Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Bagian-bagian Mikroskop


Meskipun mikroskop senyawa sedang digunakan sejak sekolah kami pertengahan dan hari-hari sekolah tinggi, banyak dari kita tidak benar-benar tahu bagian-bagian dari mikroskop. Untuk memahami bagian-bagian mikroskop yang berbeda dan fungsi mereka, baca terus.


Memang penemuan mikroskop telah menjadi tonggak penting dalam bidang penelitian ilmiah dan penelitian. Hari ini, mikroskop kekuatan pembesar yang berbeda yang digunakan dalam beberapa aplikasi. Untuk menyebutkan, beberapa mikroskop sederhana dengan hanya satu lensa pembesar yang digunakan di sekolah-sekolah, sementara mikroskop senyawa dengan lebih dari satu lensa yang digunakan di sekolah-sekolah tinggi, perguruan tinggi dan studi ilmiah maju. Demikian juga, para ilmuwan dan peneliti forensik menggunakan mikroskop elektron yang memiliki kekuatan resolusi sangat tinggi.


Mayoritas dari kita akrab dengan mikroskop majemuk. Ingat hari sekolah menengah Anda, ketika guru Anda menunjukkan penggunaan mikroskop senyawa untuk pertama kalinya. Setiap bagian dalam mikroskop bertanggung jawab untuk fungsi tertentu, yang secara kolektif menghasilkan pandangan diperbesar dari objek, yang berada di bawah observasi. Pada artikel ini, kita akan membahas berbagai komponen yang membentuk mikroskop dan apa bagian mereka bermain dalam perangkat.

Bagian dari Mikroskop dan Fungsinya


bagian dan fungsi mikroskop
Mikroskop senyawa menggunakan lensa ringan dan beberapa untuk menciptakan tampilan yang sangat diperbesar dari spesimen atau objek. Sebagai cahaya tampak memainkan peran penting dalam kerja keseluruhan perangkat ini, juga disebut sebagai mikroskop cahaya atau optik. Kekuatan pembesar dari senyawa mikroskop berkisar antara 1.000 sampai 2.000 kali, tergantung pada jenis lensa yang kita telah digunakan saat melihat. Ini nilai pembesar sangat jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mikroskop sederhana tradisional yang memperbesar objek untuk sekitar 100-300 kali.

Secara umum, ada tiga komponen mikroskop senyawa - kepala (tubuh), lengan dan basis. Kepala mengacu pada bagian atas perangkat dan merumahkan lensa optik, sedangkan dasar terdiri iluminator dan mendukung mikroskop. Bagian dasar menghubungkan kepala dan dasar dan pada dasarnya digunakan untuk menangani mikroskop majemuk. Berikut ini adalah daftar dari bagian-bagian yang berbeda dari mikroskop, diatur sesuai dengan posisi mereka dari atas ke bawah.


Lensa Okuler 

Lensa Okuler, juga dikenal sebagai lensa mata adalah lensa dengan mana kita melihat spesimen dalam mikroskop majemuk. Kekuatan lensa okuler biasanya 10x atau 15x. Anda juga dapat mengganti lensa mata dengan nilai perbesaran yang lebih besar dari sekitar 25 kali sampai 30x.

Tabung mikroskop

Tabung mikroskop adalah bagian logam yang mekanis mendukung tujuan dan lensa mata. Ini harus selaras sedemikian rupa sehingga tujuan dan lensa okuler berada dalam satu pesawat. Juga, panjang tabung tubuh tetap, baik 170 milimeter atau 180 milimeter.

Revolver

Revolver adalah bagian dari mikroskop yang merupakan tempat dari lensa utama mikroskop. Oleh karena itu, itu terletak tepat di atas sasaran. Lensa sudah terpasang pada menara bergulir, sehingga seseorang mudah dapat memilih lensa objektif yang spesifik, sesuai persyaratan.

Lengan 

Lengan adalah bagian melengkung yang menghubungkan dasar mikroskop senyawa dengan bagian atas. Tujuan dari lengan atau tungkai adalah untuk mendukung tabung tubuh. Untuk penanganan yang aman dan mengambil mikroskop, satu tangan mendukung lengan dan lainnya mendukung dasar.

Lensa Objektif

Lensa Objektif adalah komponen utama dari optik mikroskop. Seperti namanya, lensa objektif yang ditempatkan di dekat obyek. Sebuah mikroskop senyawa khas dibangun dengan 3 atau 4 lensa objektif, memiliki kekuatan pembesar yang berbeda, mulai dari 4X-100x.

Meja dan klip penjepit 

Meja adalah bagian datar, di mana spesimen yang akan diamati ditempatkan pada slide. Jika model mendukung, seseorang dapat menggunakan tahap mekanik untuk gerakan halus slide. Klip penejpit, di sisi lain, digunakan untuk memperbaiki slide pada posisi tertentu.

Diafragma

Diafragma (atau iris) dipasang persis di bawah panggung dalam mikroskop majemuk. Ini adalah disk, disesuaikan berputar dengan ukuran lubang yang berbeda. Fungsi diafragma adalah untuk menyesuaikan ukuran serta intensitas cahaya, yang difokuskan pada slide dari bawah.

Sekrup kasar dan halus

Sekrup kasar dan halus pada dasarnya digunakan untuk tujuan fokus dalam mikroskop majemuk. The tombol penyesuaian kasar digunakan untuk gerakan cepat dari tabung tubuh dan panggung, sedangkan tombol penyesuaian halus adalah untuk fokus tepat dan denda objek.

Lensa Kondensor

Fungsi lensa kondensor adalah untuk mengumpulkan dan memfokuskan cahaya ke objek dalam slide. Hal ini meningkatkan kejelasan gambar sampai batas tertentu, terutama saat melihat spesimen dengan lebih dari 400x pembesaran. Berdasarkan pada model, mikroskop senyawa mungkin atau mungkin tidak mendukung lensa kondensor.

Kaki Mikroskop
Kaki mikroskop merupakan bagian bawah mikroskop majemuk. Dalam beberapa model, sumber cahaya buatan yang disebut illuminator (sekitar 110 volt) terletak di pangkalan. Dasar, seperti yang disebutkan sudah, apakah fungsi mendukung berat mikroskop majemuk.

Untuk pemahaman yang lebih baik, lihat bagian berlabel mikroskop bersama dengan deskripsi yang disebutkan di atas. Penanganan mikroskop pemeliharaan kasar dan / atau tidak layak dapat mengurangi kejelasan gambar diperbesar. Oleh karena itu, ketika menggunakan mikroskop majemuk, selalu mengacu pada pedoman sebagaimana disebutkan dalam petunjuk pengguna.
Tag : Mikroskop
0 Komentar untuk "Bagian-bagian Mikroskop"
Back To Top