Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Pentingnya Fotosintesis

Cara paling mudah untuk memahami apa fotosintesis, akan tahu bahwa itu mengacu pada proses produksi dan melepaskan oksigen di udara. Ini adalah proses yang dilakukan oleh tanaman untuk menghasilkan makanan mereka sendiri, dan membutuhkan sinar matahari langsung, karbon dioksida dan air (H2O). Dalam proses fotosintesis, tanaman menguraikan molekul hidrogen dan karbon dioksida menjadi hidrogen, karbon dan oksigen untuk menghasilkan glukosa yang merupakan sumber energi, pertumbuhan dan makanan mereka. Ini melibatkan konversi energi yang tersimpan dari sinar matahari, air dan karbon dioksida menjadi glukosa yang merupakan senyawa organik dan melepaskan oksigen dalam proses.

Produk Fotosintesis

Produk utama dari fotosintesis adalah glukosa yang merupakan sumber karbohidrat seperti selulosa, pati dll Hal ini juga menghasilkan lemak, protein, air gula larut seperti maltosa dan sukrosa. Tanaman tergantung pada glukosa ini untuk pertumbuhan dan energi mereka.


Semua makhluk hidup di bumi bergantung pada lemak, protein dan karbohidrat untuk mendapatkan sumber dasar energi mereka dan dengan demikian memiliki ketergantungan langsung pada proses ini untuk kelangsungan hidup mereka.

Fotosintesis dan respirasi

Pentingnya fotosintesis dapat dipahami sehubungan dengan proses pernapasan kita. Proses pernapasan membuat kita tetap hidup dan fotosintesis memberikan kita oksigen untuk bernapas masuk

Kedua proses ini saling berkaitan dan saling melayani. Sementara fotosintesis membutuhkan karbon dioksida dan melepaskan oksigen untuk menghasilkan glukosa, respirasi membutuhkan oksigen saat menghirup dan melepaskan karbon dioksida saat mengembuskan napas.

Fotosintesis terjadi pada siang hari ketika matahari bersinar karena tanaman membutuhkan sinar matahari untuk menghasilkan energi. Di sisi lain respirasi terjadi sepanjang waktu selama sebagai makhluk hidup hidup.

Ketika tanaman bernafas, mereka mengambil karbon dioksida dari udara yang membantu mereka dalam menyiapkan makanan (glukosa yang merupakan produk dari reaksi fotosintesis). Mereka memberikan oksigen sebagai bagian dari proses fotosintesis. Hal ini terjadi di siang hari. Selama malam, ketika tidak ada sinar matahari, stomata (pori-pori melalui mana sinar matahari dan karbon dioksida memasuki daun) ditutup dan daun melepaskan sejumlah kecil karbon dioksida di udara.

Fotosintesis dan Lingkungan

Tingkat karbon dioksida di lingkungan sangat tergantung pada proses fotosintesis, yang pada gilirannya, tergantung pada jumlah tanaman dan pohon yang kita miliki. Kenaikan berlebihan atau penurunan tingkat karbon dioksida dapat mendatangkan hasil buruk pada planet bumi.

Revolusi industri dan kemajuan teknis telah menyebabkan terlalu banyak pabrik, rumah produksi, bangunan, jalan dll sehingga meningkatkan penggunaan bahan bakar dan pelepasan limbah industri dan karbon dioksida yang bisa sangat berbahaya bagi lingkungan.

Hanya jalan, peningkatan tingkat karbon dioksida dapat merusak lingkungan, sama penurunan tingkat dapat menyebabkan planet untuk membekukan sebagai CO2 membantu dalam menjaga planet kita hangat dan hidup-bisa. Fotosintesis membantu dalam menjaga keseimbangan tingkat karbon dioksida di alam dengan mengambil CO2 di siang hari (dan sekaligus menyuplai oksigen bagi makhluk hidup lainnya) dan melepaskannya di malam hari.

Fotosintesis dan Kehidupan

Fotosintesis secara langsung berkaitan dengan kehidupan dan kelangsungan hidup semua makhluk hidup lainnya di bumi. Hal ini tidak hanya menyuplai oksigen tanpa yang bernafas dan menjadi hidup akan sulit, tetapi juga menyediakan makanan dan energi untuk semua.

Di antara semua makhluk hidup di planet bumi hanya tanaman mampu menghasilkan makanan mereka sendiri dan berasal energi dari itu. Tidak ada makhluk hidup lain dapat menghasilkan makanan mereka dan dengan demikian, tergantung pada tanaman atau makhluk lain yang memakan tanaman untuk bertahan hidup. Oleh karena itu, dengan memproduksi energi tanaman menyediakan semua nutrisi yang diperlukan dan energi secara langsung dan / atau tidak langsung terhadap makhluk hidup lainnya. Produksi energi ini dimungkinkan melalui fotosintesis.

Pergi dengan semua hal di atas fakta-fakta, jelas bagaimana fotosintesis memainkan peran penting dalam mengatur siklus kehidupan di bumi. Sekarang Anda mungkin menyadari pentingnya setiap kali Anda bernapas masuk dan keluar dan melihat tanaman di halaman rumah atau lingkungan atau taman depan. Sinar matahari, air dan tanaman bekerja sama untuk memasok sumber baku energi untuk kami dan membantu kami menghirup oksigen untuk hidup. Hidup tanpa fotosintesis, akan, dengan demikian tidak mungkin.
Tag : fotosintesis
0 Komentar untuk "Pentingnya Fotosintesis"
Back To Top -->