Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Diagram Respirasi selular


Apakah Anda mencari diagram respirasi selular? Artikel berikut ini akan memberikan Anda dengan diagram dan beberapa informasi tentang respirasi selular. 

Respirasi selular adalah sebuah proses yang terjadi di dalam sel-sel dari suatu organisme di mana energi dilepaskan dengan memecah ikatan kimia glukosa (C6H12O6). Energi yang dikeluarkan dalam bentuk molekul ATP, yang digunakan untuk melaksanakan berbagai fungsi sel. Persamaan respirasi seluler adalah sebagai berikut:

C6H12O6 + O2 ---> H2O + CO2 + 36ATP


Diagram Respirasi Seluler


Diagram berikut respirasi selular akan membantu Anda memahami proses yang diberikan di atas lebih baik.


respirasi seluler


Penjelasan untuk Diagram Respirasi Sederhana Seluler


Rincian dari molekul glukosa terjadi ketika karbon teroksidasi dan oksigen berkurang. Dengan demikian, proses tersebut merupakan reaksi oksidasi-reduksi. Proses respirasi dibagi dalam dua langkah utama, yaitu, glikolisis dan respirasi sel aerobik. Reaksi glikolisis menyebabkan produksi hanya dua molekul ATP dalam ketiadaan oksigen. Yang 34 lainnya ATP molekul yang dihasilkan akibat reaksi aerobik dalam kehadiran oksigen.

Kedua tanaman dan hewan melaksanakan proses respirasi tanaman tetapi hanya melanjutkan ke proses lain yang, fotosintesis. Proses dimulai dalam sitoplasma sel dan selesai dalam mitokondria seperti yang Anda lihat dalam diagram yang diberikan di atas. Molekul-molekul gula sederhana dipecah menjadi energi atau molekul ATP.

Glikolisis dapat terjadi dalam kondisi aerobik dan anaerobik respirasi selular. Molekul glukosa dipecah menjadi asam piruvat atau piruvat dalam serangkaian reaksi kimia. Molekul piruvat bertindak sebagai perantara antara dua proses, yaitu, glikolisis dan siklus Krebs. Anda dapat mengamati kedua proses dalam diagram yang diberikan di atas untuk respirasi seluler.

Siklus Krebs atau siklus asam trikarboksilat dimulai ketika molekul piruvat bergerak ke mitokondria dari sitoplasma. Anda dapat mengamati dalam diagram yang diberikan di atas. Di sini, piruvat tersebut diubah dan dikombinasikan dengan koenzim A. Ini menghasilkan molekul baru asetil KoA. Setelah serangkaian reaksi, enam molekul CO2 dan dua ATP molekul bersama dengan fragmen asetil KoA yang dihasilkan.

Setelah berhasil menyelesaikan siklus Krebs, mulai rantai transpor elektron seperti yang Anda lihat dalam diagram. Hal ini juga dikenal sebagai proses fosforilasi oksidatif. Elektron lulus dari asam organik dari siklus Krebs ke akseptor elektron seperti yang diamati dalam diagram untuk respirasi seluler. Ini akseptor elektron adalah dinukleotida nictotinadenine (NAD). Setelah serangkaian reaksi berantai dalam transpor elektron, energi yang ditransfer ke pembawa elektron seperti NADH dan FADH2. Dengan demikian, akhirnya mengarah pada produksi molekul ATP.

Ringkasan Hasil Jumlah ATP


Hasil total ATP per molekul glukosa seperti yang diamati dalam diagram:

Glikolisis

Glikolisis menghasilkan 2 ATP dan 4 molekul NADH. The 4 NADH molekul yang kemudian dikonversi dalam mitokondria menjadi 4 molekul ATP. (Kadang-kadang mungkin ada produksi 8 molekul ATP.)

Asetil KoA

Pembentukan CoA Asetil menghasilkan 2 molekul NADH. Ini 2 NADH molekul yang dikonversi menjadi 6 molekul ATP di mitokondria.

Siklus Krebs

Siklus Krebs menghasilkan 6 NADH, 2 FADH2 DAN 2 molekul ATP. The 6 NADH akan dikonversi ke 18 molekul ATP dan 2 FADH2 molekul yang dikonversi ke 4 molekul ATP.

Dengan demikian, hasil ATP total dalam proses respirasi selular adalah 36 atau 38 ATP molekul.


Saya harap artikel ini pada diagram respirasi sederhana selular telah membantu Anda memahami proses respirasi. Proses respirasi selular adalah reaksi yang sangat kompleks yang melibatkan banyak enzim, koenzim dan molekul. Setiap langkah adalah serangkaian reaksi kimia yang kompleks, yang membantu dalam produksi energi yang berupa Adenosin trifosfat, yaitu ATP.
0 Komentar untuk "Diagram Respirasi selular "
Back To Top