Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Jenis Mikroskop dan Penggunaannya



mikroskop
Untuk para calon ahli mikrobiologi, sangat penting untuk memahami jenis mikroskop dan menggunakan mereka. Artikel berikut ini akan membahas beberapa informasi yang berhubungan dengan jenis mikroskop dan menggunakan mereka yang membantu seseorang melihat spesimen yang tidak terlihat oleh mata telanjang.

Senjata untuk mikrobiologi adalah mikroskop nya. Tanpa mikroskop, mikrobiologi, peneliti klinis, ilmuwan, dll hilang. Mikroskop merupakan bagian penting dari sebuah laboratorium biologi yang membantu seseorang mengamati spesimen yang tidak mungkin untuk mata telanjang manusia untuk melihat. Mikroskop membantu memperbesar objek 1000x ukuran dan mempelajari spesimen biologi secara rinci. Alat yang paling penting yang membantu dalam melakukan berbagai eksperimen, penelitian, jalur klinis dan aplikasi industri mikroskop. Ada berbagai jenis mikroskop dan menggunakan mereka bervariasi menurut jenisnya.

Mikroskop telah memainkan peran penting dalam bidang ilmu pengetahuan. Antonie Philips van Leeuwenhoek (1632-1723), seorang pedagang Belanda dan ilmuwan harus dikreditkan untuk penemuan ini instrumen ajaib. Mikroskop mentah Nya membantu mendeteksi animalcules tak terlihat, yaitu organisme bersel tunggal. Ini membeli perhatian banyak sarjana terhadap bidang mikrobiologi. Dengan demikian, mulai mencari bakteri, virus, jamur, protozoa serta penemuan terbaru DNA. Hal ini membuktikan bahwa mikroskop adalah alat yang paling penting bagi ilmuwan apapun di lapangan tidak hanya ilmu-ilmu hayati, tetapi juga berguna dalam kimia, metalurgi dan banyak bidang ilmiah lainnya. Dalam artikel ini Buzzle, kita akan belajar tentang beberapa jenis mikroskop dan menggunakan mereka singkatnya. Jadi, tanpa membuang-buang waktu lebih banyak, mari kita mulai pencarian kami untuk tahu lebih banyak tentang mikroskop dan menggunakan mereka.

Daftar berikut berisi beberapa mikroskop yang paling banyak digunakan.


Berbagai Jenis Mikroskop dan Penggunaan mereka

Micro-benda yang diperbesar oleh mikroskop sebagai berjenis Anda akan memahami dari diagram mikroskop dan fungsi. Ada penemuan besar karena berbagai jenis mikroskop yang digunakan dalam biologi. Beberapa mikroskop yang umum digunakan adalah sebagai berikut:

Mikroskop Cahaya

Mikroskop cahaya juga disebut mikroskop optik. Ini juga merupakan jenis mikroskop senyawa yang digunakan untuk melihat mikroorganisme. Mikroskop cahaya memiliki lensa yang berbeda yang membantu memperbesar gambar dari mikroorganisme atau spesimen dimuat di atas panggung. Para eyepieces memiliki kekuatan perbesaran 10x atau 16x. Para mikroskop cahaya adalah jenis mikroskop yang digunakan dalam anatomi dan fisiologi untuk mengamati binatang kecil, tanaman, sampel logam, dan mikroorganisme seperti bakteri secara rinci. Mikroskop cahaya dapat memperbesar spesimen tentang 1500x dan digunakan dalam banyak bidang biologi, anatomi dan fisiologi.

Mikroskop ini menggunakan cahaya tampak dan sistem lensa untuk memperbesar gambar manifold sampel. Jenis dasar dari mikroskop optik atau cahaya sangat sederhana. Namun, desain yang kompleks telah diciptakan yang membantu memberikan resolusi gambar yang lebih baik. Dengan demikian, mikroskop cahaya telah dibagi menjadi dua konfigurasi yang berbeda: mikroskop sederhana (satu lensa) dan mikroskop majemuk.

Mikroskop Sederhana

Sebuah mikroskop sederhana atau mikroskop lensa tunggal menggunakan hanya satu lensa untuk perbesaran sampel. Ini adalah mikroskop cahaya asli yang sekarang dianggap primitif. Menggunakan lensa tunggal cembung yang biasa terlihat di pembesar tersebut.

Mikroskop Senyawa

Mikroskop yang paling sering digunakan dan bagian integral dari sekolah atau perguruan laboratorium adalah mikroskop majemuk. Ini mikroskop senyawa menggunakan dua bagian optik, yang disebut lensa okuler dan lensa objektif. Mikroskop senyawa dapat menyediakan sekitar perbesaran 2000x. Dengan demikian, mikroskop senyawa adalah jenis mikroskop yang digunakan dalam biologi untuk mengamati bakteri, alga, protozoa serta hewan dan sel tumbuhan.

Mikroskop ini lebih berat dan lebih besar dari mikroskop sederhana. Mikroskop ini mengumpulkan cahaya dari sampel dengan bantuan dari beberapa lensa. Satu set terpisah lensa digunakan untuk memfokuskan cahaya ke mata (atau kamera) untuk membentuk sebuah gambar. Ada berbagai jenis mikroskop majemuk. Beberapa tipe dasar dibahas di bawah ini:

Standard Compound Light Microscope

Mikroskop ini terdiri dari lensa okuler yang sejalan dengan bagian hidung bergulir. Bagian hidung memiliki dua atau lebih lensa objektif. Cahaya melewati dari panggung melalui lubang ke dalam sampel. Dari sampel itu lolos ke lensa. Gambar yang memperbesar 4X, 10X, 40X atau 100X sesuai dengan lensa objektif dipasang pada bagian hidung bergulir.

Inverted Mikroskop

Mikroskop terbalik sebenarnya mikroskop terbalik. Ini melibatkan melihat sampel dari posisi terbalik yang membantu pemirsa melihat gambar tegak sampel. Mikroskop ini berguna untuk melihat kultur sel cair. Juga membantu melihat spesimen tebal atau besar jelas.

Mikroskop Stereo 

Membedah mikroskop atau stereo mikroskop memiliki kekuatan perbesaran rendah. Ini juga adalah jenis mikroskop cahaya yang membantu dalam mengamati spesimen yang sedikit lebih besar dalam ukuran. Ini berisi dua jalur optik yang berada di sudut yang berbeda dan membantu pengguna melihat spesimen dalam tiga dimensi. Mikroskop bedah adalah jenis mikroskop yang digunakan dalam anatomi dan fisiologi untuk melaksanakan mikro, diseksi, perbaikan baik, penyortiran serta forensik. Keuntungan dari mikroskop adalah bahwa hal itu dapat digunakan pada sampel hidup tetapi memiliki daya perbesaran rendah.

Mikroskop Metalurgi 

Sebuah mikroskop metalurgi adalah mikroskop yang digunakan untuk mengamati logam, plastik, keramik serta sampel bahan lainnya. Mereka membantu dalam mengamati struktur permukaan, kelelahan logam, dll

Mikroskop UV 
Sebuah mikroskop UV menggunakan sinar UV untuk menghasilkan gambar yang dua kali resolusi terlihat di mikroskop cahaya tampak. Mercury arc atau xenon burner digunakan sebagai sumber sinar UV. Karena sinar UV berbahaya bagi mata manusia, sensor digital atau film fotografi adalah menghasilkan untuk membantu mengamati gambar.

Mikroskop Fluoresensi 

Mikroskop fluoresensi menggunakan energi tinggi, pendek-panjang gelombang cahaya yang menggairahkan elektron dari molekul tertentu hadir dalam sampel. Hal ini menyebabkan elektron untuk pindah ke orbit yang lebih tinggi dan ketika mereka kembali ke tingkat semula energi, mereka memancarkan energi yang rendah, sinar gelombang panjang. Lampu ini berada dalam spektrum terlihat yang membantu dalam pembentukan gambar.

Mikroskop Digital 

Sebuah mikroskop digital menggunakan lensa optik serta CCD / CMOS sensor. Ini memberikan kekuatan perbesaran 1000x. Hal ini digunakan untuk mencapai gambar berkualitas tinggi tercatat spesimen. Mikroskop digital yang umum digunakan memiliki monitor 15 inci dan 2 juta pixel kamera. The digital CCD kamera melekat pada mikroskop yang pada gilirannya terhubung ke monitor LCD atau komputer.

Terlepas dari mikroskop cahaya atau optik, terdapat mikroskop lain yang dikategorikan berdasarkan pada teknik pencahayaan. Beberapa mikroskop yang disebutkan di bawah:

Dark-field Microscope

Dark-field Microscope digunakan untuk mengamati spirochetes hidup. Mikroskop ini menggunakan lensa kondensor khusus yang membantu hamburan cahaya. Hal ini menyebabkan untuk memantulkan cahaya dari spesimen di sudut. Hasilnya adalah sedemikian rupa sehingga setiap objek cahaya terlihat pada latar belakang gelap.

Phase Contrast Microscope

Phase Contrast Microscope atau Mikroskop fase kontras menggunakan kondensor khusus yang membantu dalam membuang cahaya keluar dari fase. Ini membantu lulus cahaya melalui objek pada kecepatan yang berbeda. Mikroskop fase kontras adalah salah satu jenis mikroskop yang digunakan dalam biologi untuk melihat spesimen tak bercacat. Ini adalah salah satu jenis mikroskop yang digunakan untuk mempelajari sel-sel dan bagian sel seperti mitokondria, lisosom, badan Golgi menggunakan mikroskop fase kontras.

Mikroskop Elektron 


Mikroskop elektron (EM) adalah salah satu mikroskop paling canggih digunakan saat ini. Mikroskop ini didukung oleh berkas elektron dengan panjang gelombang yang sangat pendek. Elektron ini menyerang obyek yang datang di jalan dan membantu meningkatkan resolusi mikroskop. Mikroskop elektron adalah salah satu jenis mikroskop yang digunakan untuk mempelajari sel-sel seperti sel virus kecil serta molekul yang lebih besar. Ada berbagai jenis mikroskop elektron yang dijelaskan di bawah ini:

Transmission Electron Microscope

Transmission Electron Microscopei (TEM) digunakan untuk mempelajari sel. Ultrathin irisan mikroorganisme seperti virus ditempatkan pada grid kawat. Kemudian, sel-sel ini diwarnai dengan emas atau paladium dan kemudian digunakan untuk mengamati di bawah mikroskop elektron transmisi. Berkas elektron dibelokkan pada bagian dilapisi padat dari sel dan gambar diamati pada latar belakang gelap dan terang.

Scanning Electron Microscope

Scanning Electron Microscope (SEM) juga merupakan jenis mikroskop elektron dengan kekuatan perbesaran rendah dari mikroskop elektron transmisi. Namun, mikroskop ini membantu dalam melihat gambar tiga dimensi dari mikroorganisme dan spesimen lainnya. Emas dan paladium digunakan untuk noda spesimen dipasang pada mikroskop elektron scanning.

Reflection Electron Microscope

Reflection Electron Microscope (REM) menggunakan kacang elektron yang insiden pada permukaan. Namun, bukannya mengikuti prinsip-prinsip TEM atau SEM, mendeteksi elektron tersebar elastis.
Baca lebih lanjut di Buzzle: http://www.buzzle.com/articles/types-of-microscopes-and-their-uses.html
Tag : Mikroskop
0 Komentar untuk "Jenis Mikroskop dan Penggunaannya"
Back To Top -->