Rumus Fotosintesis

fotosintesis cahaya matahari dan tumbuhan

Karakteristik pada tumbuhan yang membedakannya dari binatang adalah kemampuan untuk mensintesis makanan sendiri atau autotrof. Dalam hal ini, proses yang terjadi disebut fotosintesis. Fotosintesis adalah proses konversi energi cahaya (diperoleh dari sinar matahari) menjadi energi kimia (gula) oleh tumbuhan hijau. Begitu juga dengan Respirasi yang sangat penting untuk mengolah partikel makanan, hasilnya berupa nutrisi yang bisa disimpan atau digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Siklus ini terus berlanjut sepanjang siklus hidup tumbuhan.

Kemampuan tumbuhan untuk menghasilkan makanan sendiri karena tumbuhan mempunyai klorofil dan kloroplas yang terdapat pada daun. Yang pertama adalah pigmen hijau, sedangkan yang kedua mengacu pada plastida yang mengandung klorofil dan pigmen lain yang bermanfaat. Lebih tepatnya, fotosintesis dilakukan dalam kloroplas dengan bantuan pigmen klorofil. Meskipun kita semua kenal dengan tumbuhan sejak zaman dahulu, banyak dari kita masih belum tahu persamaan untuk fotosintesis dan respirasi.

Persamaan Fotosintesis 


Persamaan fotosintesis pada dasarnya adalah representasi kimia fotosintesis dalam bentuk reaksi yang berlangsung di kloroplas. Jika Anda memiliki ide singkat tentang bahan baku yang diperlukan dan produk-produk yang dihasilkan dari proses fotosintesis, anda dapat dengan mudah memahami persamaan kimia untuk fotosintesis. Oleh karena itu, mari kita coba untuk memahami apa yang terjadi pada saat proses fotosintesis berlangsung terlebih dahulu.

Dalam fotosintesis, karbon dioksida digunakan sebagai dasar substrat untuk memproduksi glukosa dan oksigen dengan bantuan energi cahaya dan air. Kemudian, glukosa tersebut diubah menjadi energi dan oksigen dilepaskan. Fotosintesis adalah proses yang kompleks, tetapi dapat direpresentasikan dalam bentuk reaksi sederhana. Berikut ini adalah persamaan fotosintesis yang akan membantu Anda memahami proses ini tumbuhan :

6 CO2 + 6 H2O + Energi cahaya → C6H12O6 + 6 O2

Karbon dioksida + Air + Energi cahaya → Glukosa + Oksigen

Reaktan karbon dioksida, air dan sinar matahari yang setelah selesai reaksi menghasilkan glukosa dan oksigen. Angka yang terdapat sebelum senyawa menunjukkan jumlah molekul yang diperlukan untuk proses tersebut. Sebagai contoh, angka 6 pada CO2 berarti enam molekul karbon dioksida dan 6 O2 berarti enam molekul oksigen. Dengan demikian, dalam fotosintesis enam molekul karbon dioksida dan enam molekul air bereaksi di hadapan sinar matahari untuk menghasilkan satu molekul glukosa dan enam molekul oksigen.

Produk akhir dari fotosintesis adalah glukosa yang disimpan dalam struktur molekul kompleks dalam sel tumbuhan. Selain itu, oksigen yang dihasilkan sebagai produk sampingan dilepaskan ke sekitarnya untuk digunakan dalam respirasi oleh mahluk hidup lain termasuk manusia dan hewan. Selain menghasilkan oksigen, glukosa yang disintesis dengan cara fotosintesis juga merupakan sumber energi bagi mahluk hidup dan beredar melalui rantai makanan. Dengan demikian, tumbuhan sangat penting untuk menyeimbangkan komposisi udara di atmosfir dan mendukung kehidupan di alam.

Jadi, demikianlah gambaran umum tentang fotosintesis dan persamaan kimia untuk fotosintesis. Setelah Anda memahami hal ini, anda akan merasa mudah untuk belajar persamaan respirasi. Terdapat persamaan dan perbedaan antara proses respirasi dan fotosintesis, diantaranya adalah respirasi bertanggung jawab untuk mengoksidasi glukosa, untuk memproduksi energi, karbon dioksida dan air.

0 comments: