Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

SEJARAH PERKEMBANGAN VIRUS

sejarah virus

Sebagaimana kita ketahui bahwa para ilmuan galau dalam menentukan apakah virus termasuk kedalam mahluk hidup atau tidak. Yap, walaupun demikian tetapi virus masih menjadi bagian yang dikaji dalam ilimu biologi. Oleh karena itu mari kita mengenal lebih dekat tentang virus dengan mempelajari sejarahnya. Selamat membaca.

Penyelidikan tentang objek-objek berukuran sangat kecil dimulai sejak ditemukannya mikroskop oleh seorang berkembangsaan Belanda bernama Antony van Leewenhoek (1632-1723). berkat penemuan mikroskop tersebut, berbagai penelitan tentang objek-objek mikroskopis mulain berkembang.

    
Mikroskop pertama mampu melihat perbesaran objek hingga 150X ukuran asli. Dengan teknik dan susunan lensa yang semakin disempurnakan, mikroskop cahaya mampu melihat objek hingga perbesaran 1.000X. mikroskop elektron mampunyai perbesaran lebih dari 10.000X, dapat melihat objek mikroskop dengan lebih detail termasuk virus.

Adolf Mayer

Sejarah penemuan virus dimulai tahun 1882 dengan adanya penyakit yang menimbulkan  bintik kekuningan pada daun tembakau oleh Adolf Mayer ,kemudian Mayer melakukan percobaan dengan menyemprotkan getah tanaman yang sakit pada tanaman sehat, ternyata tanaman sehat menjadi tertular.

Dmitri Ivanovski

Ivanovski menyaring getah tanaman tembakau yang sakit dengan  penyaring bakteri, kemudian dioleskan pada tanaman sehat. Ivanovski menyimpulkan bahwa partikel yang menyerang tembakau tersebut adalah adalah bakteri pantogen yang berukuran kecil.

Martinus Beijerinck

Ahli mikrobiologi Belanda ini menyimpulkan bahwa partikel yang menyerang tembakau tersebut sangat kecil dan hanya  dapat hidup pada mahkluk hidup yang diserangnya. Akan tetapi, Beijerinck belum berhasil menemukan struktur dan jenis partikel ini.

Wendell Stanleika

Tahun 1935, ilmuan Amerika  berhasil mengkristalkan partikel yang menyerang tanaman tembakau tersebut. Partikel mikroskopis tersebut kemudian dinamakan TMV (Tobacco Mosaic Virus).

Demikian posting hari ini mengenai sejarah virus dan perkembangannya. Posting selanjutnya masih akan membahas tentang virus, jadi jangan lupa utuk mengunjungi www.biologi-sel.com esok hari.
0 Komentar untuk "SEJARAH PERKEMBANGAN VIRUS"
Back To Top -->