Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Contoh Simbiosis Komensialisme

Komensialisme menjadi jenis hubungan simbiosis antara organisme, jenis lain dari hubungan simbiosis mutualisme antara, di mana kedua organisme yang terlibat manfaat dari satu sama lain, dan parasitisme, di mana salah satu organisme diuntungkan, sementara yang lain dirugikan.

Banyak contoh Komensialisme dikelilingi oleh kontroversi, karena selalu ada kemungkinan bahwa tuan komensal juga sedang diuntungkan atau dirugikan dalam beberapa cara atau yang lain 'yang belum diketahui'. Namun, berikut adalah beberapa contoh diterima secara luas Komensialisme ditemukan di alam.

Contoh Komensialisme


Sapi Egrets dan Peternakan

Salah satu contoh populer Komensialisme adalah hubungan antara kuntul sapi dan ternak. Ternak Kuntul adalah spesies umum bangau yang ditemukan di sebagian besar wilayah dunia, dan sebagian besar terlihat bergerak bersama dengan ternak sapi. Burung ini bergerak sekitar di padang rumput, dan mengikuti ternak seperti sapi dan kuda. Ternak Kuntul memakan serangga bersembunyi di bawah vegetasi dekat dengan lapangan, yang bisa menimbulkan ketika sapi berjalan melalui mereka. Dalam contoh ini Komensialisme  ternak Egret manfaat dengan memakan serangga, namun ternak tetap sama sekali tidak terpengaruh.


Anggrek Tumbuh di Cabang Pohon

Anggrek milik keluarga tanaman berbunga yang membentuk hubungan Komensialisme dengan pohon-pohon. Ini adalah tanaman epifit terkenal yang tumbuh pada cabang atau batang pohon lainnya. Anggrek biasanya ditemukan di hutan-hutan tropis yang lebat. Mereka membentuk basis mereka dari keterikatan pada cabang-cabang pohon, dan manfaat dengan mendapatkan sinar matahari yang cukup dan nutrisi yang mengalir menuruni cabang. Anggrek tidak tumbuh ke ukuran besar, dan dengan demikian pohon inang tidak dirugikan dengan cara apapun.

Ikan Remora dan Hiu

Para remora, juga disebut suckerfish tersebut, milik keluarga ikan pari. Ini adalah ikan kecil yang tumbuh sampai ukuran 1 sampai 3 meter. Para remora membentuk hubungan khusus dengan hiu dan organisme laut lainnya seperti paus dan penyu. Para remora memiliki pengisap khusus yang melekat pada sirip. Ini menempel pada tubuh ikan hiu, dan menggunakan hiu untuk transportasi serta perlindungan dari predator. Hal ini juga memakan sisa-sisa makanan yang tersisa ketika hiu makan mangsanya. Dengan cara ini, ikan remora membentuk hubungan komensal dengan hiu, dan tidak dengan cara merugikan atau menguntungkan mereka.

Kalajengking katai dan Kumbang

Kalajengking katai adalah kalajengking-seperti serangga yang biasanya tumbuh kurang dari satu sentimeter panjangnya. Mereka berbeda dari jenis lain kalajengking dengan cara bahwa mereka tidak memiliki sengatan. Beberapa spesies dari kalajengking katai menyembunyikan diri di bawah selimut sayap serangga besar seperti kumbang. Ini memberi mereka perlindungan dari predator mereka, dan juga memberikan mereka sarana transportasi di wilayah yang lebih besar. Karena ukurannya yang kecil dan kurangnya menyengat, tidak membahayakan kumbang dengan cara apapun.

Monarch Butterfly dan Milkweed

The Monarch kupu-kupu adalah jenis terkenal kupu-kupu yang ditemukan sangat umum di wilayah Amerika Utara. Pada tahap larva, Monarch membentuk hubungan komensal dengan spesies tertentu milkweeds. Para milkweeds mengandung bahan kimia beracun yang dikenal sebagai glikosida jantung, yang berbahaya bagi hampir semua vertebrata. Monarch menyimpan bahan kimia beracun dalam tubuh di seluruh masa pakainya. Ketika burung makan kupu-kupu Monarch, menemukan itu tidak menyenangkan, dan sakit. Dengan demikian, burung dan predator lainnya menghindari makan Monarch. Dengan cara ini, Monarch manfaat kupu-kupu dari milkweeds tanpa mempengaruhi mereka.

Burung terhadap Semut Tentara

Banyak burung membentuk hubungan komensal dengan beberapa spesies semut seperti semut tentara. Sejumlah besar pasukan semut jejak di lantai hutan, dan saat bergerak, membangkitkan banyak serangga berbaring di jalan mereka. Burung-burung ikuti semut tentara dan memakan serangga yang mencoba melarikan diri dari mereka. Burung-burung keuntungan dengan menangkap mangsanya dengan mudah, sementara semut tentara sama sekali tidak terpengaruh.

Burdock Benih di Bulu Passing Hewan

Banyak spesies tanaman telah beradaptasi diri dengan mengembangkan duri melengkung pada biji atau polong mereka untuk membubarkan mereka daerah yang lebih besar. Para Burdocks adalah jenis umum dari gulma yang sebagian besar ditemukan di sepanjang pinggir jalan, dan di lahan tandus dan ladang. Benih burdock telah lama, duri melengkung yang menyertainya. Mereka dengan mudah menangkap ke bulu hewan yang lewat, yang membawa dan drop off bibit ini ke daerah lain. Dengan cara ini, hubungan komensal memastikan penyebaran tepat benih burdock, sedangkan binatang tetap terluka.

Teritip dan Paus

The teritip adalah jenis krustasea yang menetap, yaitu mereka tidak bisa bergerak sendiri. Pada tahap larva, mereka menempel pada tubuh organisme lain seperti ikan paus, dan tempat-tempat lain seperti kerang, batu, atau bahkan kapal, dan tumbuh di permukaan mereka. Sebagai paus bergerak, para teritip menemukan habitat baru di mana makanan mungkin tersedia. Sementara Paus berada di bergerak, teritip pegangi mengambang plankton dan bahan makanan lainnya menggunakan kaki seperti bulu mereka. Dengan cara ini, mereka mendapatkan nutrisi dan transportasi yang mereka butuhkan, dan paus tidak dirugikan atau diuntungkan dengan cara apapun.

Kaisar Udang dan Teripang

Kaisar udang crustacea kecil yang biasanya ditemukan di wilayah Indo-Pasifik. Hal ini dapat dilihat menumpang pada teripang. Udang ini mendapatkan perlindungan serta moda transportasi untuk bergerak di wilayah yang lebih luas untuk mencari makanan, tanpa menghabiskan energi apapun pada mereka sendiri. Mereka turun dari teripang tuan rumah mereka untuk memberi makan, dan kembali pada untuk naik ketika mereka ingin pindah ke daerah lain.

Kepiting Decorator dan Spons Laut

Kepiting dekorator telah mengalami adaptasi yang sangat unik untuk menyembunyikan dan menyamarkan diri mereka sendiri. Seperti namanya, kepiting dekorator snip off materi yang tersedia di lingkungan sekitar mereka, dan menghias shell mereka menggunakan mereka. Dalam membentuk hubungan komensal dengan spons laut, mereka mengukir potongan-potongan kecil dari spons dan menyamarkan diri menggunakan mereka. Ini adaptasi dari kepiting dekorator memberikan perlindungan untuk itu tanpa merugikan atau menguntungkan spons laut, sehingga membentuk hubungan komensal.

Salah satu contoh Komensialisme di tundra bioma adalah antara karibu dan rubah Arktik, dimana rubah cenderung mengikuti karibu ketika sedang berkeliaran. Karibu menggali di salju untuk mendapatkan makanan, yang berupa tanaman lumut. Setelah menggali lobang tanah, rubah Arktik datang dan berburu beberapa mamalia subnivean yang telah datang lebih dekat ke permukaan karena aksi penggalian karibu. Dengan demikian, karibu tetap tidak terpengaruh, sedangkan rubah Arktik manfaat dari tindakannya.

Contoh-contoh di atas adalah bukti sejauh mana beberapa organisme hidup dapat berkembang, atau beradaptasi untuk bertahan hidup. Banyak lagi contoh Komensialisme sedang ditemukan setiap tahun, sebagai manusia menggali lebih dalam upaya untuk memecahkan misteri yang masih belum terpecahkan alam.
Tag : simbiosis
0 Komentar untuk "Contoh Simbiosis Komensialisme"
Back To Top -->