuk mendukung hasil praktikum yanig anda lakukan. Dari referensi ini juga anda akan mengetahu apakah hasil praktikum anda berhasil atau gagal. Jadi, carilah referensi sebanyak mungkin untuk memudahkan anda mengerjakan laporan praktikum biologi. Oya, referensinya harus falid yah.


Demikian artikel tentang laporan praktikum biologi untuk hari ini.
0 Komentar untuk "Laporan Praktikum Biologi"
Back To Top