Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Lensa Kondensor


Mikroskop telah mengalami berbagai perubahan sejak didirikan pada tahun 1590. Hal ini telah menjadi lebih maju dengan mekanisme yang canggih dan user-friendly. Tetapi penggunaan lensa kondensor dalam pembuatan mikroskop masih tetap sama, karena fitur yang unik dan tujuannya.


Laboratorium yang lengkap tanpa mikroskop, instrumen yang membuka dunia baru seluruh organisme tak terlihat bagi kita. Hal ini digunakan dalam penyelidikan forensik, biologi, dan studi penelitian yang melibatkan pemeriksaan menyeluruh dari mikro-organisme. Mikroskop mengubah arah sinar cahaya yang memungkinkan tampilan rinci dari organisme dengan bantuan lensa kondensor, yang merupakan bagian penting dari mikroskop.


Lensa Kondensor Mikroskop

Lensa kondensor merupakan salah satu bagian yang paling penting dari mikroskop, yang digunakan untuk melihat benda-benda yang sangat kecil yang dinyatakan tak terlihat dengan mata telanjang. Ada berbagai jenis mikroskop, seperti mikroskop majemuk, mikroskop digital, mikroskop optik, mikroskop stereo, dan mikroskop elektron. Masing-masing datang dengan mikroskop kapasitas pembesar yang berbeda diperlukan untuk mengamati spesimen mikroskopis berbagai.

Dalam mikroskop tegak, kondensor ditempatkan di atas sumber pencahayaan dan di bawah spesimen. Dalam mikroskop terbalik, ia ditempatkan di atas panggung dan di bawah sumber cahaya. Fungsi lensa kondensor adalah untuk mengumpulkan cahaya dari sumber pencahayaan dan fokus sedemikian sudut, bahwa spesimen disorot. Pertama, cahaya yang berasal dari sumber pencahayaan perjalanan melalui diafragma. Diafragma membantu untuk menyesuaikan intensitas dan sudut cahaya dengan bantuan dari berbagai lubang numerik. Kemudian, lensa kondensor memfokuskan cahaya pada spesimen. Umumnya, mikroskop terdiri dari satu atau lebih lensa bersama dengan bukaan diafragma variabel.

Jenis Lensa Kondensor Mikroskop


Abbe Kondensor 

Lensa ini adalah kondensor sederhana dengan dua lensa. Kondensor Abbe dikembangkan pada tahun 1870 dan diberi nama setelah penemunya, Karl Ernst Abbe. Hal ini terletak di bawah panggung mikroskop dan membantu mengendalikan sinar yang melewati spesimen. Ini memiliki dua kontrol yang digunakan untuk mengoptimalkan kecerahan, kontras, dan paritas cahaya. Mikroskop cahaya yang paling modern menggunakan kondensor Abbe karena kualitas serbaguna nya.

Kondensor Aplanatic

Jenis lensa kondensor ini digunakan untuk mengoreksi penyimpangan bola yang menciptakan citra yang tidak sempurna dan kabur dari spesimen, karena pembiasan peningkatan sinar cahaya. Penyimpangan bola menyebabkan instrumen untuk menyimpang dari norma, mempengaruhi ketajaman gambar. Dengan bantuan kondensor aplanatic, adalah mungkin untuk memperbaiki penyimpangan bola, karena mengontrol pembiasan sinar cahaya dan memberikan gambar yang jelas.

Kondensor Acromatic

Tipe ini digunakan ketika penyimpangan berwarna atau optik terjadi, yang tidak memungkinkan lensa untuk fokus semua warna dari spesimen ke titik konvergensi yang sama. Ini memberikan citra terdistorsi spesimen. Ini terjadi ketika lensa memiliki indeks bias yang berbeda untuk panjang gelombang cahaya yang berbeda dan itu dapat diperbaiki dengan menggunakan kondensor acromatic. Kondensor Acromatic umumnya digunakan dalam mikroskop memiliki kekuatan pembesaran tinggi.

Aplanatic dan Acromatic

Tipe ini merupakan kombinasi dari lensa kondensor aplanatic dan acromatic. Hal ini digunakan untuk memperbaiki kedua penyimpangan bola dan optik. Alih-alih menggunakan lensa aplanatic dan acromatic secara terpisah, hal ini menguntungkan untuk menggunakan kondensor aplanatic dan acromatic karena melayani tujuan ganda.

Apa Fungsi Lensa Kondensor?

Fungsi Lensa Kondensor adalah untuk mengumpulkan cahaya dari sumber pencahayaan dan mencerahkan spesimen yang pada slide dalam penyelidikan. Jika Anda membutuhkan kekuatan pembesaran yang 400x atau di atas, maka lensa kondensor lebih berguna karena memberikan kualitas gambar yang lebih baik dari spesimen. Ketika Anda mengatakan bahwa mikroskop memiliki kekuatan 400x, yang berarti memperbesar spesimen 400 kali lebih besar daripada yang asli. Kondensor lensa dinilai 0,65 NA atau lebih besar dapat menguntungkan jika mikroskop adalah kekuatan yang lebih tinggi. Kondensor Abbe fleksibel, dan bergerak ke atas dan ke bawah, memberikan pandangan yang lebih dekat atau lebih luas dari spesimen.

Selain penggunaan yang sangat penting dari lensa kondensor di mikroskop, mereka juga digunakan dalam bantu, lampu sorot, enlargers, proyektor, dan sistem foto sel. Lensa adalah bagian penting dari setiap mikroskop, dan memperhatikan detil-detil spesimen tidak mungkin tanpa itu. Sekarang pergi ke depan, berkedip sisi culun Anda di kelas sains berikutnya.
Tag : Mikroskop
0 Komentar untuk "Lensa Kondensor"
Back To Top -->