Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Rumus Persamaan Fotosintesis

Kehadiran klorofil dan kemampuan untuk menjalani fotosintesis adalah beberapa atribut yang membedakan tanaman dari hewan. Fotosintesis didefinisikan sebagai proses kimia, dimana karbon dioksida dengan adanya air dan energi radiasi akan dikonversi menjadi glukosa (energi kimia), memberikan oksigen sebagai produk. Persamaan fotosintesis seimbang tidak lain adalah representasi dari sintesis glukosa oleh tanaman dalam bentuk persamaan.

Apa itu Persamaan Fotosintesis?


Tumbuhan hijau bersama dengan alga dan beberapa bakteri dikelompokkan dalam photoautotrophs, yang berarti mereka dapat membuat makanan mereka sendiri di hadapan cahaya oleh fotosintesis. Ini konversi energi cahaya menjadi energi kimia terjadi pada pigmen yang mengandung plastida, kloroplas disebut. Dan, apa yang terjadi di kloroplas untuk produksi glukosa dikemukakan dalam persamaan untuk fotosintesis. Dalam persamaan, reaktan menggabungkan dan produk yang dihasilkan disajikan bersama dengan nomor masing-masing molekul.

Keseimbangan Rumus Kimia Fotosintesis


Jika Anda memahami langkah-langkah dasar tentang bagaimana untuk menyeimbangkan reaksi kimia, datang dengan persamaan fotosintesis seimbang sangat mudah. Seperti kita semua sadar, ada karbon dioksida, air dan energi radiasi di sisi reaktan, sedangkan produk-produk dari proses fotosintesis adalah glukosa dan oksigen. Menempatkan ini dalam bentuk rumus sederhana, berikut ini merupakan persamaan fotosintesis untuk anak-anak sebelum balancing.


Langkah # 1: CO2 + H2O + Energi cahaya → C6H12O6 + O2

Reaksi kimia dikatakan seimbang, ketika kedua sisi persamaan fotosintesis (reaktan dan produk) memiliki jumlah molekul yang sama untuk masing-masing unsur. Tak perlu menyebutkan, rumus di atas untuk fotosintesis tidak seimbang, karena hanya ada satu atom karbon di sisi reaktan, sementara ada 6 atom karbon dalam sisi produk. Ketika Anda mencoba untuk menyeimbangkan persamaan di atas, menempatkan 6 di depan molekul karbon dioksida, setelah persamaan yang dihasilkan akan:

Langkah # 2: 6 CO2 + H2O + Energi cahaya → C6H12O6 + O2

Sekarang, jumlah atom karbon adalah 6 di kedua belah pihak. Atom-atom yang tersisa untuk seimbang adalah hidrogen dan oksigen. Mari kita beralih ke atom hidrogen, yang hanya memiliki 2 atom di sisi reaktan dan 12 atom di sisi produk. Jadi, dalam rangka untuk menyeimbangkan jumlah atom hidrogen, menempatkan 6 di depan molekul air di sisi reaktan. Dengan langkah ini, rumus fotosintesis sebagian seimbang diwakili oleh:

Langkah # 3: 6 CO2 + 6 H2O + Energi cahaya → C6H12O6 + O2

Dengan langkah ini, jumlah karbon dan atom hidrogen seimbang di kedua sisi persamaan fotosintesis. Jadi, langkah terakhir adalah untuk menyeimbangkan jumlah atom oksigen. Hati-hati menghitung jumlah atom oksigen di sisi reaktan, yang berjalan seperti ini, 12 atom dari karbon dioksida (CO2 6) dan 6 atom dari air (H2O 6), yang total datang ke 18 atom. Di sisi produk, ada 6 atom dari glukosa (C6H12O6) dan 2 atom dari molekul oksigen (O2), berjumlah datang ke 8 atom. Dan untuk menyeimbangkan atom defisit sisi produk, menempatkan 6 di depan molekul oksigen:

Langkah # 4: 6 CO2 + 6 H2O + Energi cahaya → C6H12O6 + 6 O2

Jadi, ini adalah bagaimana Anda bisa menyeimbangkan persamaan fotosintesis dalam cara langkah-demi-langkah. Puting persamaan fotosintesis seimbang dalam kata-kata, hal itu menunjukkan bahwa enam molekul masing-masing karbon dioksida dan air menggabungkan bersama-sama di hadapan energi cahaya, sehingga membentuk satu molekul glukosa dan enam molekul oksigen. Saya harap artikel ini pada fotosintesis persamaan seimbang penuh berguna bagi Anda dalam meningkatkan teori ilmu Anda.
Tag : fotosintesis
0 Komentar untuk "Rumus Persamaan Fotosintesis"
Back To Top -->