Teori Biogenesis dan Pendapat Para Ahli



Teori Biogenesis menjelaskan asal-usul makhluk hidup

Biologi - Teori biogenesis adalah suatu teori yang mengemukakan bahwa asal kehidupan suatu makhluk hidup yang terdiri atas sel berasal dari makhluk hidup pula. 

Semboyan teori Biogenesis adalah “omne vivum ex ovo” (makhluk hidup berasal dari  telur) “omne vivum ex vivo” (makhluk hidup berasal dari makhluk hidup yang telah ada) (Warianto, 2011: 3). 

Percobaan yang Dilakukan oleh Ahli Biologi 

Francesco Redy (1688)

Percobaan francesco redy yang meletakkan daging di dalam stoples

Untuk menyanggah teori Abiogenesis, Redy melakukan percobaan dengan sepotong daging yang diletakkan dalam dua buah stoples (toples). 

Pertama-tama disediakan dua buah stoples, kemdian daging disterilkan dengan cara direbus dalam air mendidih. 

Daging tersebut dipotong kecil kemudian dimasukkan kedalam stoples pertama dan stoples kedua.

Selanjutnya.. 

Stoples pertama dibiarkan terbuka sedangkan stoples kedua ditutup rapat menggunakan kain kasa. 

Setelah beberapa hari.. 

Ternyata pada stoples pertama timbul beberapa belatung sedangkan pada stoplas kedua tidak. Redy membuat kesimpulan bahwa belatung yang timbul berasal dari telur-telur lalat yang hinggap (Surjono, 2007: 1.3).

Lazzaro Spallanzani (1750)

Lazzaro Spallazani melakukan percobaan dengan menggunakan air kaldu. Mula-mula ia mempersiapkan 2 buah labu yang diisi air kaldu. Kemudian labu-labu berisi air kaldu tersebut diperlakukan sebagai berikut:
  • Labu pertama dipanaskan sampai mendidih kemudian dibiarkan terbuka
  • Labu kedua dipanaskan hingga mendidih kemudian ditutup rapat.


Percobaan Lazzaro Spallanzani menggunakan kaldu dan labu

Setelah beberapa hari..

Ternyata timbul kehidupan pada tabung pertama, sedangkan pada tabung kedua yang tertutup rapat dan dipanaskan tidak terjadi kehidupan. 

Ia menjelaskan bahwa dalam air kaldu sudah terdapat mikroorganisme yang berasal dari udara. 

Pada saat pemanasan semua organisme mati, tetapi bila terbuka maka akan tercemar mikroorganisme lagi dari udara, sebaliknya jika ditutup akan terbebas dari mikroorganisme (Surjono, 2007: 1.4).

Louis Pasteur (1863)

Para penganut abiogenesis keberatan dengan hasil eksperimen Redy dan Spallazani. Mereka berpendapat bahwa timbulnya kehidupan secara spontan dari benda tidak hidup diperlukan gaya hidup.

Pada percobaan Spallazani gaya hidup tidak ada karena labu tertutup rapat, dengan demikian Pasteur berusaha memperbaiki percobaan Spallazani dengan menggunakan labu berbentuk leher angsa.

Adapun langkah percobaan Pasteur, pertama labu percobaan diisi dengan air kaldu, kemudian dipanaskan sampai mendidih. Setelah itu labu ditutup dengan tutup pipa berbentuk huruf S atau berleher angsa (Surjono, 2007: 1.5).

Percobaan Louis Pasteur menggunakan labu leher angsa


Setelah beberapa hari ternyata kaldu yang terdapat dalam labu tidak berubah dan tidak timbul kehidupan. Pasteur berkeimpulan bahwa kehidupan berasal dari kehidupan lain, yang kemudian terkenal dengan slogan “omne vivum ex vivo”.

Berdasarkan hasil penelitian dari tokoh-tokoh ini, akhirnya paham Abiogenesis atau Generation spontanea menjadi pudar karena paham tersebut tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Demikian posting hari ini mengenai teori biogenesis dan pendapat para ahli.

Jangan lupa untuk ikuti sosial media kami untuk mendapatkan update terbaru.

Terima kasih.




Posting Komentar