Lobus pada paru-paru

Paru-paru dibagi menjadi paru-paru kanan dan paru kiri. Paru-paru kanan memiliki tiga lobus sedangkan paru kiri hanya memiliki dua lobus. Namun, semua lobus membantu dalam pertukaran gas dan pernapasan bantuan. Dapatkan informasi rinci dalam artikel berikut.

Paru-paru adalah salah satu organ paling penting hadir dalam tubuh. Ini adalah organ pada sistem pernapasan yang bertanggung jawab untuk membantu kita bernapas dan dengan demikian, sebenarnya membentuk bagian utama dari sistem pernapasan. Hidung mengarah ke trakea, yang kemudian terbagi menjadi dua bronkus, yang pada gilirannya cabang ke berbagai bronkiolus. Ini bronkiolus kemudian memimpin ke alveoli kecil, yang merupakan tempat pertukaran udara terjadi. Paru-paru pada dasarnya terdiri dari jaringan parenchymatous yang hadir dalam bentuk ini di sisi kanan dan kiri, yang dengan demikian, merupakan paru-paru kanan dan kiri. Setiap paru memiliki sejumlah tertentu lobus paru-paru.

Paru Kanan

Bobot paru kanan lebih dari paru-paru kiri ...
Paru-paru kanan lebih pendek dari paru-paru kiri sekitar lima sentimeter. Hal ini disebabkan diafragma naik lebih tinggi di sisi kanan sehingga dapat mengakomodasi hati. Namun, paru-paru kanan lebih luas karena kecenderungan jantung di sisi kiri. Karena alasan ini, total kapasitas, volume dan berat paru-paru kanan lebih daripada paru kanan lung.The kiri memiliki tiga lobus paru-paru:
Lobus superior
Lobus tengah dan
Lobus inferior
Ini dipisahkan dari satu sama lain oleh celah interlobular. Salah satu celah ini, celah miring, memisahkan lobus inferior paru dari lobus tengah dan unggul. Fissure ini terkait erat dengan celah di paru-paru kiri. Namun, arahnya lebih vertikal dan memotong batas bawah dari paru-paru kanan sekitar 7,5 cm di belakang ekstremitas anterior nya. Fisura lainnya, yang merupakan celah horisontal, memisahkan superior dari lobus tengah. Celah ini dimulai pada fisura sebelumnya dekat perbatasan posterior paru-paru dan berjalan horizontal ke depan, memotong perbatasan anterior pada tingkat dengan ujung sternal dari kartilago kosta keempat. Pada permukaan mediastinal paru-paru, dapat ditelusuri ke belakang untuk hilus.

Lobus tengah adalah yang terkecil dari semua lobus paru dari paru-paru kanan. Ini adalah berbentuk baji dan termasuk bagian bawah perbatasan anterior dan bagian anterior dari dasar paru-paru. Hak lobus atas adalah salah satu lobus paru-paru terbesar dan terletak di permukaan anterior dada, mengambil sebagian besar ruang di sini. Di sisi lain, lobus kanan lebih rendah terutama terletak di bagian permukaan posterior dada dan sangat sedikit yang diproyeksikan ke dada anterior.

Paru Kiri


Paru-paru kiri dua lobed ...
Paru-paru kiri tidak memiliki lobus tengah yang tepat. Alasan mengapa tidak ada lobus tengah, yang membuat paru-paru kiri lebih kecil dari kanan, adalah bahwa hal itu membuat ruang untuk jantung seperti hati manusia ditempatkan sedikit ke arah sisi kiri paru-paru kiri chest.The dibagi menjadi dua lobus :
Lobus superior dan
Lobus inferior
Atas dan bawah lobus dibagi oleh celah yang dikenal sebagai celah miring. Fissure ini memanjang dari pesisir ke permukaan mediastinal paru-paru, baik di atas dan di bawah hilus. Fissure ini dimulai pada permukaan mediastinal paru-paru di bagian atas dan posterior hilus dan kemudian berjalan mundur dan ke atas ke perbatasan posterior yang melintasi pada titik sekitar enam sentimeter di bawah puncak paru-paru kiri.

Superior lobus, yang merupakan lebih kecil dari dua lobus paru-paru, terletak di atas dan di depan fisura ini dan termasuk puncak, perbatasan anterior dan bagian dari permukaan pesisir dan sebagian besar permukaan mediastinal paru-paru . Inferior lobus adalah lebih besar dari dua lobus paru-paru dan terletak di bawah dan di belakang celah dan terdiri dari hampir seluruh dasar, sebagian besar permukaan pesisir dan sebagian besar dari batas posterior. Lobus yang hilang atau tidak hadir dalam paru-paru kiri bila dibandingkan dengan paru-paru kanan adalah lobus tengah. Sebaliknya ada tonjolan kecil dari lobus atas paru-paru kiri yang dikenal sebagai Lingula. Lingula berarti 'kecil' dalam bahasa Latin. Hal ini juga dikenal sebagai lidah paru-paru karena bentuknya. Hal ini selanjutnya dibagi menjadi dua segmen, atas atau bawah atau superior dan inferior.

Lobus paru-paru lanjut dibagi menjadi lobulus. Ada sekitar 130.000 lobulus di paru-paru yang memiliki bronkus bercabang keluar dari mereka. Ini bronkus cabang lebih lanjut dan akhirnya turun ke kantung-kantung udara yang dikenal sebagai alveoli, dimana pertukaran gas berlangsung. Jadi kita dapat mengatakan bahwa semua lobus paru-paru memiliki fungsi yang sama membantu dalam respirasi dan pertukaran gas. Meskipun perbedaan struktural, semua lobus sama-sama rentan terhadap berbagai infeksi dan penyakit karena faktor internal dan eksternal. Meskipun ada obat-obatan dan operasi untuk mengobati penyakit paru-paru yang efektif, beberapa penyakit bahkan dapat mengancam jiwa. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga paru-paru dan menghindari merokok dan faktor-faktor lain yang dapat memicu kondisi berbahaya.

0 comments: