Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Struktur Kloroplas

Dari semua proses biologis yang terjadi di Bumi, fotosintesis adalah salah satu yang paling penting. Landasan piramida makanan yang membuat kehidupan berlangsung di planet kita adalah makanan yang dibuat oleh tumbuhan melalui proses fotosintesis. Mekanisme di dalam sel eukariotik dan tanaman yang membuat fotosintesis yang mungkin adalah kloroplas.

Struktur kloroplas dan Fungsinya


Kloroplas adalah organel sel, yang fungsi utamanya adalah untuk mengubah energi yang berasal dari sinar matahari menjadi energi kimia yang tersimpan dalam glukosa. Mereka termasuk jenis organel sel, yang secara kolektif dikenal sebagai plastida. Plastida adalah organel kunci dalam sel eukariotik dan tanaman lainnya, yang merupakan situs untuk penciptaan dan penyimpanan senyawa kimia penting.

Kloroplas adalah plastid, yang bertanggung jawab atas eksekusi lengkap dari proses fotosintesis. Struktur unik kloroplas seharusnya telah berevolusi dari cyanobacteria endosymbiotic (ganggang hijau biru) selama jutaan tahun.

Ukuran kloroplas

Kloroplas adalah organel berbentuk piringan pipih yang biasanya 2-10 m dengan diameter ketebalan sekitar 1 m. Pada tanaman terestrial, diameter mereka biasanya 5 um dan ketebalan sekitar 2,3 m. Mereka yang terkandung dalam sel-sel parenkim pada tanaman terestrial, masing-masing memiliki sekitar seratus kloroplas. Mari kita lihat pada struktur, dengan mempertimbangkan setiap satu dari bagian-bagian penyusunnya.

Membran kloroplas

Kloroplas ditutupi oleh tebal lipid membran bi-layer, yang mengontrol pengangkutan bahan ke dalam dan keluar dari sel ini organel.

Stroma

Di dalam membran adalah cairan berair yang menembus semua interior kloroplas dan dikenal sebagai stroma. Ini berisi enzim, ribosom dan helai melingkar DNA (Asam Deoxyriboenucleic). Stroma adalah situs untuk siklus Calvin, yang merupakan proses fiksasi karbon pada tanaman. Sintesis protein dapat terjadi di lokasi ribosom dalam stroma.

Tilakoid

Tilakoid adalah struktur dalam stroma, yang situs yang sebenarnya fotosintesis. Mereka adalah piringan pipih berbentuk sub-organel kloroplas, yang ditumpuk vertikal satu sama lain. Setiap tumpukan tilakoid disebut granum a. Ini grana tersebar di seluruh stroma chroloplast itu. Setiap tilakoid memiliki membran yang menutupi dan proses fotosintesis berlangsung pada permukaannya.

Antena Kompleks

Fungsi utama dari kloroplas adalah penyerapan cahaya dan yang dieksekusi oleh mekanisme membran tilakoid. Membran tilakoid berisi struktur pengumpulan cahaya disebut kompleks antena, yang terdiri dari pigmen menyerap cahaya seperti klorofil dan karotenoid, bersama dengan protein yang gel mereka bersama-sama. Ada lamellae stroma, yang menghubungkan berbagai tumpukan tilakoid dan membuat kerangka yang menopang seluruh struktur.

Kompleks antena menyebar, untuk memperluas luas permukaan paparan foton matahari. Hal ini memungkinkan untuk molekul klorofil dan karotenoid untuk menangkap foton dari berbagai panjang gelombang. Melalui proses yang disebut 'Resonansi Energi transfer', energi matahari diserap ditransfer ke pusat-pusat reaksi fotosintesis dalam bentuk elektron bersemangat. Energi yang dibuat dalam reaksi ini digunakan untuk daya siklus Calvin dalam stroma.

Kloroplas memang mekanisme pengumpulan cahaya yang canggih, yang membentuk 'dapur' tanaman, di mana karbon dioksida dan air diproses untuk membuat gula seperti glukosa melalui konversi energi matahari menjadi energi kimia. Sebagai produk sampingan dari reaksi fotosintesis yang terjadi di dalam struktur, oksigen dilepaskan yang penting untuk kelangsungan hidup semua organisme hidup.

Kecanggihan struktur kloroplas dalam dan fungsinya adalah membingungkan ketika Anda menyadari betapa tepatnya semuanya diletakkan di tempat untuk proses fotosintesis terjadi. Mesin biokimia yang membuat proses kerja, kerdil prestasi teknik yang paling canggih manusia!
Tag : fotosintesis
0 Komentar untuk "Struktur Kloroplas"
Back To Top -->