Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

SMA: Ciri-ciri Mahluk Hidup

Tikus, contoh mahluk hidup
Tikus, contoh mahluk hidup

Baiklah, hari ini saya akan membahas tentang ciri-ciri mahluk hidup, materi ini ditunjukan untuk siswa-siswa SMA kelas X. Di Alam terdapat pengolongan benda kedalam kelompok makhluk hidup dan benda mati. Perbedaan keduanya didasarkan pada ciri-ciri hidup, benda mati tidak memiliki ciri-ciri kehidupan. Beberapa ahli biologi menyepakati bahwa ciri-ciri makhluk hidup sebagai berikut.

Tersusun oleh sel

Setiap makhluk hidup minimal harus tersusun dari sebuah sel, karena sel merupakan komponen penyusun setia makhluk hidup. Terdapat pembagian makhluk hidup berdasarkan pada jumlah sel penyusunya yaitu organisme uniseluler (hanya terdiri dari satu sel saja) dan organisme multiseluler (tersusun dari banyak sel)

Tumbuh dan berkembang

Proses penyusunan dan penumpukan zat organic dalam tubuh makhluk hidup yang menyebabkan organisme mengalami pertambahan senyawa kimia, jumlah sel, serta volume sel penyusunya. Perubahan tersebut dinamakan pertumbuha, pada organisme yang memiliki jaringan pertumbuhan di ikuti dengan proses diferensiasi dan spesialisasi, artinya sel-sel yang mula-mula sejenis mengalami perubahan bentuk dengan ciri-ciri khusus.  sedangkan perkembangan merupakn proses menuju pendewasaan dimana perilaku organisme mengalami perubahan secara total.

Metabolisme

Di dalam tubuh makhluk hidup terjadi reksi penyusunan dan penguraian senyawa-senyawa, yang disebut dengan metabolisme. Metabolism berlangsung secara terus menerus tanpa henti karena tujuan dari metabolisme adalah menghasilkan energy bagi makhluk hidup. Hingga tubuh makhluk hidup selalu berada dalam kondisi yang homeostatis.

Peka terhadap rangsangan

Setiap makhluk hidup sensitive terhadap rangsangan, baik rangsangan dari luar tubuh maupun dari dalam, contoh hewan berdarah panas memiliki thermostat untuk mengatur suhu tubuhnya tetap hanggat,  walupun suhu diluar tubuh berubah ubah maka tubuh akan menyeimbangkan keadaan sesuai dengan rangsangan yang di terima missal disaat kita kepanasan kita mengeluarkan keringat untuk mendinginkan suhu tubuh.

Reproduksi

Untuk mempertahankan jenisnya makhluk hidup dapat berkembang biak dengan mewariskan sifat dari induk kepada keturunanya.

Adaptasi

Organisme memiliki kemampuan menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan sekitarnya. Penyesuaian diri dalam kurun waktu yang pendek disebut toleransi. Penyesuaiaan diri dalam waktu yang relative lebih panjang disebut dengan adaptasi. Organisme yang tidak bisa beradaptasi akan pindah ketempat lain atau mati (Solomon et al. 2005).

Demikian posting hari ini mengenai materi ciri-ciri mahluk hidup untuk SMA kelas X.
0 Komentar untuk "SMA: Ciri-ciri Mahluk Hidup "
Back To Top -->