Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Fakta-fakta mengenai Spons

Kata 'spons' baik mengingatkan kita kamar mandi spons atau benda berwarna kuning kecil: 'sponge bob'. Namun, kita jarang berpikir tentang spons laut yang begitu indah menghiasi dasar laut. Hidup spons laut terlihat tidak seperti hidangan spons cuci kita tetap di dapur, yang kebetulan hanya kerangka satu jenis spons. Spons muncul dalam segala macam warna dan bentuk yang mulia, ditemukan melekat pada dasar laut. Spons laut menempel permanen ke substrat padat sehingga mereka tidak melayang di sekitar bawah air.

Beberapa Fakta Penting Tentang Spons


Hewani atau Tanaman?

Apakah Anda tahu bahwa spons laut bukanlah tanaman atau bahkan bagian dari terumbu karang, tetapi diklasifikasikan sebagai hewan bawah Porifera Filum.


Spons diyakini dipadatkan buih laut pada abad keenam belas dan sampai 1765 mereka dianggap tanaman.

Spons laut diklasifikasikan sebagai hewan, bagaimanapun, tidak memiliki otak, sistem saraf pusat, sistem pencernaan dan sistem kardiovaskular.

Spons tidak memiliki organ, bukan memiliki sel-sel khusus yang melaksanakan semua proses penting.

Jadi jika spons tidak memiliki sistem pencernaan, bagaimana mereka mendapatkan makanan mereka dicerna dan dikeluarkan? Nah, spons tergantung pada aliran konstan air yang mengalir melalui tubuh mereka untuk mendapatkan makanan (plankton dan partikel organik) dan oksigen dan juga untuk membuang limbah.

Ukuran, Bentuk dan Warna

Berikut ini adalah satu set fakta menarik tentang spons. Mayat spons yang berlubang dan disesuaikan untuk memaksimalkan efisiensi aliran air melalui tubuh mereka. Selain itu, mereka diadakan di bentuk dengan matriks gelatin dari jaringan mesofil.

Spons laut melekat pada lantai laut benar-benar warna-warni dan menawan dalam penampilan. Mereka muncul di bawah air gelap karena adanya membran gelap yang menyelubungi mereka dan melindungi kerangka lembut batin mereka dari kehancuran. Setiap berbagai spons memiliki bentuk dan warna yang berbeda.

Spons memiliki skor lubang atau pori-pori pada permukaannya, di mana air yang mengandung makanan dan aliran oksigen ke seluruh tubuh spons.

Spons laut dapat ditemukan tumbuh di bebatuan seperti lumut, sementara beberapa mungkin berdiri bebas. Mereka tumbuh dalam bentuk yang aneh dan ukuran, dengan beberapa proporsi raksasa luas juga. Bentuk yang berbeda dari spons laut barel, tabung, dll Salah satu spons terbesar yang pernah hampir 10 kaki lebar.

Apa yang kita pikirkan adalah spons laut berbaring di pantai sebenarnya hanya kerangkanya. Kerangka ini terdiri dari serpihan seperti jarum disebut spikula dan mesh protein yang disebut spongin. Pemeriksaan mikroskopis kerangka ini dapat memberitahu kita yang jenis spons laut itu.

Pertahanan

Spons dapat diserang oleh predator atau bahkan spons lainnya di dekat mereka. Jadi untuk melindungi diri, spons melepaskan racun ke dalam air sekitarnya dan di luar tubuh mereka. Hal ini juga mencegah sel-sel spons lain dari tumbuh. Hal ini karena racun ini bahwa orang yang menangani spons mengembangkan ruam setelah kontak.

Reproduksi pada Spons

Salah satu fakta spons laut menarik adalah cara spons mereproduksi. Spons laut terutama memiliki kedua jenis kelamin dalam spons yang sama (hermaprodit), namun, mereka hanya memproduksi satu jenis gamet per rentang. Ini berarti beberapa spons bertindak sebagai laki-laki dan beberapa perempuan sebagai, meskipun mereka mampu memainkan peran baik.
Spons bereproduksi secara seksual dengan melepaskan sperma ke dalam air, yang kemudian tertangkap oleh spons tetangga. Sperma membuahi telur internal dan berkembang menjadi larva sangat kecil yang akan dirilis ke dalam air. Larva dirilis pergi dan menempel ke dasar laut dan berkembang menjadi spons lain.

Ketika bagian dari spons terputus, bagian yang rusak akan membentuk spons baru, sehingga membentuk cara lain reproduksi yang disebut tunas. Kekuatan ini untuk menumbuhkan hanya luar biasa dan membantu menjaga populasi spons dalam kontrol.
Komersial Menggunakan ...

Karena tekstur yang lembut, rumput dan wol spons yang digunakan untuk mandi. Demikian pula ada lagi 4 spesies yang juga digunakan untuk spons mandi. Spons kuning dengan tekstur kasar dan sempurna untuk pengelupasan kulit. Setelah mengatakan ini, seseorang tidak dapat mengambil spons laut dari laut dan menggunakannya. Nelayan spons basah spons dikumpulkan dari air dengan memeras dalam ember air. Mereka kemudian memiliki kerangka elastis didekalsifikasi, dibilas dan dikelantang.

Spons laut juga digunakan dalam bidang medis, di mana ahli bedah menggunakan spons selama prosedur pembedahan. Setelah semua, spons penyerap memiliki kualitas yang indah. Selain itu, perusahaan farmasi sedang melakukan beberapa penelitian berdasarkan senyawa tertentu yang ditemukan dalam spons laut. Para peneliti percaya bahwa beberapa senyawa ini dapat membantu mempersiapkan obat antivirus untuk mengobati kondisi seperti tuberkulosis, malaria dan kanker.
Karena spons dapat menjadi kasar dan kasar untuk beberapa yang memiliki kulit sensitif, kita harus selalu memeriksa dengan penyedia layanan kesehatan mereka sebelum menggunakan spons laut di tubuh mereka. Selain itu, orang yang menangani spons laut perlu berhati-hati karena racun dapat menyebabkan ruam kulit. Anda bahkan bisa menggunakan spons untuk melukis. Lain kali Anda mengambil spons untuk tujuan kosmetik, lukisan atau pembersihan, mengingat fakta-fakta spons laut.
Tag : zoologi
0 Komentar untuk "Fakta-fakta mengenai Spons"
Back To Top -->