Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Jaringan Pada Tumbuhan

Tumbuhan terdiri dari 3 bagian utama, yaitu: Batang, akar dan daun. Bagian-bagian tersebut merupakan organ pada tumbuhan, organ-organ tersebut terdiri dari berbagai jaringan dan jaringan juga terdiri dari banyak sel-sel. Saya akan membahas tentang jaringan tumbuhan kali ini, semoga ilustrasi tentang jaringan tumbuhan diatas dapat membantu anda memahami materi jaringan tumbuhan.

jaringan tumbuhan

Pengertian Jaringan Tumbuhan

Jaringan adalah kumpulan sel-sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Oleh karena itu pengertian jaringan tumbuhan adalah kumpulan sel-sel tumbuhan yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama.

Sebenarnya definisi tentang jaringan tumbuhan ini banyak sekali, namun menurut saya definisi yang paling simpel, mudah diingat dan paling jelas adalah seperti yang telah saya tuliskan diatas. Intinya, untuk mendefinisikan jaringan tumbuhan kita memerlukan beberapa kata kunci sel-sel dengan bentuk dan fungsi yang sama.

Fungsi Jaringan Tumbuhan

Fungsi jaringan bermacam-macam. Fungsi jaringan tumbuhan ditentukan oleh letak, struktur serta zat yang dikandungnya. Misalnya jaringan Meristem memiliki fungsi untuk melindungi bagian tumbuhan yang berada didalamnya karena jaringan ini terletak dibagian paling luar dengan struktur yang keras karena mengandung senyawa kitin dan lignin.

Itulah salah satu contoh dari fungsi jaringan tumbuhan, fungsi dari jaringan-jaringan tumbuhan lainnya akan dibahas pada posting selanjutnya.

Pengelompokan Jaringna Tumbuhan

Menurut aktif atau tidaknya pembelahan sel:

Untuk memudahkan kita mempelajari jaringan tumbuhan maka jaringan tumbuhan ini dikelompokan berdasarkan aktif atau tidaknya membelah.

Jaringan Meristem atau Jaringan Embrional

jaringan meristem
Jaringan Meristem atau sering juga disebut jaringan embrional adalah jaringan yang aktif membelah. Jaringan ini terdapat pada bagian ujung batang dan ujung akar. Jaringan ini sangat aktif membelah sehingga berfungsi untuk pemanjangan batang dan akar.

Jaringan Dewasa atau Jaringan Permanen

Jaringan Dewasa atau sering juga disebut jaringan permanen adalah jaringan yang sudah mengalami diferensiasi. Diferensiasi adalah suatu proses untuk mengkhususkan fungsi suatu jaringan, biasanya disertai dengan perubahan struktur juga.

Sebenarnya pada jaringan dewasa atau jaringan permanen juga masih terjadi pembelah sel namun pembelahannya tidak terlalu sering atau tidak terlalu aktif.

Demikian posting kali ini mengenai definisi, fungsi dan pengelompokan Jaringan Tumbuhan.
2 Komentar untuk "Jaringan Pada Tumbuhan"
Back To Top