METABOLISME

loading...

Apa itu Metabolisme?

Metabolisme adalah reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup, termasuk manusia. 

Metabolisme berasal dari kata metabole yang artinya 'perubahan'. Perubahan di sini memiliki dua pengertian. Pertama, perubahan menjadi lebih kompleks disebut anabolisme, asimilasi, atau sintesis. Kedua, perubahan menjadi lebih sederhana disebut katabolisme atau disimilasi.

Reaksi ini bisa anda manfaatkan untuk menurunkan berat badan lebih cepat, tapi ingat! tingkat metabolisme setiap orang berbeda-beda. 

Dengan meningkatkan metabolisme, Anda dapat membakar kalori lebih banyak, sehingga timbunan lemak berkurang dan Anda juga akan terlihat lebih bugar dari sebelumnya.

Memahami Metabolisme

Makanan adalah kebutuhan yang paling penting yang membantu Anda beraktivitas. Tingkat metabolisme tergantung pada apa yang Anda makan. 

Reaksi kimia yang terjadi dalam sel-sel tubuh akan mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi yang bisa digunakan untuk berpikir, tumbuh, melakukan kegiatan atau pekerjaan dan sebagainya. 

Tanpa metabolisme, sel-sel tidak akan bisa berfungsi.

Enzim memecah protein dari makanan yang ada didalam sistem pencernaan. Kemudian diubah menjadi asam amino, asam lemak, karbohidrat dan gula. 

Zat-zat tersebut kemudian diserap oleh darah untuk disebarkan kedalam sel. 

Ada juga enzim lain yang aktif mengontrol reaksi kimia sehingga metabolismebisa berjalan dengan baik.

Jenis Metabolisme

Ada dua jenis metabolisme, yaitu katabolisme dan anabolisme.

Katabolisme

Katabolisme adalah reaksi penguraian senyawa kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana dengan bantuan enzim. Penguraian senyawa ini menghasilkan atau melepaskan energi berupa ATP yang biasa digunakan organisme untuk beraktivitas.

Katabolisme mempunyai dua fungsi, yaitu menyediakan bahan baku untuk sintesis molekul lain, dan menyediakan energi kimia yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas sel. Reaksi yang umum terjadi adalah reaksi oksidasi.

Anabolisme

Anabolisme adalah proses menyusun beberapa senyawa organik sederhana menjadi senyawa kimia atau molekul kompleks.

Sederhananya, anabolisme adalah reaksi kimia yang menyusun senyawa sederhana menjadi senyawa yang lebih kompleks. Reaksi ini terjadi di dalam tubuh tubuh manusia.

Peran Enzim dalam Metabolisme

Enzim merupakan senyawa protein yang berfungsi sebagai katalisator reaksi-reaksi kimia yang terjadi dalam sistem biologi (makhluk hidup). Oleh karena merupakan katalisator dalam sistem biologi, enzim sering disebut biokatalisator. 

Katalisator adalah suatu zat yang mempercepat reaksi kimia, tetapi tidak mengubah kesetimbangan reaksi atau tidak mempengaruhi hasil akhir reaksi.
 

Zat itu sendiri (enzim) tidak ikut dalam reaksi sehingga bentuknya tetap atau tidak berubah.

Sifat-Sifat Enzim

Secara ringkas sifat-sifat enzim dijelaskan sebagai berikut.
  1. Enzim merupakan biokatalisator; Enzim dalam jumlah sedikit saja dapat mempercepat reaksi beribu-ribu kali lipat, tetapi ia sendiri tidak ikut bereaksi.
  2. Enzim bekerja secara spesifik; Enzim tidak dapat bekerja pada semua substrat, tetapi hanya bekerja pada substrat tertentu saja. Misalnya, enzim katalase hanya mampu menghidrolisis H2O2 menjadi H2O dan O2.
  3. Enzim berupa koloid; Enzim merupakan suatu protein sehingga dalam larutan enzim membentuk suatu koloid. Hal ini menambah luas bidang permukaan enzim sehingga aktivitasnya lebih besar.
  4. Enzim dapat bereaksi dengan substrat asam maupun basa; Sisi aktif enzim mempunyai gugus R residu asam amino spesifik yang merupakan pemberi atau penerima protein yang sesuai.
  5. Enzim bersifat termolabil; Aktivitas enzim dipengaruhi oleh suhu. Jika suhu rendah, kerja enzim akan lambat. Semakin tinggi suhu, reaksi kimia yang dipengaruhi enzim semakin cepat, tetapi jika suhu terlalu tinggi, enzim akan mengalami denaturasi.
  6. Kerja enzim bersifat bolak-balik (reversibel); Enzim tidak dapat menentukan arah reaksi, tetapi hanya mempercepat laju reaksi mencapai kesetimbangan. Misalnya enzim lipase dapat mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol. Sebaliknya, lipase juga mampu menyatukan gliserol dan asam lemak menjadi lemak. 

Teknologi yang Berkaitan dengan Metabolisme Makanan

Saat ini, teknologi di bidang pengolahan makanan telah berkembang pesat. Para produsen telah menemukan celah pasar yang luar biasa di bidang ini. Terbukti dengan beredarnya makanan-makanan substitusi dan suplemen bagi orang-orang yang mempunyai masalah dengan metabolisme.

Berikut adalah contoh teknologinya:
  1. Makanan Berkadar Gula Rendah
  2. Teknologi Pengawetan Makanan
  3. Teknologi Substitusi Energi (Makanan Suplemen)
Demikian posting kali ini mengenai Metabolisme, semoga bermanfaat.
loading...
loading...
Posting Komentar
loading...