Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

CIRI-CIRI VIRUS

ciri-ciri virus

Setelah blog biologi ini sebelumnya membahas tentang sejarah virus, sekarang saatnya untuk mengetahui ciri-ciri virus? Adakah diantara kalian yang bisa menyebutkan ciri-ciri virus? Baiklah jika anda belum bisa atau masih ragu, silahkan baca artikel dibawah ini:

Berikut ini adalah struktur virus secara umum;

  1. Organisme parasit obligatif, yaitu hanya dapat berkembang biak dalam sel hidup.
  2. Virus berukuran lebih kecil dari pada bakteri, yakni berkisar antara 20-300  milimikron ( 1 mikron =milimikron)
  3. Virus hanya memilki salah satu macam asam nukleat (RNA atau DNA).
  4. Virus umumnya berupa hablur (Kristal).
  5. Bentuk virus bervariasi. Ada virus berbentuk oval, slinder, polyhedral, dan kompleks. Bentuk virus yang kompleks terdiri adri kepala yang berbentuk polyhedral, ekor yang berbentuk silinder dan serabut ekor. Virus berbentuk kompleks  misalnya bakteriofag.
  6. Tubuh virus terutama tersusun atas asam nukleat yang di selubungi kapsid.


Asam nukleat 

DNA ( asam deoksiribonukleat) dan RNA (asamm ribonukleat) ditemukan pada virus. Akan tetapi, satu jenis virus hanya terdiri dari DNA saja atau RNA saja. Contoh TMV hanya terdiri dari RNA dan bakteriofag hanya terdiri dari DNA di dalam kapsidnya.

Asam nukleat pada virus di selubungi oleh kapsid, yamh disebut nukleokapsid. Ada dua macam  nukleokapsid, yaitu sebagai berikut:
1) Nukleokapsid yang telanjang, misalnya pada TMV, adenovirus, dan virus kutil (wart virus).
2) Nukleokapsid yang diselubungi suatu memban pembungkus, misalnya pada virus influenza dan virus herpes.

Kapsid

Adalah selubung yang berupa protein Kapsid terdiri atas bagian-bagian yang disebut kapsomer. Misalnya, kapsid pada TMV.Virus yang struktur tubuhnya terdiri dari asam nukleat dan selubung protein virion.

Baiklah saya rasa cukup untuk hari ini mengenai ciri-ciri virus, untuk posting selanjutnya saya akan membahas tentang virus yang berasosiasi dengan bakteri. Jangan lupa yah kunjungi blog ini lagi besok.
0 Komentar untuk "CIRI-CIRI VIRUS"
Back To Top -->