Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Hubungan Simbiosis

Dalam istilah sederhana, simbiosis didefinisikan sebagai interaksi antara dua spesies biologi. Interaksi ini umumnya tahan lama. Istilah ini berasal dari kata Yunani, syn yang berarti dengan dan BIOSIS makna hidup dan diciptakan oleh ahli biologi Jerman Heinrich Anton de Bary pada tahun 1879. Dia menggunakan istilah untuk mendefinisikan koeksistensi dua organisme hidup yang berbeda. Sementara hubungan simbiosis sebelumnya umumnya didefinisikan sebagai hubungan yang saling menguntungkan, istilah yang sebenarnya agak mendung hari ini dalam definisi. Hal ini banyak digunakan untuk menggambarkan interaksi biologis antara banyak spesies yang berbeda. Hubungan ini mungkin dari berbagai jenis. Sebuah studi biologi akan memberitahu Anda bahwa jenis utama yang mutualistik, commensalism dan parasitisme. Ada beberapa hubungan simbiosis, dimana dua spesies sepenuhnya tergantung pada satu sama lain untuk bertahan hidup, ada hubungan lain yang dibentuk hanya untuk keperluan tertentu.

Apa itu Hubungan simbiosis?


Selain tiga bentuk utama, hubungan ini juga dapat diklasifikasikan sebagai ectosymbiotic (dimana satu organisme, seperti teritip hidup di organisme lain seperti paus baleen), atau endosymbiotic (dimana satu organisme, misalnya lactobacilli, hidup di dalam organisme lain seperti manusia ). Hubungan simbiosis juga dapat diklasifikasikan sebagai obligat, di mana dalam hubungan sangat penting untuk kehidupan setidaknya salah satu organisme atau fakultatif, itu adalah di mana hubungan yang bermanfaat bagi organisme, tetapi tidak penting untuk kelangsungan hidup. Tiga bentuk utama dari hubungan simbiosis yang telah kita bahas sebelumnya dalam artikel telah dibahas di bawah.


Mutualisme

Banyak orang cenderung menggunakan istilah mutualisme dan simbiosis bergantian, tapi itu sebenarnya tidak benar. Mutualisme hanya jenis interaksi biologis di mana kedua spesies yang memiliki hubungan, memperoleh manfaat dari satu sama lain. Simbiosis, di sisi lain, adalah kategori yang luas yang mencakup berbagai bentuk interaksi biologis antara spesies. Mutualisme dalam suatu spesies yang lebih sering disebut sebagai kerjasama. Mutualisme sangat penting dalam ekologi dan tanpa hubungan ini, ekosistem darat mungkin sangat terganggu. Hampir 70% dari organisme yang merupakan bagian dari ekosistem darat bergantung pada hubungan mikoriza bahwa mereka berbagi dengan jamur. Mutualisme juga merupakan faktor pendorong penting bagi keanekaragaman hayati yang kita lihat hari ini dan co-evolusi. Salah satu contoh terbaik dari mutualisme adalah salah satu yang ada antara anemon laut dan ikan anemon. Para anemon laut bertanggung jawab untuk menyediakan ikan dengan perlindungan dari predator yang tidak tahan sengatan pada tentakel anemon dan ikan di sisi lain melindungi anemon laut dari ikan kupu-kupu yang memakan anemon.

Komensialisme

Komensialisme dalam bentuk lain dari hubungan simbiosis, dimana interaksi biologis bahwa pangsa spesies dua, satu berasal manfaat tetapi yang lain tetap tidak akan terpengaruh dan tidak diuntungkan atau dirugikan oleh hubungan. Istilah commensalism berasal dari bahasa Latin frase cum mensa, yang secara harfiah diterjemahkan berbagi meja. Itu ungkapan ini yang melahirkan kata komensal Inggris, yang merupakan akar dari commensalism panjang. Sulit untuk menemukan contoh commensalism, karena kurang terlihat di alam dan sulit untuk membuktikan apakah atau tidak hewan dipengaruhi oleh tamu. Dua contoh commensalism diberikan dalam artikel ini akan membantu Anda memahami fenomena ini lebih baik. Kuntul dan ternak memiliki hubungan yang dapat sebagian besar didefinisikan sebagai commensalism. Ketika sapi merumput di lapangan, hasil gerakan mereka dalam terbang serangga yang ternak kuntul mengikuti ternak, pakan pada. Sementara Kuntul mendapatkan keuntungan dari interaksi ini, ternak tetap tidak terpengaruh dengan cara apapun.

Parasitisme

Parasitisme adalah bentuk lain di mana di antara dua spesies, yang memiliki interaksi biologis, salah satu manfaat tetapi yang lain dirugikan. Telah melihat dalam hubungan parasit yang parasit jauh lebih kecil daripada tuan rumah. Parasit cenderung mempengaruhi tingkat kebugaran dari tuan rumah dalam banyak cara. Mereka umumnya hidup pada host yang membutuhkan makanan atau tempat tinggal atau bahkan sebagai media menular. Mereka parasit yang hidup pada permukaan host disebut ektoparasit dan orang-orang yang hidup di dalam tubuh inang disebut endoparasit. Endoparasit bisa antar atau intraseluler. Sebuah epiparasite adalah jenis parasit yang memakan parasit lainnya. Salah satu contoh terbaik dari parasitisme adalah hubungan antara host vertebrata dan organisme seperti cacing pita dan kutu.

Apakah ekosistem darat atau ekosistem perairan, hubungan simbiosis yang sangat penting bagi kelangsungan hidup beberapa spesies, Meskipun kadang-kadang saling menguntungkan dan pada kesempatan lain penyebab kerugian bagi salah satu spesies, tanpa hubungan ini, malapetaka yang parah mungkin disebabkan dengan ada sistem ekologi.
Tag : simbiosis
0 Komentar untuk "Hubungan Simbiosis"
Back To Top -->