Bahan-bahan Praktikum Biologi


Sebelum melakukan praktikum biologi biasanya kita disuruh untuk mencari bahan-bahannya terlebih dahulu, misalnya ketika kita akan melaksanakan praktikum biologi tentang alga maka kita diharuskan untuk membawa bahan-bahan praktikum seperti air sawah dan air laut.
bahan praktikum biologi

Bahan-bahan yang dugunakan pada praktikum biologi sangat bermacam-macam, mulai dari hewan, tumbuhan, jamur dan organism lainnya. Karena biolgoi adalah ilmu mengenai mahluk hidup maka wajar saja jika bahan-bahan praktikum biologi biasanya berupa mahluk hidup.

Tips mencari bahan-bahan Praktikum Biologi

Terkadang kita kesulitan untuk mencari bahan praktikum biologi. Misalnya ketika saya dulu diharuskan membawa lalat buah utnuk praktikum mengenai hereditas maka saya pun pergi ke pasar buah yang jaraknya lumayan jauh dari rumah saya, disana saya mendapatkan banyak lalat. Sayangnya ternyata lalat yang sudah susah payah saya tangkap tersebut bukanlah lalat buah tetapi lalat hijau yang sering berkumpul ditempat-temppat kumuh.

Akhirnya perjuangan saya mencari lalat buah buah pun hanyalah sia-siap belaka

Setelah itu saya bertemu dengan kakak tingkat dan bertanya tentang cara mendapatkan lalat buah yang dia lakukan tahun kemarin. Dari situ saya tahu bahwa lalat buah biasanya ada pada makanan-makan yang sudah mulai membusuk dan kakak tingkat saya tersebut mendapatkan lalat buah dari pohon buah yang ada didepan rumahnya, caranya yaitu buah yang sudah jatuh dipotong kecil-kecil dan dimasukan kedalam toples setelah lalat buah masuk dan berkumpul didalam toples maka toples tersebut ditutup.

Jadi tips pertama untuk mencari bahan-bahan praktikum biologi adalah dengan bertanya terlebih dahulu kepada orang yang lebih berpengalaman atau setidaknya orang yang pernah melakukan praktikum tersebut sebelumnya.

Tips yang kedua adalah carilah bersama-sama teman kelompok anda, kenapa? Karena ketika kita mencari sendiri terkadang kita merasa susah dan membutuhkan bantuan orang lain, selain itu mencari bahan-bahan praktikum sendirian juga membuat anda keliru. Yap, terkadang kita salah membawa bahan praktikum.

Tips ketiga, jika kelompok anda tidak berhasil menemukan bahan praktikum maka jangan sungkan untuk bertanya kepada kelompok lain, dengan begitu jika mereka sudah mendapatkannya maka anda dapat mengetahui cara untuk mendapatkannya juga. Lalu bagaimana jika kelompok lain juga tidak ada yang mendapatkan bahan praktikum tersebut? Hal ini akan kita bahas pada tips selanjutnya

Tips terakhir adalah adalah jika memang bahan yang anda cari sukar untuk mendapatkannya maka anda bisa meminta dispensasi kepada asisten laboratorium atau guru yang biasanya mendampingi anda saat praktikum. Jangan lupa berikan argument yang kuat beserta bukti-bukti bahwa anda telah berusaha keras untuk mencari bahan-bahan praktikum tersebut.

Baiklah sekian untuk posting kali ini mengenai bahan-bahan praktikum biologi, semioga bermanfaat.

0 comments: