Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Penggunaan Sidik jari DNA


Penggunaan Sidik jari DNA
Artikel berikut akan memberikan beberapa informasi tentang penggunaan sidik jari DNA. Hal ini juga menjelaskan beberapa aspek.

Ada beberapa hal di dunia yang setiap manusia benar-benar dapat memanggil sendiri. Mereka adalah wajah, struktur tubuh, sidik jari dan tentu saja DNA-nya. Seperti sidik jari, DNA dapat digunakan untuk mengidentifikasi seseorang? Jawabannya adalah afirmatif. Sidik jari DNA adalah cara yang paling akurat untuk mengidentifikasi siapa pun. Jadi, apa penggunaan sidik jari DNA selain identifikasi? Mari kita menjelajahi ...


Sidik jari DNA


Sidik jari DNA adalah proses dimana ilmuwan forensik mengidentifikasi subjek dengan menggunakan DNA-nya. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan air liur, sampel darah, untai rambut atau apapun yang memiliki DNA di dalamnya.

Sir Alec Jeffreys adalah orang pertama yang secara komprehensif penelitian di sekuensing DNA. Banyak penelitian DNA telah dilakukan di bidang rekayasa genetika manusia sejak saat itu. Sambil melakukan sidik jari DNA, langkah pertama akan mengumpulkan sampel DNA untuk subjek. Ini bisa apa saja dari cairan tubuh ke rambut subjek. Ini adalah pengetahuan umum bahwa urutan DNA berada dalam bentuk untaian helix dipasangkan. Sekarang ini untaian dipisahkan menggunakan berbagai teknik. Ada metode seperti aplikasi elektroforesis gel, yang memanfaatkan sifat bermuatan urutan DNA, untuk pemisahan mereka. Setelah ini urutan DNA dipisahkan, gambar mereka diambil untuk analisa lebih lanjut. Hal ini dilakukan agar dengan menggunakan teknik seperti chemiluminescence atau aplikasi enzim radio, yang akan menempel pada untai DNA dipisahkan. Jika gambar dari proses ini sangat tidak jelas maka proses diulang beberapa kali sampai gambar yang jelas diperoleh.

Penggunaan Penggunaan Sidik jari DNA


Identifikasi individu

Penggunaan yang paling menonjol dari sidik jari DNA adalah identifikasi pribadi. DNA sidik jari secara komprehensif dan akurat mengakui DNA dari seseorang daripada teknik lain yang tersedia. Identifikasi pribadi telah menjadi anugerah di berbagai bidang, yaitu penyidikan kejahatan dan forensik.

Memerangi Penipuan

Tanpa bukti, setiap jenis penipuan tidak dapat dikatakan sebagai benar-benar ditemukan. Untuk itu, sambil mengungkap segala jenis penipuan identifikasi terkait, sidik jari DNA berada di garis depan. Jika ada aspek dari penipuan melibatkan identifikasi DNA, maka sidik jari DNA menyediakan bukti tak terbantahkan.

Mengungkap Warisan Penyakit

Sebagai pencetakan DNA yang terlibat dalam analisis genetika manusia dalam beberapa cara atau yang lain, banyak kali kelainan genetik inhered yang terungkap. Subjek, yang DNA sedang dianalisis, maka akan dapat memprediksi apakah nya atau keturunan nya akan memiliki penyakit yang sama dia. Subjek juga akan tahu beberapa alasan untuk penyakit dalam keluarganya.

Pemetaan Genography

Seperti geografi pemetaan daerah, ada semacam konsep yang dikenal sebagai Genography pemetaan. Sejak zaman prasejarah, manusia telah memindahkan dari satu tempat ke tempat lain meninggalkan jejak genetik yang berbeda. Sidik jari DNA digunakan oleh nasional geografis masyarakat, untuk mengetahui pola migrasi tersebut. Ada penanda genetik tertentu yang diwariskan dari generasi ke generasi tanpa perubahan apapun. Dengan mengamati pola migrasi tanda tersebut, kita dapat menyimpulkan pola migrasi manusia sejak saat mereka meninggalkan Afrika.

Penggunaan lainnya yang menarik


The Shoah Proyek

Proyek ini bertujuan untuk membangun database genetik dari korban holocaust. Alasan utama di balik penciptaan proyek ini adalah untuk menyatukan kembali keluarga-keluarga yang menderita dan terpisah selama holocaust. Proyek ini juga membantu untuk mengidentifikasi sisa-sisa dari orang-orang yang tetap dimakamkan di seluruh Eropa.

Pembunuhan dari Tzar terakhir Rusia

The Tzar Nicholas Romanov yang keluarganya telah memerintah Rusia keseluruhan selama berabad-abad dibunuh oleh Bolshevik setelah revolusi Rusia 1917. DNA sidik jari digunakan untuk mengidentifikasi sisa-sisa Romanov Nicholas dan keluarganya.

The Remains of tanggal 11 September

Sidik jari DNA jelas digunakan untuk mengidentifikasi sisa-sisa dari 9/11. Lembaga nasional hakim dengan cepat membentuk sebuah tim yang akan mengembangkan proses untuk mengidentifikasi para korban 11 September. Tim ini sangat berperan dalam mengidentifikasi lebih dari 20.000 jenazah korban.

Saya berharap bahwa artikel di atas mengenai penggunaan sidik jari DNA telah tercerahkan Anda. Ini adalah disiplin forensik yang telah merevolusi pembunuhan pemecahan kemampuan detektif modern.
Tag : DNA
0 Komentar untuk "Penggunaan Sidik jari DNA"
Back To Top -->