Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Toksikologi Lingkungan

Toksikologi Lingkungan

Toksikologi adalah sebuah kajian ilmu, cabang dari Biologi tentang pengaruh bahan-bahan kimia yang merugikan terhadap organisme atau mahluk hidup. Sementara itu Toksikologi lingkungan berarti cabang ilmu Biologi tentang pengaruh bahan-bahan kimia yang merugikan terhadap organisme dan lingkungannya.

Toksikologi juga merupakan subuah mata kuliah pilihan di jurusan Pendidikan Biologi (mungkin tidak di beberapa Universitas lain). Awalnya saya tidak tertarik dengan mata kuliah ini, namun karena mata kuliah yang saya minati peminatnya kurang dari sepuluh orang, sehingga harus ditutup maka saya terpaksa pindah ke mata kuliah pilihan lain dan satu-satunya mata kuliah yang kosong adalah toksikologi.

Menyesal? Tidak, karena ternyata bidang kajian ilmu ini sangat menarik untuk dipelajari, kita menjadi lebih tahu bahaya dari sebuah zat kimia yang sering kita gunakan sehari-sehari, isu-isu tentang lingkungan dan tentunya solusi dari masalah-masalah tersebut.

Sejarah Toksikologi

Pada pertemuan perdana kemarin Bu Dian (Dosen Toksikologi Lingkungan) menjelaskan gambaran umum tentang kajian ilmu Toksikologi. Namun sebelumnya beliau menceritakan sedikit tentang awal mula atau sejarah Toksigologi.

“Kalian tahu bagaimana awal mulanya sehingga ada kajian tentang toksik?” Tanya Bu Dian kepada para mahasiswa.

Banyak yang menjawab dengan versinya masing-masing, ada yang menjawab ‘karena dulu ada yang keracunan’ dan masih banyak lagi jawaban mahasiswa menurut logikanya masing-masing.

Akhirnya beliau menjelaskan bahwa awal mula kajaian toksikologi adalah ‘Api’, iya ‘api’, kalian tahu api kan? Pada masa lalu orang membuat api dengan menggesekan dua batu, dengan gaya gesek itu munculah panas dan akhirnya menciptakan percikan api, api tersebut ternyata mengubah bau udara yang disekitarnya. Oke jangan jauh-jauh ke jaman dulu, ketika kita menyalakan lilin saja bau udara yang ada di ruangan pasti berubah. Salain itu, api juga membutuhkan oksigen dan menghasilkan asap, oksegen dibutuhkan manusia untuk bernafas dan asap api yang hitam biasanya berbahaya karena mengandung toksik.

Manfaat Toksikologi

Manfaat Toksikologi tentu sangat besar bagi kehidupan, mulai dari menyediakan solusi dari berbagai masalah liingungan (pengelolaan limbah), melakukan pencegahan terhadap keracunan dan bahaya lain yang dapat diakibatkan oleh zat kimia, landasan untuk membuat standar baku dan mutu dan lain-lain.

Karena manfaat itulah saya yang tadinya tidak tertarik dengan mata kuliah ini akhirnya menjadi tertarik.

Beberapa Istilah dalam Toksikologi

Berikut adalah beberapa istilah umum dalam toksikologi:

Toksikan: Toksikan adalah senyawa kimia atau zat yang menghasilkan efek negatif terhadap organisme atau mahluk hidup.

Toksisitas: Toksisitas adalah kemamuan racun (toksik) untuk menimbulkan kerusakan terhadap organ yang sensitif.

Toksikan dan Xenobiotic memiliki makna yang sama (lebih tepatnya mirip), hanya saja jika Xenobiotic ini zat atau bahan kimianya merupakan buatan atau artificial.

Oke sekian untuk posting kali ini mengenai ToksikologiLingkungan. Tetap semangat belajar Biologi dan gapai impianmu! Bye...


Tag : toksikologi
0 Komentar untuk "Toksikologi Lingkungan"
Back To Top -->