Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Fakta-fakta mengenai Sistem Peredaran Darah

Ketika banyak orang yang percaya bahwa sistem peredaran darah seperti jalan raya dan darah bagaikan kendaraan yang melaluinya, sebenarnya masih ada banyak lagi fakta-fakta mengenai sistem peredaran darah. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang jaringan yang luas dari organ dan pembuluh, juga disebut sistem kardiovaskular.

"Suara khas dari detak jantung, sebenarnya adalah suara katup jantung membuka dan menutup"


Sistem peredaran darah terdiri dari tiga bagian utama - jantung, pembuluh darah dan darah seperti arteri, kapiler dan vena. Jantung membuat fungsi tubuh kita dengan baik dengan memompa darah ke berbagai bagian tubuh kita. Fungsi utama dari sistem ini adalah untuk menyediakan oksigen dan nutrisi ke berbagai sel dalam tubuh. Ini membawa karbon dioksida dan bahan limbah jauh dari sel. Fakta yang menarik tentang sistem sirkulasi adalah bahwa darah yang bergerak ke jantung memiliki tingkat tinggi karbon dioksida dan darah mengalir dari jantung kaya akan oksigen. Pembuluh darah dikategorikan menjadi tiga jenis utama - arteri, kapiler, dan vena. Arteri membawa darah dari jantung, pembuluh darah membawa darah ke jantung dan itu kapiler di mana nutrisi dicampur ke dalam darah.

Fungsi Sistem Peredaran Darah


Fungsi dari sistem peredaran darah juga cukup menarik. Jantung memompa darah, yang dikirim ke empat bilik jantung. Jantung memiliki dua ventrikel dan dua atrium. Pompa ventrikel kiri darah beroksigen ke organ tubuh lainnya, di sisi lain, pompa ventrikel kanan darah ke paru-paru. Jantung memiliki empat katup yang mengontrol aliran darah. Atrium kanan mengandung darah yang rendah oksigen. Ketika katup terbuka, darah ini dipompa ke ventrikel kanan, sama katup lain terbuka untuk menuangkan darah ke arteri pulmonalis yang membawa darah ke paru-paru untuk oksigen. Atrium kiri membawa darah beroksigen ke ventrikel kiri melalui katup lain dan masuk ke aorta, yang kemudian mengirimkan darah ke bagian tubuh lainnya.

Di bawah ini adalah beberapa fakta menarik yang akan membantu Anda mengetahui sistem peredaran darah Anda lebih baik.

Fakta Menarik

  • Sebuah cara sederhana untuk memahami sistem peredaran darah adalah dengan membayangkan tubuh kita sebagai sebuah negara. Mengambil hati manusia sebagai ibukota negara. Bayangkan darah menjadi kereta yang menghubungkan ibukota ke semua situs dan pembuluh darah menjadi trek yang darah berjalan.
  • Sisi kiri jantung mengandung darah beroksigen, sedangkan sisi kanan telah terdeoksigenasi darah.
  • Satu tetes darah memiliki sekitar 5,5 juta sel darah merah dan 12 ribu sel darah putih.
  • Jantung berdenyut sekitar 30 juta kali dalam 365 hari.
  • Sekitar 15 juta sel darah mati dalam tubuh manusia setiap detik, jumlah yang sama yang diproduksi pada waktu yang sama.
  • Darah beredar seluruh tubuh dalam 20 detik.
  • Pembuluh darah (yaitu, arteri dan vena) semua melekat pada hati. Vena (biru) darah kembali ke jantung dan arteri (merah) membawa darah dari jantung.
  • Sebuah pompa jantung rata-rata sekitar 450 galon darah setiap hari.
  • Tubuh »Seorang dewasa rata-rata memiliki sekitar 5,2 liter darah di dalamnya dan tubuh bayi memiliki sekitar 1 liter darah di dalamnya.
  • Sebuah hati manusia adalah otot yang merupakan ukuran kepalan tinju.
  • Sel-sel darah mati dalam setiap 4 bulan.
  • Jantung memakan waktu kurang dari 60 detik untuk memompa darah ke setiap sel dalam tubuh kita.
  • Plasma dalam darah dibuat di hati.
  • Salah satu fakta menakjubkan tentang sistem ini adalah bahwa jantung terus berdenyut bahkan ketika dibawa keluar dari tubuh.


Ingat, hati kita adalah otot dan seperti otot lain, juga membutuhkan latihan untuk menjadi sehat dan bebas dari masalah dan penyakit. Naik sepeda atau berenang, tubuh Anda akan berterima kasih untuk itu! Saya selalu mengagumi sistem peredaran darah, dan cara di mana itu terus terjadi, layak untuk diperhatikan. Jadi, mulailah dengan makan banyak buah-buahan dan sayuran, biji-bijian dan produk susu rendah lemak, dan berhenti merokok karena akan merusak jantung dan pembuluh darah, dan kemudian Anda baik untuk pergi!
0 Komentar untuk "Fakta-fakta mengenai Sistem Peredaran Darah"
Back To Top -->