Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Fakta Menarik tentang Rekayasa Genetika


Rekayasa genetika telah menciptakan gelombang minat kalangan ilmuwan dan orang biasa. Sementara itu sebagian orang lainnya menganggap bahwa rekayasa genetika adalah hal yang mengerikan. Berikut akan disajikan tentang fakta menarik rekayasa genetika.

Gen atau unit keturunan mengontrol setiap proses yang terjadi di dalam tubuh kita. DNA (asam deoksiribonukleat) adalah unit molekul, yang mengandung informasi genetik. Setiap perubahan diperkenalkan pada gen atau DNA akan mengubah fungsinya. Seperti namanya, rekayasa genetika (GE) adalah teknologi canggih yang membawa tentang modifikasi dalam gen dengan menggunakan alat DNA rekombinan. Ini juga dikenal sebagai modifikasi genetik dimana DNA asing atau in vitro gen disintesis dimasukkan ke dalam DNA target atau ke organisme untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Organisme atau produk dari rekayasa genetik dikenal sebagai Genetically Modified Organism (GMO).


Teknik-teknik yang sangat canggih dan dilakukan hanya dalam kondisi yang terkendali. Rekayasa genetika memiliki penggunaan yang luas dalam kloning, produksi vaksin, hormon dan obat-obatan. Ini juga telah dieksplorasi di sektor pertanian untuk memproduksi tanaman dan sayuran yang dimodifikasi secara genetik.

Fakta Rekayasa Genetika


Kepedulian Etis

Rekayasa genetika meskipun teknik yang sangat canggih belum diterima di seluruh dunia. Beberapa pertanyaan etis telah timbul mengenai penggunaan hewan percobaan. Perubahan diperkenalkan pada gen makhluk hidup adalah kekhawatiran terbesar orang. Meskipun berbagai produk baru telah dikembangkan, masih sebagian besar masyarakat belum siap untuk menerimanya. Konflik juga muncul dari ketidaktahuan masyarakat tentang teknologi ini dan sikap bermusuhan mereka terhadap kemajuan ilmu pengetahuan.

Efek global

Karena rekayasa genetika menggunakan semua teknik canggih bioteknologi, beban yang terjadi dalam pengadaan bahan baku, bahan kimia dan memperoleh mesin dan instrumen pembelian, besar. Negara-negara maju sedang menikmati keuntungan sementara negara-negara berkembang tidak mampu memberi untuk berinvestasi dalam jumlah besar. Negara-negara terbelakang belum mulai pemasaran produk rekayasa genetika. Dengan demikian, produk dan manfaatnya tidak terdistribusi secara merata di seluruh dunia. Selain itu, pembelian produk-produk GM impor juga melibatkan biaya besar.

Makanan

Ini telah membuat kemajuan besar dalam bidang pertanian. Makanan yang dimodifikasi secara genetik lebih baik disesuaikan dengan kondisi iklim. Ukuran sayuran dan buah-buahan yang dihasilkan dengan teknik ini jauh diperkuat. Produktivitas tanaman meningkat dan budidaya skala besar makanan rekayasa genetika dilakukan di Amerika Serikat dan negara maju lainnya. Konsumen juga suka selera mereka dan nilai gizi dipertahankan meskipun penggabungan gen dimodifikasi. Penyakit dan tahan kekeringan tanaman transgenik diproduksi melalui rekayasa genetika.

Produk

Herbisida dan pestisida yang dihasilkan melalui metode ini rekayasa ramah lingkungan. Mereka menghilangkan penggunaan pupuk kimia dan produk sejenis yang merugikan bagi kesehatan manusia, hewan dan tumbuhan. Herbisida rekayasa genetika dan pestisida mengandung gen yang tidak menyebabkan kerusakan pada tanaman dan efektif dalam aksi pada saat yang sama. Infeksi Agrobacterium dengan bantuan T (transfer) - DNA adalah contoh terbaik dari memproduksi tanaman tahan virulensi.

Terapi Gen

Ini secara luas digunakan dalam bidang kedokteran dan pengobatan. Vaksin yang diproduksi oleh virus rekayasa sedangkan hormon, seperti insulin juga diproduksi oleh teknologi DNA rekombinan. Penyembuhan penyakit virus mematikan adalah mungkin melalui rekayasa genetika. Penyakit seperti anemia sel sabit, talasemia, cystic fibrosis, hemofilia, distrofi otot Duchenne, dll dapat disembuhkan secara efektif dengan terapi gen. Obat-obatan, antibodi, antibiotik dan suntikan juga diproduksi oleh perusahaan farmasi dengan teknik rekayasa genetika.

Setiap teknik ilmiah baru dikembangkan memiliki keduanya, kelebihan dan kekurangan. Ini terikat untuk menjalani kritik kecuali benar-benar didirikan. Saya berharap fakta tentang rekayasa genetika yang ditulis dalam isi di atas adalah jelas untuk Anda. Aspek negatif adalah, itu sangat mahal dan karena itu, menjadi sulit bagi negara-negara berkembang untuk membeli. Dengan demikian, manfaat yang dinikmati sebagian besar oleh orang-orang dari negara-negara maju dan sangat meagerly oleh seluruh dunia. Namun, jika Anda melihat ke sisi terang, rekayasa genetika adalah anugerah bagi sektor medis dan pertanian.

Demikian fakta menarik tentang rekayasa genetika
0 Komentar untuk "Fakta Menarik tentang Rekayasa Genetika"
Back To Top -->