Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Echinodermata

bintang laut contoh Echinodermata

Echinodermata berasal dari kata Yunani echinos yang artinya duri dan derma yang artinya kulit. Jadi, Echinodermata berarti hewan yang kulitnya berduri.

Dalam klasifikasi berdasarkan kekerabatannya, Echinodermata terletak pada urutan terakhir dalam kelompok hewan Invertebrata. Hal ini disebabkan Echinodermata tidak menampakkan ciri – ciri yang mirip dengan Invertebrata. Menurut para ahli taksonomi, Echinodermata lebih dekat dengan hewan Vertebrata.

Ciri – ciri Umum Echinodermata

Hewan ini berhabitat di air laut, biasanya sesil atau menetap. Makanannya berupa organisme – organisme yang lebih kecil atau sisa – sisa organisme mati.

Tubuh Echinodermata tidak bersegmen atau beruas – ruas. Pada waktu larva, simetri tubuhnya bilateral, tetapi setelah dewasa simetrinya radial. Hewan ini mempunyai kaki ambulakral (kaki buluh), tidak berkepala, dan tidak mempunyai otak. 

Epidermisnya halus dan diperkuat oleh kepingan kapur yang disebut lamina (osikula). Epidermis ini mudah digerakkan dengan pola tetap, tetapi ada pula yang tidak mudah digerakkan. Epidermis dilengkapi dengan tonjolan duri – duri halus dari kapur. Mesodermis mengandung endoskeleton yang dapat digerakkan dan terikat lempengan kalkareus yang biasanya berpola tertentu. Pada mesodermis biasanya terdapart duri – duri.


Demikian posting biologi hari ini mengenai echinodermata dan ciri umumunya. Semoga bermanfaat.

Tag : SMA kelas X
0 Komentar untuk "Echinodermata "
Back To Top -->