Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Projek sains pada sistem pernapasan

Sistem pernapasan adalah bagian penting dari tubuh kita. Sistem organ merupakan instrumen dalam sirkulasi oksigen dan dengan demikian, darah di berbagai bagian tubuh. Mempelajari sistem pernapasan melalui proyek-proyek sains harus menarik. Ada banyak ide yang berbeda yang dapat Anda gunakan untuk proyek-proyek tersebut.

Model Sistem Pernapasan 

Salah satu model sederhana dari sistem pernapasan manusia dapat dibuat dengan menggunakan item tidak lebih dari 2 balon, cungkup, sepotong karet, Y-tabung, gabus erat pas dan aksesoris untuk menempatkan hal-hal di tempat. Lonceng-jar berfungsi sebagai model rongga dada - yang menggabungkan paru-paru dalam bentuk dua balon. Y-tabung yang digunakan untuk melampirkan balon untuk kepentingan mereka. Y-tabung memiliki 3 ujung. Dua ujung yang terhubung ke balon dan ujung lainnya dibiarkan bebas. Sekarang mari kita memahami bagaimana menciptakan perakitan untuk sistem pernapasan proyek ilmu adil.


Fit gabus pada pembukaan atas cungkup. Harus ada lubang di gabus ini untuk ujung bebas Y-tabung untuk melewati. Balon harus dipasang pada 2 ujung Y-tabung dan diikat dengan karet gelang. Ujung bebas maka harus melalui gabus. Ujung terbuka toples harus ditutupi oleh potongan karet (diambil dari balon besar). Potongan karet harus diikat dengan cara karet gelang. Balon terhubung ke Y-tabung harus ditiup untuk 1/4th dari total kapasitas mereka, udara harus ditiup melalui ujung bebas Y-tube. Segera setelah meniup udara ke dalam balon, ujung bebas tersebut disegel dengan gabus berukuran tepat. Ini melengkapi model proyek sistem kami pernapasan. Bagian karet yang menutupi bagian bawah lonceng jar merupakan diafragma.

Proyek Bahaya Merokok

Efek dari merokok pada paru-paru dapat ditunjukkan dengan percobaan jar. Anda akan membutuhkan 2 guci, 2 buah spons, 2 tabung karet dan rokok untuk proyek ini. Kedua guci harus memiliki lubang kecil di bagian atas untuk tabung karet untuk melewati. Lubang dibor pada salah satu botol harus cukup besar untuk muat dalam rokok dan pipa karet. Tempatkan satu potong spons di setiap guci. Ujung tabung karet harus dipasang di lubang hadir pada guci, tabung karet harus menghubungkan dua stoples dengan satu sama lain. Sekarang masukkan rokok menjadi salah satu guci. Asap dipancarkan oleh rokok langsung memasuki tabung pertama. Bagian dari asap perjalanan dari tabung pertama yang kedua melalui tabung karet. Kedua spons harus diperiksa setelah rokok telah selesai membakar. Kondisi spons (ditutupi oleh jelaga dan tar) memberi kita gambaran tentang kerusakan yang sebenarnya menyebabkan paru-paru.

Pengaruh Temperatur terhadap Fungsi Paru-paru

Penelitian ini memungkinkan kita untuk menemukan apakah perubahan suhu memiliki efek pada fungsi paru-paru. Ini adalah salah satu proyek sains yang menarik sederhana dan belum pada sistem pernapasan bahwa anak-anak dapat menggunakan. Untuk proyek ini, Anda akan membutuhkan peak flow meter, sebuah Celcius termometer dan 5 relawan.

Untuk melakukan percobaan ini, para relawan harus meniup dalam peak flow meter untuk menguji fungsi paru-paru mereka. Thermometer harus digunakan untuk memeriksa suhu tubuh relawan. Salah satu relawan harus diminta untuk meniup ke puncak arus meter sementara pada suhu kamar. Pembacaan harus dicatat sebagai kapasitas paru-paru normal. Relawan ini kemudian harus ditanyakan ke menginap di daerah dingin selama sekitar 3-5 menit, puncak arus membaca meter diambil setelah berada di lingkungan yang dingin harus berbeda. Para relawan yang sama maka harus dibuat untuk tinggal selama 3-5 menit dalam lingkungan yang hangat. Anda dapat mengamati perbedaan antara tiga bacaan. Prosedur yang sama harus diulang untuk lainnya 4 relawan. Berdasarkan hasil semua tes, Anda dapat menemukan rata-rata perubahan (berdasarkan variasi suhu) diamati dalam kapasitas paru-paru.

Anda tidak perlu memiliki instrumen khusus atau peralatan untuk melakukan percobaan yang berhubungan dengan sistem pernapasan. Teknik-teknik sederhana dan perangkat yang disebutkan di atas, dapat membantu dalam membuat proyek sains pada sistem pernapasan. Anak-anak akan menemukan semua ide-ide menarik untuk proyek-proyek mereka.
0 Komentar untuk "Projek sains pada sistem pernapasan"
Back To Top -->