Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Tips Mencari Judul Skripsi

judul skripsi

Mencari judul skripsi bukan lah hal yang mudah, tapi juga tidak susah. Skripsi merupakan tugas akhir seorang mahasiswa dan merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan gelar sarjana. Banyak orang yang merasa sangat terbebani dengan tugak akhir ini, sehingga membuka lapangan pekerjaan baru bagi para manusia yang tidak mengindahkan kata halal dan haram. Yap... banyak sekali berkeliaran jasa-jasa pembuatan skripsi.

Tulisan ini terinspirasi dari adik tingkat yang panik karena belum dapet judul atau ide untuk skripsinya. Ya, mungkin saya dulu juga seperti itu. Tapi percayalah, panik tidak akan menyelesaikan masalah! Saya sendiri sebenarnya belum menyelesaikan tugas akhir ini, tapi setidaknya saya sudah punya judul dan sedang proses bimbingan.

Oke berikut adalah tips untuk mendapatkan judul skripsi:

Interest

Yang pertama adalah interest atau minat. Minat kamu apa? Oke, kalau kamu belum tahu minat kamu apa, kira-kira mata kuliah apa sih yang paling kamu suka. Tidak ada? Saya yakin kamu salah masuk jurusan haha...

Semua orang pasti tidak mau menjadi budak, karena budak harus selalu mengerjakan apa yang diperintahkan oleh majikannya, dalam kata lain budak mengerjakan pekerjaan yang tidak mereka senangi. Nah, begitu juga kamu, jika kamu mencari judul yang tidak kamu sukai bagaimana nanti saat mengerjakannya? Pasti kamu akan tersiksa. Bukankah lebih asik kalau kita mengerjakan apa yang kita senangi? (Asik dah, bijaksana banget kayaknya paragraf ini)

Cari Masalah

“Masalah kok di cari? Ada juga menghindari masalah!”, mungkin itulah yang ada dipikiran anda. Tapi ternyata fakta menunjukan bahwa masalah itu selalu ada (bahkan banyak sekali), baik itu masalah pribadi, keluarga, kampung, komplek, daerah atau bahkan masalah negara. Jangan jauh-jauh ke negara dulu deh, coba kamu perhatikan keadaan lingkungan di sekitar, jika kamu peka maka kamu akan menemukan masalah yang dapat dikorelasikan dengan kajian ilmu yang kamu pelajari di kampus.

Bahkan, masalah yang tidak ada juga bisa di ada-adain (maksa). Nih, contoh masalah yang sebenarnya bukan masalah pada penelitian saya; Di Indonesia ini minuman yang tersedia kurang beragam, Cuma terbatas ke susu, kopi, the, yoghurt dll. Nah, dengan masalah itu saya membuat solusi dengan membuat minuman jenis baru yang sudah tidak asing di negara lain yaitu Kombucha Coffee, selain itu saya juga sertakan nilai gizi minuman tersebut dan manfaat lainnya.

Baca Jurnal

Oke kita anggap sekarang kamu udah tahu bidang atau tema yang ingin kamu jadikan judul dan kamu juga sudah menemukan masalahnya. Tentunya kamu akan mendapatkan beberapa kata kunci bukan? Misalnya saya tadi tertarik dengan Kombucha Coffee, maka saya mendapatkan kata kuci; kombucha coffe, fermentasi dll. Nah, kata kunci itulah yang akan kita gunakan untuk mencari jurnal. Masukan kata kunci tersebut di Google Scholar atau website yang menyediakan layanan jurnal (biasanya kampus menyediakan username dan passwordnya).

Kumpulkanlah beberapa jurnal, baca! Dan pahaimi! Jika sudah, coba kamu pulih diantara jurnal tersebut yang paling kamu suka (kalau saya sih biasanya milih penelitian yang lebih meudah hehe). Nah, kalau sudah nemu satu jurnal yang benar-benar pas menurut kamu, maka perlu kamu lakukan hanya mengubah variabelnya. Berikut contohnya:

Jurnal yang saya temukan
Pengaruh waktu fermentasi terhadap kadar kaffein pada proses pembuatan Kombucha Coffee

Judul yang sudah saya ubah dikit
Pengaruh kadar glukosa terhadap kadar kaffein pada proses pembuatan Kombucha Coffee

Hunting Referensi

Referensi itu bisa berupa buku, jurnal, website dan publikasi lainnya. Carilah referensi yang berkaitan dengan judul atau tema skripsimu. Tipsnya biar kamu enggak bingung nyari referensi apa saja, coba kamu lihat daftar pustaka di jurnal yang sebelumnya sudah kamu download tadi, tulis beberapa referensi yang kira-kira kamu butuhkan dan cari referensi tersebut atau cari referensi yang sama. Oya, usahakan cari referensi yang palng baru atau ter-update.

Biaasnya setelah melakukan studi pustaka maka kamu akan mendapatkan ide baru untuk merubah sedikit judul yang telah kamu dapat sebelumnya. Misalnya judul saya tadi, ternyata suhu juga mempengaruhi proses fermentasi pada Kombucha Coffee, oleh karena itu saya memilih untuk menggunakan variabel suhu.

Oke sekian untuk tips mendapatkan judul skripsi, semoga posting di blog biologi ini bermanfaat.

Berikut adalah beberapa masalah dan judul skripsi dari teman-teman saya, semoga dapat menginspirasi anda.

Di kampung si A ada aliran sungai yang cukup besar, namun sungai tersebut dipenuhi oleh eceng gondok sehingga mengganggu aliran sungai. Dia berinisiatif untuk membuat biogas dari eceng gondok.

Di daerah si B terjadi reklamasi pantai besar-besaran, dia sering mancing ikan disitu dan akhirnya terinspirasi untuk melakukan identifikasi makro alga dan mengetahui pengaruh dari reklamasi tersebut terhadap keragaman jenis makro alga disana.

Si C sadar kalau pendidikan di Indonesia in terbatas karena kurangnya fasilitas laboratorium, oleh karena itu dia membuat sebuah aplikasi berbasis flash yang berjudul “Virtual Labrotary”.

Dosen D mengetahu bahwa manfaat Cendawan Mikoriza Arbuskula sangat besar bagi pertumbuhan tanaman, eksplorasi diberbagai ekosistem telah dilakukan, namun pada ekosistem mangrove masih jarang. Oleh karena itu dia membuat proyek mulai dari eksplorasi, aplikasi langsung dll di ekosistem mangrove.


0 Komentar untuk "Tips Mencari Judul Skripsi"
Back To Top -->