Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Cadagahi (Ecaliptus torelliana)

Cadagahi (Ecaliptus torelliana)

Klasifikasi Cadagahi (Ecaliptus torelliana)

Kingdom         : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Rosidae
Ordo : Myrtales
Famili : Myrtaceae
Genus : Eucalyptus
Spesies : Eucalypus torelliana

Ciri Umum Cadagahi (Ecaliptus torelliana)

Eucalyptus spp. merupakan tanaman yang termasuk family Myrtaceae. Jenis Eucalyptus spp. menghendaki iklim bermusim (daerah arid) dan daerah yang beriklim basah dari tipe hujan tropis. Jenis Eucalyptus spp tidak menuntut persyaratan tinggi terhadap tempat  tumbuhnya. 

Eucalyptus spp dapat tumbuh ditanah yang dangkal, berbatu-batu, lembab ,dan rawa-rawa,secara prodik digenangi air, dengan variasi kesuburan tanah mulai dari tanah-tanah kurus gersang sampai pada tanah yang baik dan subur. Serta dapat dikembangkan mulai dari dataran rendah sampai daerah pegunungan yang tingginya per tahun yang sesuai bagi pertumbuhannya antara 0-1 bulan dan suhu rata-rata pertahun 20-230 C. jenis tanah yang digunakan pada pertanaman Eucalyptus spp ini adalah jenis tanah litosol dan rigosol podsolik.

Eucalyptus spp merupakan tanaman yang banyak ditanam di beberapa Negara tropis pada lahan yang luas. Adapun jenis dari Eucalyptus spp diantaranya yaitu Eucalyptus camadulensis, Eucalyptus grandis, Eucalyptus pellita, Eucalyptus tereticornis, Eucalyptus torelliana. Eucalyptus torelliana sendiri memiliki karakterstik sebagai berikut:

Nama Alternatif

Eucalyptus torelliana, Cadagahi 

Habitus

Pohon. tnggi pohon hingga 30 m tinggi. Dengan urat daun lateral pada sudut lebar ke midvein dan dengan vena dekat tepi daun, terdapat sedikit kelenjar.

Negara Asal 

Asli margin hutan hujan dan hutan hujan di bagian utara Queensland. 

Bunga dan buah

Bunga dapat mulcul pada musim semi. Dengan tunas 8-9 mm, 5-6 mm. Buahnya memiliki ukuran 8-10 mm dan kuncup bunga berbentuk bulat telur; tutup (operkulum) dengan tunas setengah bola yang agak meruncing, tunas dan buah pada tangkai 5-20 mm; bulat telur buah dan dengan 3 katup di bawah tepi buah; benang sari banyak yang memiliki warna putih sampai krem.

Daun 

Daun bulat telur , alternatif, permukaan warna yang berbeda, yang melekat dengan tangkai daun yang bergabung, daun jauh dari margin (peltate), vena dan tangkai daun berbulu.

Sumber

Anonim.2008.http://www.weeds.org.au/cgibin/weedident.cgi?tpl=plant.tpl&state=&s=&ibra=all&card=T42. 10 Juni 2011. Pukul 21.08 WIB.

Morita Lidya sondang. 2009. http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/7663/1/09E02657.pdf.  19 juni 2012. pukul 20.00 WIB.

0 Komentar untuk "Cadagahi (Ecaliptus torelliana)"
Back To Top -->