Sistem Peredaran Darah pada Manusia


Sistem peredaran darah adalah salah satu sistem yang paling penting dalam tubuh. Sistem ini melakukan semua fungsi penting pada tubuh manusia. Dalam rangka untuk menjaga sistem kardiovaskular agar tetap sehat walafiat, maka penting untuk menjaga asupan nutris, olah raga yang tepat dan periksa ke dokter secara rutin.

Sistem peredaran darah manusia atau sistem kardiovaskular mengedarkan darah dan nutrisi penting lainnya ke seluruh tubuh dengan bantuan pembuluh darah. Ini juga merupakan sistem organ yang fungsi utamanya adalah untuk mengangkut getah bening, hormon, gas dan menghilangkan limbah. Organ utama dari sistem sirkulasi adalah jantung manusia. Sistem kardiovaskular membentuk lingkaran di seluruh tubuh, mulai dan berakhir pada jantung. Darah, pembuluh darah dan jantung terdiri dari sistem peredaran darah pada manusia. 

Organ Sistem Peredaran Darah


Ada tiga organ dasar dari sistem peredaran darah. Mereka adalah, jantung yang berfungsi sebagai pompa untuk mendistribusikan darah dan getah bening ke seluruh tubuh, pembuluh darah yang mengangkut darah ke seluruh organ tubuh dan akhirnya komponen yang paling penting, darah, yang merupakan media untuk transportasi dan mendukung fungsi dasar tubuh.

Hati

Salah satu organ yang paling penting dari tubuh adalah hati. Untuk menghindari cedera atau trauma, jantung mencakup dengan kantung pelindung yang disebut pericardium. Fungsi utama jantung adalah transportasi dimurnikan darah ke berbagai bagian tubuh. Jantung terletak di sisi kiri tubuh dalam rongga dada dan memiliki empat ruang - di daun telinga kiri, daun telinga kanan, ventrikel kiri dan ventrikel kanan. Masing-masing kamar menjalankan fungsi independen. Jantung memompa darah beroksigen ke semua organ tubuh dan mengirimkan kembali darah de-oksigen kembali ke paru-paru. Sisi kanan jantung beredar darah yang digunakan dari tubuh ke paru-paru untuk reoxygenation, sedangkan kiri setengah mengangkut darah diisi ulang kembali ke tubuh. Jantung adalah satu-satunya organ dalam tubuh yang terus bekerja tanpa istirahat. Mengalahkan pada tingkat 70 sampai 72 denyut setiap menit, jantung memompa sekitar 10 liter darah ke seluruh tubuh. Tanpa hati, tubuh manusia hanya akan binasa, sehingga perlu untuk menjalani gaya hidup sehat.

Darah dan Pembuluh Darah

Darah terdiri dari protein yang disebut hemoglobin, yang bertanggung jawab untuk warna merah tua dengan darah. Komponen utama dari darah adalah sel-sel darah merah (eritrosit) atau sel darah merah, sel darah putih (leukosit) atau leukosit dan plasma. Darah didistribusikan ke seluruh tubuh dengan bantuan pembuluh darah. Jaringan pembuluh darah terdiri dari arteri, kapiler dan vena. Meskipun ini tidak persis organ, mereka memainkan peran penting dalam fungsi tubuh yang sehat. Ada miliaran pembuluh darah yang saling terkait satu sama lain dalam jaringan tak berujung. Pembuluh darah ini membawa darah kotor dari jantung ke paru-paru dan darah dimurnikan kembali ke jantung untuk diangkut ke berbagai organ tubuh.

Paru-paru

Meskipun tidak benar-benar bagian dari sistem kardiovaskular, paru-paru memiliki peran penting untuk bermain dalam proses sirkulasi. Fungsi utama dari dua paru-paru yang terletak di tulang rusuk, adalah respirasi. Kebangkitan dan kejatuhan dari rongga dada merupakan bukti paru-paru melaksanakan pekerjaan mereka. Paru-paru menghirup oksigen dari atmosfer, yang diangkut ke jantung melalui pembuluh darah. Tidak murni darahnya dibawa kembali ke paru-paru yang oksigen dan kotoran yang dilepaskan ke udara.

Fakta menarik tentang Sistem Peredaran Darah Manusia


Hal ini sangat menarik untuk dicatat bahwa darah perjalanan ke setiap sudut dan sudut tubuh, mendistribusikan nutrisi penting untuk setiap sel. Hal ini dimungkinkan karena jaringan kompleks dari sistem kardiovaskular.

Hati manusia terdiri dari otot dan memiliki tiga bagian - lapisan viseral (lapisan terluar), miokardium (lapisan tengah) dan endocardium (lapisan terdalam). Berat hati juga berbeda pada pria dan wanita. Dalam seorang pria dewasa jantung berat sekitar 300-350 gram. Di jantung lainnya, untuk wanita dengan berat hati 250-300 gm.

Seorang wanita dewasa memiliki sekitar 5 liter darah dan seorang pria memiliki sekitar 6,5 liter. Arteri, vena dan kapiler membantu dalam transportasi darah. Kapiler adalah pembuluh darah sempit bahwa sel darah harus perjalanan dalam file tunggal mengalir bebas.

Plasma (cairan berwarna kuning) yang merupakan komponen darah terdiri dari 93 persen air. Sisanya 7 persen itu adalah protein plasma.

Tubuh orang dewasa terdiri dari lebih dari 60.000 mil pembuluh darah. Jika mereka dirangkai, maka mereka bisa mengelilingi dunia dua setengah kali.

Setetes darah mengandung sekitar 5 juta sel darah merah dan sel darah putih 12.000. Masa hidup sel darah adalah 4 bulan, setelah itu mereka diisi ulang di sumsum tulang.

Setiap detik sekitar 10 juta sel darah mati dan jumlah yang sama diproduksi pada waktu yang sama.

Jantung berdetak 30 juta kali dalam 365 hari. 4000 galon darah dipompa oleh jantung per hari. Bahkan setelah jantung diambil keluar dari tubuh, terus berdetak.

Ketika Anda mendengar degup jantung Anda, yang diindikasikan sebagai dup lub, itu adalah suara katup jantung membuka dan menutup saat darah didorong melalui ruang.

Jika Anda ingin mengetahui ukuran hatimu, kepalkan tangan Anda. Ini adalah ukuran hatimu. Bayangkan berbagai fungsi yang dilakukan oleh organ, ukuran kepalan tangan Anda.

Aorta adalah pembuluh darah terbesar dalam tubuh. Arteri ini melakukan fungsi mengangkut darah dari jantung ke seluruh tubuh.

Lain lezat dan menarik fakta (terutama bagi chocoholics seperti saya) tentang sistem sirkulasi adalah bahwa cokelat yang baik dan meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular Anda. Karena cokelat kaya akan antioksidan, mereka membantu dalam menurunkan tekanan darah dan mengurangi angka kematian akibat gangguan kardiovaskular.

Sistem peredaran darah manusia merupakan salah satu sistem yang paling menarik dalam tubuh manusia yang melakukan berbagai fungsi penting, tanpa istirahat, untuk kelangsungan hidup. Jadi, penting untuk menjaga sistem ini dalam keadaan sehat dan menghindari praktek-praktek yang tidak perlu agar dapat menahan laju fungsi sistem vital ini.

0 comments: